MAKNA ORNAMEN MASJID AL-ISLAM MUHAMMAD CHENG HO PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31851/sitakara.v7i1.7470Keywords:
Masjid Cheng Ho, Ornamen, MaknaAbstract
Penelitian bertujuan untuk memaknai Ornamen Masjid Al-Islam Muhammad Cheng Ho Palembang. Masalah difokuskan pada pemaknaan budaya dalam Ornamen Masjid Al-Islam Muhammad Cheng Ho Palembang. Produksi Tanda dan Makna Ornamen Masjid Al-Islam Muhammad Cheng Ho Palembang†merupakan kajian terhadap ornamen masjid di Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. Masjid ini merupakan salah satu bukti peninggalan sejarah muslim Tionghoa dan masyarakat Palembang serta menjadi simbol perpaduan budaya Cina dan budaya Palembang. Ornamen pada bangunannya, membuat masjid semakin indah. Begitu juga dengan keberagaman motif pada gapura masjid, dinding masjid, tiang masjid, pintu masjid, mimbar masjid, meja ceramah, mihgrab, dan tempat penimpanan Al- Qur’an menjadikan masjid ini berbeda dengan masjid lainnya di Palembang. Metode penelitian dengan pendekatan kualitatif. Data-data dikumpulkan melalui obeservasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi untuk keabsahan data serta validitas data. Sumber data ini dianalisis melalui pengelompokan identitas Cina, identitas  Islam,  dan identitas  Palembang.  Keberagaman  motif  ornamen Masjid  Al-Islam  Muhammad  Cheng  Ho  Palembang  memiliki  tiga  unsur budaya, yakni budaya Cina, budaya Islam, dan budaya Palembang. Adapun identitas  budaya  pada masjid  tersebut,  dilihat  dari  warna,  bentuk,  dan tulisan. Kajian ini menyimpulkan bahwa adanya bentuk-bentuk motif dua dimensi dan tiga dimensi, motif-motif yang terdapat di masjid merupakan motif sebagai tanda yang dimaknai sebagai budaya.References
Armin, Aditya. 2020. Estetika Motif Ukiran Mangkuto dan Limpapeh di Surau Tuo Nagari Lubuak Bauak Kecamatan Batipuah Kabupaten Tanah Datar. PadangPanjang: ISI PadangPanjang.
Aryadi, Mirda. 2019. Estetika Ornamen Masjid Asasi Sigando Nagari Gunung
Kota Padang Panjang. PadangPanjang: ISI PadangPanjang.
Fitriani, Laily. 1998. Seni Kaligrafi: Peran dan Konstribusinya Terhadap
Peradaban Islam. Malang: UIN Maulana Malik.
Guntur, 2004. Ornamen Sebuah Pengantar. Surakarta: P2A1 bekerja sama dengan STSI press Surakarta.
Gustami. 1980. Nukilan Seni Ornamen Indonesia. STSRI Yogyakarta.
Hanafiah, Johan. 1988. Masjid Agung Pelembang. Jakarta: PT Inti Idayu Press. J.M. Sri Narhadi. 2019. Kajian Bentuk, Fasad, dan Ruang dalam pada masjid
Cheng Ho Palembang. Journal Arsitektur Zonasi Volume 2. No 3.
Joko. 2014. Bentuk dan Makna Simbolik Ornamen Ukir pada Interior Masjid
Gedhe Yogyakarta. Yogya: UNY Press.
Kartika, Dharsono Sony. 2004. Seni Rupa Modern. Bandung. Rekayasa Sains. Kartika, Dharsono Sony. 2017. Seni Rupa Modern Edisi Revisi. Rekayasa Sains:
Bandung.
Lalu Wacana, dkk. 1990. Seni Ragam Hias Pada Kain Tenun NTB. Museum
Negeri NTB: Depdikbud.
Lecthe Ernesto & Chantal Mouffe. 1981. Hegemony and Ideology in Gramsci.
Dalam Tony Bennet, Graham Martin, Collin Mercer, and Janet Woolacoot(eds). Culture, Ideogy, and Social Process. Batsford: The Open University Press.
Lechte, John. 2001. 50 Filsuf Kontemporer: Dari Strukturalisme sampai
Posmodernisme. Yogyakarta: Kanisius.
