IMPLEMENTASI BUDAYA SEKOLAH DALAM UPAYA PEMBANGUNAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN

Authors

  • Fatmah Fatmah SD Negeri 178 Kalidoni, Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmksp.v3i2.1865

Keywords:

School’s Culture, Character Education for Caring Environment, Sekolah Dasar Negeri 163 Kecamatan Kemuning Palembang

Abstract

This research was to describe the implementation of school culture in developing character education for caring environment in Sekolah Dasar Negeri 163 Kecamatan Kemuning Palembang. The results obtained through observation and documentation of school culture in developing character education for caring environment had been applied well, it can be seen from the condition of class which clean, tidy, beautiful. All students were responsible, maintain and caring the school’s environment. In this research, there were 1-4 students disturbed their friends and play the water, so the development of character education became less effective.

References

Abdullah, M. (2010). Pendidikan Karakter Membangun Karakter Anak Sejak Dari Rumah. Yokyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Arikunto, S. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Asep, B. (2012). 5 menit Merubah Karakter, Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah dan Madrasah Melalui Metode Asbari. Bandung: Fajar Media.

Asmani, J. M. (2012). Buku Panduan Internalisasi Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Aqib, A. Z. (2011). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, TK Yrama Widya Bandung

Daryanto & Suryatri, D. (2013). Implementasi Pendidkan karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Darmiyati, Z. (2011). Pendidikan Karakter dalam Persfektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press.

Dikmenum. (2002). Konsep Dasar dan Pola Pelaksanaan Layanan Pendidikan Berbasis Luas dengan Pembekalan Kecakapan Hidup di SMU. Jakarta: Dikmenum.

Dharma, K. K. (2011). Metodologi Penelitian Keperawatan: Panduan melaksankn dan Menerapkan Hasil Penelitian. Jakarta: Trans Info Media.

Elfindri. (2012). Pendidikan Karakter Kerangka, Metode, dan Aplikasi Untuk Pendidikan dan Professional. Jakarta: Baduose Media

Fadlillah, M., & Khorida, L. M. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, Konsep dan Aplikasinya Dalam PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamzah. B. U. (2013). Teori Motivasi dan Pengukuran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayatullah, F. (2010). Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa Surakarta: Yuma Pustaka.

John, E. (2005). Kamus Populer. Jakarta: Rieneka Cipta Media.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Pedoman Pengembangan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendiknas.

Kesuma, D., Triatna, C., & Permana, J. (2011) Pendidikan Karakter, Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kristiawan, M. (2016). Telaah Revolusi Mental dan Pendidikan Karakter dalam Pembentukkan Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Pandai dan Berakhlak Mulia. Ta'dib, 18(1), 13-25.

Lickona, T. (1991). Educating For Character, Terjemahan Juma Abdu. Jakarta: Bumi Aksara.

Mukhtar. (2009). Bimbingan Skripsi, Tesis dan Artikel Ilmiah. Jakarta: Rineka Cipta.

Musfah. (2011). Pendidikn Karakter: Sebuah tawaran Model Pendidikan Holistik Integralistik. Jakarta: Prenada Media.

Melani Septi Arista Anggraini , 2017. Implementasi Pendidikan karakter melalui Budaya Sekolah di SDN KotaGede 3 Yogyakarta,Thn Ajaran 2016 / 2017.

Moleong, L. J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. (Alih Bahasa Hasan Basari). Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Nenggala, A. (2007) Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Kompas.Com. Kamis (23/11/2017)

Kompas. Edisi Desember 19 Desember 2017 Halaman 12.

Prasetyo, A. & Rivasintha, E. (2011). Konsep, Urgensi, dan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah.

Sadulloh, U. (2010). Pedagogik (Ilmu Mendidik) Bandung: Alfabeta

Samani, M. & Heriyanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Schein, E. H. (2010). Organizational Culture and Leadership, 4 th Edition. San Fransisco: John Wiley & Sons, Inc.

Sjarkawi. (2006). Pembentukan Kepribadian anak, Jakarta: Bumi Aksara.

Tilaar, A. R. (2002). Pendidikan Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia. Bandung

Undang Undang No 20 tahun 2003, Tentang Sistem Pandidikan Nasional.

Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yokyakarta: Pustaka Belajar.

Wulandari, Y., & Kristiawan, M. (2017). Strategi Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa dengan Memaksimalkan Peran Orang Tua. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(2).

Yaumi, M. (2014). Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar dan Implementasi. Jakarta: Prenada Media Group.

Zamroni. (2011). Pendidikan Demokrasi Pada Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Zamroni. (2013). Pendidikan Demokrasi Pada Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: Ombak Ikapi.

Downloads

Published

2018-07-25

How to Cite

Fatmah, F. (2018). IMPLEMENTASI BUDAYA SEKOLAH DALAM UPAYA PEMBANGUNAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 3(2), 251–260. https://doi.org/10.31851/jmksp.v3i2.1865