PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TEMA LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD NEGERI 02 RIANG BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.31851/kalp.v10i2.17958Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning tema lingkungan
terhadap hasil belajar IPS Kelas V SD Negeri 02 Riang Bandung. Metode penelitian ini adalah
eksperimen Desain One Grup Pretest-Posttest. Populasi penelitian adalah seluruh kelas V SD Negeri
02 Riang Bandung, sedangkan sampel penelitian berdasarkan sampling jenuh sebanyak 15 orang.
Teknik pengumpulan data adalah tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil
penelitian dengan rata-rata tes awal sebesar 55,40, sedangkan rata-rata tes akhir setelah diberikan
pembelajaran model Project Based Learning di SD Negeri 02 Riang Bandung sebesar 75,33.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan bahwa nilai = 6,41 dan ttabel = 1,70. Ini menunjukkan
bahwa thitung ttabel atau 6,41 > 1,70. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha
diterima atau ada pengaruh model Project Based Learning tema lingkungan terhadap hasil belajar IPS
kelas V SD Negeri 02 Riang Bandung.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Kalpataru, Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah oleh http://univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/Kalpa/ berlisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .