PENGARUH PRAKTIK PERCOBAAN KUALITAS AIR TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA AISYIYAH 1 PALEMBANG TAHUN AJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v3i2.2602Keywords:
Praktik Percobaan, Kualitas Air, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini berjudul Pengaruh praktik percobaan kualitas air terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X di SMA Aisyiyah 1 Palembang dilatar belakangi kurangnya motivasi siswa di dalam kelas dengan model pembelajaran konvensional yang diterapkan oleh guru di sekolah, sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa tersebut. Dengan permasalahan ini membuat peneliti mencari suatu cara yang tepat untuk mengatasi hal tersebut salah satunya dengan melibatkan siswa langsung dalam proses pembelajaran praktik percobaan kualitas air. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar geografi siswa kelas X di SMA Aisyiyah 1 Palembang tahun ajaran 2018/2019 dengan menggunakan praktik percobaan kualitas air ini. Melalui metode kuantitatif dengan teknik simple random sampling peneliti dapat membedakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan keseluruan populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Aisyiyah 1 Palembang yang berjumlah seluruhnya 95 siswa. Sampel penelitian ini kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 64 siswa dan X IPS 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji-t. Berdasarkan analisis data mengenai hasil belajar siswa melalui Uji-t maka diperoleh nilai thitung = 18,1 sedangkan ttabel = 1,99. Dari hasil perhitungan didapat bahwa thitung ≥ ttabel maka Ha diterima dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 79,7 dan kelas kontrol 67. Dapat disimpulkan ada pengaruh praktik percobaan kualitas air terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X di SMA Aisyah 1 Palembang.
References
Dariyati, Marhaeni, &Widiartini. (2016). “Pengaruh Pembelajaran Praktik Berbantuan Media Audio Terhadap KemampuanMotorik Dan Motivasi Belajar Siswa SMP Di SLBA Negeri Denpasar Tahun Pelajaran 2014/2015â€. Jurnal Universitas Ganesha Singaraja, diakses 11 Januari 2018.
Daryanto & Tarno. (2017). Pendidikan Orang Dewasa. Yogyakarta: Gava Media.
Murjainah, M dan Budi Utomo. (2018). Pengaruh Praktikum Sistem Informasi Geografis Terhadap Kemampuan Mahasiswa Pendidikan Geografi Dalam Membuat Peta Berbasis Arcgis. Jurnal Swarnabhumi P-ISSN 2548-5563 and E-ISSN number 2622-2701. Diakses 11 Juni 2018. DOI: http://dx.doi.org/10.31851/swarnabhumi.v3i1.1707. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/swarna/article/view/1707.
Situmorang. (2017). Kimia Lingkungan. Depok: Rajawali Pers.
Susanto, Ahmad. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah. Jakarta: Prenadamedia Grup
Syahrowiyah. (2016). “Pengaruh Metode Pembelajaran Praktik Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV Sekolah Dasarâ€. Jurnal Ilmiah Pendidikan, diakses 11 Januari 2018.
Utomo, Budi. (2013). Perbedaan Hasil Belajar Geografi Antara Siswa Yang Diajar Menggunakan Model Jigsaw Dengan Model Think Pair Share Kelas Xi Di SMA N 2 OKU. Prosiding Seminar Pendidikan Nasional Palembang. Universitas PGRI Palembang: 898-912. (online). https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosiding/article/download/1023/870, diakses 11 Januari 2018.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Swarnabhumi : Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi by http://www.univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/swarna is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.