Masrita, Jenni, dkk. 2016. “Estetika Tradisional Ragam Hias Istana Raja Gunung Solihan Riauâ€. Journal Bercadik Pengkajian dan Penciptaan Seni, Volume 3, No 2: Pasca Sarjana ISI Padang Panjang.
Moleong, Lexy J. 2007. Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Miles, Mathew B, dkk. 2009. Qualitative dan Analysis: Jakarta. Indonesia. Minarsih, Nasbahry Couto. 2009. Seni Rupa Teori dan Aplikasi. Padang: UNP
Press.
PaEni, Mukhlis. 2009. Sejarah Kebudayaan Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers. Pitilima, Hamid. 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfebeta.
Rahmayanis, dkk. 2016. “Estetika Ornamen Masjid Jami’ Air Tiris kabupaten
Kampar Provinsi Riauâ€. Journal Bercadik Pengkajian dan Penciptaan
Seni, Volume 3, No 2: Pasca Sarjana ISI Padang Panjang.
Ridho Ali, dkk. 2019. “Strategi Masjid Cheng Ho Dalam Meningkatkan Pendidikan Keagamaan Muslim Tionghoa Di Surabaya Dan Jemberâ€. Journal Multicultural of Islamic Education 3, No.1.
Rohidi, Tjetjep Rohendi. 2011. Metodologi penelitian, CV Cipta Prima
Nusantara: Semarang.
Sjafi'i. 1999. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media
Publishing.
Sjafi’I, Achamd. 2000. Nirmana Datar: Unsur Kaidah dan Pola Dasar
Komposisi Rupa Dwimatra. Surakarta: STSI.
Soepandi, Setiadi. 2013. Sejarah Arsitektur. Jakarta: PT Gramedia Pustaka
Utama.
Sofyan. 2014. “Ornaments of Flora and Fauna on Tradition Acehnese
Houseâ€. Journal Syiahkuala University, Darussalam. Volume 14. No. 2.
Sri Hastuti Heldani, 2015.†Makna Simbolik Ornamen Masjid Al-Islam Muhammad Cheng Ho Palembangâ€. Journal Gelar Seni dan Budaya. Institut Seni Indonesia Surakarta. Vol 13, No 2.
Suhendra, Robby, dkk. 2016. “Bentuk Akulturasi Estetika Islam dan Muslim Populer dalam Pertunjukan Salawik Dulang Group Ajuna Minangâ€: Journal Bercadik Pengkajian dan Penciptaan Seni, Volume 3, No. 2: Pasca Sarjana ISI Padang Panjang
Sunaryo, Aryo. 2009. Ornamen Nusantara. Semarang: Dahara Prize.
Supardi. 2000. Kelenteng Kuno. DKI Jakarta: Departemen Pendidikan
Nasional.
Supriyadi, Bambang. 2008. “Kajian Ornamen pada Masjid Bersejarah Kawasan Pantura Jawa Tengahâ€. Journal Ilmiah Perencanaan Kota dan Permukiman. Pustaka University Press.
Sutopo, H.B. 1999. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta UNS.
Sundari, Sri. Yulimarni. 2020. “Estetika Ornamen Masjid Kota Padangâ€.
Journal seni desain dan budaya, Volume 5 No 1. Besaung.
Umberto, Eco. 2009. Teori semiotika. Indiana University Press: Kreasi
Wacana.
Yafie, Ali. 2000. Muslim Tionghoa Cheng Ho Misteri Perjalanan Muhibah di
Nusantara. Yayasan Obor Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
Jurnal Sitakara's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Halaman Olahraga Nusantara permits users to copy, distribute, display, and perform the work. Users will also need to attribute authors and Jurnal Sitakara on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
1. Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
2. The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
3. The right to reproduce the article for own purposes,
4. The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal Sitakara.
5. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Jurnal Sitakara will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Jurnal Sitakara will only communicate with the corresponding author.
6. Royalties
Being an open accessed journal and disseminating articles for free under the Creative Commons license term mentioned, author(s) aware that Jurnal Sitakara entitles the author(s) to no royalties or other fees.
Sitakara Jurnal oleh http://univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/sitakara dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .