KUALITAS GURU MENGAJAR SEBAGAI SALAH SATU UPAYA MENINGKATKAN STATUS AKREDITASI SEKOLAH

Husnul Khotimah, Edi Harapan, Nila Kesumawati

Abstract


This study aims to determine: 1) The quality of teaching teachers in 18 Tanjung Raja Public Elementary School; 2) How much is the contribution of the quality of teaching teachers in an effort to improve the status of school accreditation in 18 Public Schools in Tanjung Raja. The sample in this study were teachers who taught as many as 11 teachers. Data collection techniques: 1) Interviews, 2) Observation, 3) Documentation. Data Analysis Techniques: 1) data reduction, 2) data presentation, and 3) data verification. The results of this study indicate that the quality of teaching teachers at SD Negeri 18 Tanjung Raja is included in the good category and the quality of teachers who teach contributes to efforts to improve the accreditation status of schools at SD Negeri 18 Tanjung Raja. This is evidenced from the data obtained: 1) Presentation of the Learning Implementation Plan (RPP), contributing 80.73%, including the Good category (B); 2) Presentation of Learning Implementation, contributing 82.73, including the Good category (B); 3) Teacher Presentation Opening and Closing Learning, contributing 84.85%, including the Good category (B); 4) Presentation of Teacher Activities Varying Learning Stimulation, contributing 92.21%, including the Very Good category (A); 5) Presentation of Teacher Activities in Questioning Skills, contributing 89.39%, including the Very Good (A) category; 6) Teacher Presentations in Giving Strengthening, contributed 85.71%, including the Good category (B); 7) Presentation of the recapitulation of teacher quality in teaching as a whole contributed 83.87%, including the Good category (B).

References


Adi. 2010. “Kotribusi Akreditasi Sekolah Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kualitas Sekolah Di SMP Se Kabupaten Japara”. http://etd.eprints.ums.ac.id/6906/1/Q100050083.pdf. Diakses pada tanggal 25 April 2019.

Ahmadi, A. 2011. Guru dan Masa Depan. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi, 2012. Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah. 2003. Pedoman Akreditasi. Jakarta: Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah.

Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah. 2014. Pedoman Akreditasi. Jakarta: Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah.

Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah. 2019. Pedoman Akreditasi. Jakarta: Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah.

Buchori. Ahmad. 2012. Kinerja Guru. Jakarta: Raja Graffindo Persada.

Burhanuddin. 2015. Analisis Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2009. Standar Penilaian. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Direktorat Tenaga Kependidikan. 2003. Pedoman Pelaksanaan Program Guru Bantu Tahun 2003, Direktorat Tenaga Kependidikan; Dirjen Dikdasmen; Departemen Pendidikan Nasional.

Herlina. 2019. Tesis. Strategi Peningkatan Motivasi dan Kinerja Guru Melalui Kegiatan Lesson Study di SMP Daarul Aitam Palembang. Palembang: Program Studi Magister Manajemen Pendidikan, Universitas PGRI (Naskah Publikasi).

Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 087/U/2002 tentang Akreditasi Sekolah.

Kristiawan, M. 2019. Pengaruh Tunjangan Profesi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan. Volume: 6, No. 1, Januari-Juni 2019. Halaman 25-33.

Kurniasih, Imas. 2017. Kompetensi Pedagogik, Teori dan Praktik Untuk Peningkatan Kinerja dan Kualitas Guru. Jakarta: Kata Pena.

Moleong, L, J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurdin, S. 2014. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Ciputat Pers.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Pasal 28 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Kemendiknas RI.

Prastowo, A. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Prespektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta.

Prihatin, E. 2011.Teori Administrasi Pendidikan. Bandung:Alfabeta,cet ke-1

Ratika, S. D. 2018. Jurnal. Kemampuan Profesional Guru dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, email:Ratika444@gmail.com.

Rachman. 2016. Guru Powerfull (Kunci Sukses Menjadi Guru Efektif). Bandung: Kolbu.

Sanjaya, W. 2008. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Solo: Kencana.

Sudaryono. 2009. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2015. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (mixed methods). Bandung : Alfabeta.

Sukadi. 2016. Guru dan Masa Depan. Jakarta: Rajawali Press.

Sururi. 2005. Pengaruh Akreditasi Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Pada Sekolah Menengah Kejuruan se-Kota Bandung. Manajemen Pendidikan, Volume 2 Nomor 2 September 2005. Halaman 176-188.

Syafaruddin, 2002, Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan; Konsep, Strategi danAplikasi, Jakarta : Grasindo.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sitem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, kompetensi profesional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Uzer, U.M. 2012. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wasliman, Iim. 2007. Problemantika Pendidikan Dasar. Bandung: SPs-Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.4102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.