IPS dan Trik Pelajar Pancasila pada Merdeka Belajar dalam Menyongsong Era Society 5.0 di SMA Negeri 3 Banyuasin 1

Authors

  • Nina Damayati Universitas PGRI Palembang
  • Mirna Taufik Universitas PGRI Palembang
  • Sukmaniar Sukmaniar Universitas PGRI Palembang
  • Deni Puji Hartono Universitas PGRI Palembang
  • Maharani Oktavia Universitas PGRI Palembang
  • Siti Asiyah Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wdk.v7i2.13057

Abstract

Merdeka belajar pada era society 5.0 merupakan upaya yang dilakukan pemerintah untuk memulikan pendidikan di Indonesia pasca pademi covid-19 diharapkan learning loss akibat pademi bisa ditanggulangi dengan kurikulum medeka, namun karena merdeka belajar ini merupakan kebijakan baru yang dibuat pemerintah maka siswa disekolah-sekolah masih banyak yang belum mengetahui tentang profil pelajar pancasila, merdeka belajar, dan era society 5.0 untuk itu tim PKM akan melakukan pengabdian dengan memberikan sosialisasi tentang tips dan trik pelajar pancasila pada merdeka belajar dalam menyonsong era society 5.0 di SMA N 3 Banyuasin 1. Metode yang digunakan dalam pelaksaan PKM ini adalah dengan menggunakan metode ceramah terbimbing dimana para pemateri memberikan ceramah berupa tips dan trik pelajar pancasila pada merdeka belajar dalam menyonsong era society 5.0. Hasil pelaksanaan kegiatan PKM ini mendapakan respon positif dari siswa-siswa perserta PKM hal ini dapat dilihat dengan adanyan peningkatan pengetahuan siswa tentang tip dan triks pelajar pancasila pada merdeka belajar dalam menyosong Era society 5.0 berdasarkan pre test dan post test dari 6,2% ke 86% untuk jawaban iya.

References

Damayati, N., Idris M., Warsini Nia (2021) Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Ma Al-Akbar Kabupaten Banyuasin. Jurnal Swarnabhumi. Vol 6. No 2. 2021

Irawati, D., Iqbal, M. A., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan . https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Juliani, A., & Astian, A. (2021). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG . https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5621

Monanisa., Dkk (2022) Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Pemahaman Belajar Siswa Kelas Ix Smp N 2 Muara Kuang. Jurnal Swarnabhumi Vol 7. No 2. Tahun 2022.

Murjainah, Kuswidyanarko, A., Imansyah, F., Pratiwi, A., Taufik, M., Agustina, E., et al. (2023). PKM Bagi Guru SD NEGERI 14 Banyuasin Workshop Pembuatan Multimedia Pembelajaran. International Journal of Community Service Learning . https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJCSL/article/view/54563

Rani, S; Monanisa; Taufik, M; Damayati, N; Hartono, DP. (2022). Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Pemahaman Belajar Siswa Kelas IX SMP N 2 Muara Kuang. JURNAL SWARNABHUMI : Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi .

Riduwan, M. B. (2013). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta

Sari, P., Sukardi, Taufik, M., Putri, M., & Armansyah. (2022). Peran Orang Tua Siswa Dalam Proses Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 Tingkat SMP. JURNAL SWARNABHUMI: Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi , 1-9.

Downloads

Published

2025-01-06