KUALITAS GURU MENGAJAR SEBAGAI SALAH SATU UPAYA MENINGKATKAN STATUS AKREDITASI SEKOLAH

Authors

  • Husnul Khotimah Universitas PGRI Palembang
  • Edi Harapan Universitas PGRI Palembang
  • Nila Kesumawati Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.4102

Abstract

This study determined 1) the quality of teaching teachers in SD Negeri 18 Tanjung Raja; and 2) how much is the contribution of the quality of teaching teachers in an effort to improve the status of school accreditation. The sample in this study were 11 teachers. Data collection techniques were 1) interviews, 2) observation, and 3) documentation. Data analysis techniques were 1) data reduction, 2) data presentation, and 3) data verification. The results of this study indicate that the quality of teaching teachers at SD Negeri 18 Tanjung Raja is in the good category and the quality of teachers who teach contributes to improve the accreditation status of schools at SD Negeri 18 Tanjung Raja.

References

Adi. (2010). “Kotribusi Akreditasi Sekolah Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kualitas Sekolah Di SMP Se Kabupaten Japaraâ€. http://etd.eprints.ums.ac.id/6906/1/Q100050083.pdf. Diakses pada tanggal 25 April 2019.

Ahmadi, A. (2011). Guru dan Masa Depan. Jakarta: Rineka Cipta.

Andriani, S., Kesumawati, N., & Kristiawan, M. (2018). The Influence of the Transformational Leadership and Work Motivation on Teachers Performance. International Journal of Scientific & Technology Research, 7(7).

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2012). Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmani, J. M. (2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah. (2003). Pedoman Akreditasi. Jakarta: Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah.

Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah. (2014). Pedoman Akreditasi. Jakarta: Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah.

Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah. (2019). Pedoman Akreditasi. Jakarta: Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah.

Buchori. A. (2012). Kinerja Guru. Jakarta: Raja Graffindo Persada.

Burhanuddin. (2015). Analisis Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. (2009). Standar Penilaian. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Direktorat Tenaga Kependidikan. (2003). Pedoman Pelaksanaan Program Guru Bantu Tahun 2003, Direktorat Tenaga Kependidikan; Dirjen Dikdasmen; Departemen Pendidikan Nasional.

Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. ABDIMAS UNWAHAS, 4(1).

Hasanah, M. L., & Kristiawan, M. (2019). Supervisi Akademik dan Bagaimana Kinerja Guru. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 97-112.

Herlina. (2019). Strategi Peningkatan Motivasi dan Kinerja Guru Melalui Kegiatan Lesson Study di SMP Daarul Aitam Palembang. Palembang: Program Studi Magister Manajemen Pendidikan. Tesis Universitas PGRI Palembang.

Kartini, D., & Kristiawan, M. (2019). Pengaruh tunjangan profesi dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 25-33.

Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 087/U/2002 tentang Akreditasi Sekolah.

Khasanah, U., Kristiawan, M., & Tobari. (2019). The Implementation of Principals’ Academic Supervision In Improving Teachers’ Professionalism in the State Primary Schools. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(8).

Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2018). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Inovasi Pembelajaran. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 3(2), 373-390.

Kurniasih, I. (2017). Kompetensi Pedagogik, Teori dan Praktik Untuk Peningkatan Kinerja dan Kualitas Guru. Jakarta: Kata Pena.

Moleong, L, J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Murtiningsih, M., Kristiawan, M., & Lian, B. (2019). The Correlation Between Supervision of Headmaster and Interpersonal Communication With Work Ethos of the Teacher. European Journal of Education Studies.

Nurdin, S. (2014). Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Ciputat Pers.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Pasal 28 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Kemendiknas RI.

Prastowo, A. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dalam Prespektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta.

Prihatin, E. (2011). Teori Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta, cet ke-1

Ratika, S. D. (2018). Kemampuan Profesional Guru dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Rachman. (2016). Guru Powerfull (Kunci Sukses Menjadi Guru Efektif). Bandung: Kolbu.

Renata, R., Wardiah, D., & Kristiawan, M. (2018). The Influence of Headmaster’s Supervision and Achievement Motivation on Effective Teachers. International Journal of Scientific & Technology Research, 7(4).

Sanjaya, W. (2008). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Solo: Kencana.

Sriwahyuni, E., & Kristiawan, M. (2019). Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengimplementasikan Standar Nasional Pendidikan (SNP) Pada SMK Negeri 2 Bukittinggi. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 4(1).

Sudaryono. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.

Sukadi. (2016). Guru dan Masa Depan. Jakarta: Rajawali Press.

Sururi. (2005). Pengaruh Akreditasi Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Pada Sekolah Menengah Kejuruan se-Kota Bandung. Manajemen Pendidikan, Volume 2 Nomor 2 September 2005. Halaman 176-188.

Syafaruddin. (2002). Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan; Konsep, Strategi dan Aplikasi. Jakarta: Grasindo.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sitem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, kompetensi profesional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Uzer, U. M. (2012). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wandasari, Y., Kristiawan, M., & Arafat, Y. (2019). Policy Evaluation of School’s Literacy Movement on Improving Discipline of State High School Students. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(4).

Wasliman, I. (2007). Problemantika Pendidikan Dasar. Bandung: SPs-Universitas Pendidikan Indonesia.

Yuliandri, J., & Kristiawan, M. (2017). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang.

Downloads

Published

2020-05-16

How to Cite

Khotimah, H., Harapan, E., & Kesumawati, N. (2020). KUALITAS GURU MENGAJAR SEBAGAI SALAH SATU UPAYA MENINGKATKAN STATUS AKREDITASI SEKOLAH. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 6(1), 124–131. https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.4102