Struktur Komunitas Plankton di Sungai Cisadane Kota Tangerang pada Tata Guna Lahan Berbeda

Authors

  • Desy Rosarina Department of Industry Engineering, Faculty of Engineering, Muhammadiyah Tangerang University
  • Ellysa Kusuma Laksanawati Department of Industry Engineering, Faculty of Engineering, Muhammadiyah Tangerang University
  • Dewi Rosanti Biologi FMIPA Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/sainmatika.v16i2.3216

Keywords:

plankton, struktur komunitas, tata guna lahan

Abstract

Penelitian yang mengkaji perbedaan struktur komunitas plankton pada tata guna lahan yang berbeda  di kawasan sungai Cisadane Kota Tangerang  telah dilaksanakan pada Juni sampai September 2019. Penelitian menggunakan metode survey, pengambilan sampel dilakukan secara  purpossive sampling. Sampel diambil dari tata guna lahan yaitu kawasan pemukiman, kawasan pabrik dan kawasan tangkapan ikan. Setiap tata guna lahan ditentukan 3 stasiun.   Analisis plankton dilakukan di Laboratorium Biologi Universitas PGRI Palembang. Hasil  penelitian ditemukan 19 jenis fitoplankton dan 10 jenis zooplankton.  Kelimpahan fitoplankton dan zooplankton tertinggi ada pada stasiun 1 (kawasan taman kota) dengan nilai masing-masing 16,88 ind/liter dan 8,75 ind/liter. Indeks dominansi plankton di setiap stasiun memiliki nilai di bawah 1, sehingga dapat dikatakan tidak ada individu plankton yang mendominasi di perairan tersebut. Indeks keanekaragaman fitoplankton dan zooplankton di ketiga stasiun dikategorikan sedang, dengan nilai 1,71 – 2,41.

References

Agustiningsih, D.,S.B.Sasongko dan Sudarno. 2012. Analisis Kualitas Air dan Strategi Pengendalian Pencemaran Air Sungai Blukar Kabupaten Kendal. Jurnal Presipitasi. Volume 9 No 2 September 2012. Universitas Diponegoro.Semarang. http://id.portalgaruda.org.

Ali, M. 2013. Kelimpahan Plankton di Waduk Gajah Mungkur Jawa Tengah. Prosiding Forum Perairan Umum Indonesia ke-10. Departemen Kelautan dan Perikanan. Jakarta.

Davies, O.A.dan E. Ansa. 2010. Comparative Assessment Of Water Quality Parameters Of Freshwater Tidal Earthen Ponds And Stagnant Concerete Tanks For Fish Production In Port Harcourt, Nigeria. International Journal Of Science And Nature. Vol 1 (1). 34-37.

Dwirastina, M.,K dan Aprianti. S. Study Kelimpahan dan Keanekaragaman Plankton di Waduk Perjalin Jawa Tengah. Prosiding Forum Perairan Umum Indonesia ke-10. Departemen Kelautan dan Perikanan. Jakarta

Isnaini. 2014. Struktur Komunitas Fitoplankton di Perairan Muara Sungai Banyuasin Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan. Maspari Journal. Vol 4(1). Fakultas MIPA Universitas Sriwijaya. Palembang.

Isti’anah, D., M.F. Huda dan A.N. Laili. 2015. Synedra sp. sebagai Mikroalga yang Ditemukan di Sungai Besuki Porong Sidoarjo, Jawa Timur. Jurnal Bioedukasi. Vol 8 No.1. Pendidikan Biologi UNS. https://jurnal.uns.ac.id.

Kusmeri, L. dan D.Rosanti. 2015. Struktur Komunitas Zooplankton di Danau OPI Jakabaring Palembang. Jurnal Sainmatika. Vol 14 No 1. Juni 2015. Fakultas MIPA.Universitas PGRI.Palembang.

Krebs, C., J. 1985. Ecology The Expesirental Analisis of Distribution and Abundanec. Thirt Ed. Haper and Row Publisher. New York.

Mirna dan Makri. 2011. Kelimpahan dan Komunitas Zooplankton di Sungai Siak Indrapura Bagian Hilir Danau. Prosiding Forum Perairan Umum Indonesia ke-8. Kementrian Kelautan dan Perikanan. Jakarta

Mizuno, T. 1979. Ilustrations of the Freshwater Plankton of Japan. Hoikusha Publishing. Higashi Osaka. Japan.

Odum. E., P. 1971. Fundamental of Ecology.Thrird Ed. W.B.Saunders Co. USA.

Rahman, E.C., Masyamsir dan A. Rizal. Kajian Variabel Kualitas Air dan Hubungannya dengan Produktivitas Primer Fitoplankton di Perairan Waduk Darma Jawa Barat. 2016. Jurnal Perikanan Kelautan. Vol VII No.3. Universitas Padjajaran. Bandung. https://jurnal.unpad.ac.id.

Wijaya, D. dan Samuel. 2011. Komposisi dan Kelimpahan Zooplankton di Danau Towuti Sulawesi Selatan. Prosiding Forum Perairan Umum Indonesia ke-8. Kementrian Kelautan dan Perikanan. Jakarta

Wikipedia. 2016. Sungai Cisadane. http://www.wikipedia.org.

Downloads

Published

2019-12-09