ANALISIS PEMANFAATAN APLIKASI CAPCUT PADA PRAKTIKUM MATA KULIAH MULTIMEDIA SEJARAH

Penulis

  • Bohari Bohari IKIP PGRI Pontianak
  • Teguh Agustian IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalp.v10i2.18071

Abstrak

Latar pelaksanaan penelitian ini adalah analisis pemanfaatan aplikasi capcut pada praktikum mata kuliah multimedia sejarah. Pelaksanaan perkuliahan praktikum merupakan suatu cara utuk menjadikan pembelajaran lebih inovatif dan berkreasi. Salah satunya adalah memanfaatkan aplikasi capcut yang akan sangat mensupport jika disandingkan dengan proses pembelajaran. Aplikasi ini bisa memberikan warna baru dalam sebuah konten untuk media pembelajaran agar menjadi lebih menarik dengan kualitas yang sangat baik. Nantinya peserta didik akan dituntut untuk lebih aktif dan berfokus pada apa yang dipelajarinya secara langsung, karena pembelajaran berbasis praktikum ini dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk belajar secara aktif merekonstruksi pemahaman konseptualnya. Media sebagai suatu komponen sistem pembelajaran, mempunyai fungsi dan peran yang sangat vital bagi kelangsungan pembelajaran. Itu berarti bahwa media memiliki posisi
yang strategis sebagai bagian integral dari pembelajaran. Integral dalam konteks ini mengandung pengertian bahwa media itu merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pembelajaran. Multimedia pembelajaran memanfaatkan fleksibilitas komputer untuk memecahkan masalah-masalah belajar. Sebagaimana kebanyakan sistem mengajar, komputer dapat digunakan sebagai alat mengajar utama untuk memberi penguatan belajar awal, merangsang dan memotivasi belajar, atau untuk berbagai jenis kemungkinan lainnya.

Diterbitkan

2024-12-30