PENDIDIKAN KARAKTER BAGI PELAKU PEDOFILIA (SEBUAH STRATEGI DALAM MENGATASI AMORAL)

Authors

  • Heri Cahyono Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Metro
  • Suhono Suhono Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIMNU) Metro
  • Aisyah Khumairo Institut Agama Islam Negeri Metro (IAIN) Metro

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmksp.v3i1.1519

Keywords:

Education Character, Pedophile Actors, Problem Solving of Imooral

Abstract

High intensity sexual violence of children in Indonesia, especially pedophilia has taken a lot of attention among academics and society. The aim of this research was to provide insights and thoughts about education character for pedophile actors as a strategy in dealing with immoral problems, and expected to be a reference as society and academics in implementing character education among pedophiles. This reserach was a literature review that sees pedophiles as serious issues that need to be resolved quickly through the concept of education character. Where educators in carrying out character education need to use some strategies such as moral feeling and loving, moral acting, moral modeling and repentance (back) to our God.

References

Ahmad, S., Kristiawan, M., Tobari, T., & Suhono, S. (2017). Desain Pembelajaran SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III Berbasis Karakter Di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Iqra': Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 2(2), 403-432.

Anindyakirana, Febi. (2014).Ciri-Ciri Para Pelaku Pedofilia Anak, Bandung: CV. Pustaka Setia.

Burhan, Bungin. (2003). Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Handayani, P. K. (2010). Analisis psikofenomenologi pada narapidana pelaku pedofilia, pendekatan integratif:: Studi fenomenologi dan analisis klinis (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada

Kemendiknas. (2010). Bahan Pelatihan Penguatan Metodelogi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa: Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Jakarta: Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidikan Nasional.

Kristiawan, M. (2015). A Model of Educational Character in High School Al-Istiqamah Simpang Empat, West Pasaman, West Sumatera. Research Journal of Education, 1(2), 15-20.

Kristiawan, M. (2016). Telaah Revolusi Mental Dan Pendidikan Karakter Dalam Pembentukkan Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Pandai dan Berakhlak Mulia. Ta'dib, 18(1), 13-25.

Kusuma, Doni. (2010). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta: Grasindo.

Lickona, Tomas. (2013). Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik, cet. ke-1, Bandung: Nusa Media.

Maragustam. (2010). Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter Menghadapi Arus Global, Yogyakarta: Kurnia Salam Semesta.

Muslich, Masnur, (2012). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta: Bumi Aksara.

Khaidir, M. (2007), “Penyimpangan Seks (Pedofilia). Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 1 (2). 83-89

Megawangi, Ratna. (2014). Pendidikan Karakter: Solusi yang Tepat Untuk Membangun Bangsa, Bogor: Balai Pustaka.

Purwaningsih, E. (2012). Keluarga Dalam Mewujudkan Pendidikan Nilai Sebagai Upaya Mengatasi Degradasi Nilai Moral. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 1(1).

Probosiwi, R., & Bahransyaf, D. (2015). Pedofilia dan Kekerasan Seksual: Masalah dan Perlindungan Terhadap Anak. Sosio Informa.

Renata, R., Kristiawan, M., & Pratami, F. A. R. (2017, December). Perbincangan Pendidikan Karakter. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana.

Samiadi, L. A. (n.d.). Penyakit Pedofilia. Retrieved March 4, 2017, from https://hellosehat.com/penyakit/pedofilia/

Sari, Y. A., & Suhono, S. (2017). Applaying Transition Action Detail Strategy on Written Text of EFL Young Learners. Iqra': Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 2(1), 1-24.

Suhono, S. (2017). Surface Strategy Taxonomy on The EFL Students’composition A Study of Error Analysis. Iqra’: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 1(2), 1–30.

Suhono, S., & Utama, F. (2017). Keteladanan Orang Tua dan Guru dalam Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 107–119.

Syafrudin, S. (2017). Pendidikan Karakter Melalui Aktivitas Zikir. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 291-300.

Sunan al-Baihaqi†Juz II, Hadis No. 472, dalam Maktabah Syamilah.

Tim Pustaka Phoenix (2010), Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Pustaka Phoenix, 2010).

Wulandari, Y., & Kristiawan, M. (2017). Strategi Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa dengan Memaksimalkan Peran Orang Tua. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(2).

Dosen Kirim Surat Terbuka ke Wali Kota Metro. (n.d.). Retrieved January 27, 2018, from http://www.tribunnews.com/regional/2016/05/08/29-dosen-kirim-surat-terbuka-ke-wali-kota-metro

Downloads

Published

2018-03-01

How to Cite

Cahyono, H., Suhono, S., & Khumairo, A. (2018). PENDIDIKAN KARAKTER BAGI PELAKU PEDOFILIA (SEBUAH STRATEGI DALAM MENGATASI AMORAL). JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 3(1), 1–19. https://doi.org/10.31851/jmksp.v3i1.1519