Pendampingan Penulisan dan Penerbitan Buku Untuk Guru SMP di Kota Pekanbaru

Authors

  • Fitri Wulandari Universitas Islam Riau
  • Wilda Sri Hastuti Universitas Islam Riau
  • Missi Triastuti Universitas Islam Riau
  • Marhamah Marhamah Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v7i1.14262

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan mendampingi guru dalam meningkatkan keterampilan menulis serta membantu menerbitkan buku bagi guru SMP di Pekanbaru dengan memperkenalkan  aplikasi Grammarly, Quillbolt, OpenAI, Mendeley, dan Turnitin sebagai alat bantu yang inovatif dan efektif sesuai materi ajar. Metode yang digunakan dalam penyampian materi pengabdian masyarakat adalah workshop secara luring dan daring. Tahapan pelaksanaan pengabdian meliputi penyampaian tujuan, memberikan motivasi menulis, penyajian materi, praktek dalam penggunaan aplikasi, praktek menulis, pengecekan similarity hasil tulisan, editing dan publish. Peserta pengabdian berjumlah 20 orang guru SMP di Pekanbaru. Kegiatan ini dilakukan survey dalam pengenalan dan pemanfaatan tools AI. Hasil survey terlihat bahwa banyak guru yang belum mengenal aplikasi tersebut. Sehingga pendampingan ini dapat mengasah ketrampilan guru dalam menulis dan menerbitkan buku. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian ini dikhususkan untuk 20 guru SMP di Pekanbaru dan umumnya pada guru-guru seluruh nusantara. Kegitan pengabdian ini dapat menjadi reverensi kegiatan pengabdian selanjutnya dengan cakupan subjek yang lebih luas. Kegiatan pengabdian ini berkontribusi (1) membuat karya sebuah buku sesuai dengan kurikulum dengan menggunakan tools AI; (2) memudahkan guru mendesign pembelajaran sesuai dengan materinya.

References

Afriyanli, H. K., & Sabandi, A. (2020). PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i1.3520

Castillo-González, W., Lepez, C. O., & Bonardi, M. C. (2022). Chat GPT: a promising tool for academic editing. Data and Metadata, 1. https://doi.org/10.56294/dm202223

Duymaz, Y. K., & Tekin, A. M. (2023). Harnessing Artificial Intelligence in Academic Writing: Potential, Ethics, and Responsible Use. European Journal of Therapeutics. https://doi.org/10.58600/eurjther1755

Emaliana, I. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru MGMP Bahasa Inggris SMA/MA se-Malang Raya. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.3380

Fitria, T. N. (2021). QuillBot as an online tool: Students’ alternative in paraphrasing and rewriting of English writing. Englisia: Journal of Language, Education, and Humanities, 9(1). https://doi.org/10.22373/ej.v9i1.10233

Harared, N., Somba, S., & Utomo, F. W. (2022). Mendeley: An Introduction To Online Citation In Writing Research Article As The Implementation Of The Three Missions Of Universities At Nasional University. Society : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3). https://doi.org/10.55824/jpm.v1i3.98

Hudriati, A., Rusdiah, Patak, A. A., & Basri, M. (2018). Assessing Indonesian University Students’ preferences on Mendeley reference manager for scientific writing. International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology, 8(5). https://doi.org/10.18517/ijaseit.8.5.6671

Legi, H., Damanik, D., & Giban, Y. (2023). Transforming Education Through Technological Innovation In The Face Of The Era Of Society 5.0. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2).

Lidwan, N., Roni, F., Siagian, S., Sopyan, S., & Sebayang, A. (2022). PERANAN PERANGKAT TURNITIN DALAM MENDORONG KARYA ILMIAH BERKUALITAS. Akrab Juara : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 7(4). https://doi.org/10.58487/akrabjuara.v7i4.1960

Marzuki, Widiati, U., Rusdin, D., Darwin, & Indrawati, I. (2023). The impact of AI writing tools on the content and organization of students’ writing: EFL teachers’ perspective. Cogent Education, 10(2). https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2236469

Meo, S., & Talha, M. (2019). Turnitin: Is it a text matching or plagiarism detection tool? In Saudi Journal of Anaesthesia (Vol. 13, Issue 5). https://doi.org/10.4103/sja.SJA_772_18

Muliani Sukma, E., Lubis, N., & Dewi, U. (2023). Quillbot As An AI-powered English Writing Assistant: An Alternative For Students to Write English. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris (JUPENSI), 3(2).

Nazari, N., Shabbir, M. S., & Setiawan, R. (2021). Application of Artificial Intelligence powered digital writing assistant in higher education: randomized controlled trial. Heliyon, 7(5). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07014

Nurmayanti, N., & Suryadi, S. (2023). The Effectiveness Of Using Quillbot In Improving Writing For Students Of English Education Study Program. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(1). https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.6392

Raharjo, U. D., Rosyad, Y. S., Monika, R., & Khoeriyah, S. M. (2022). Evaluation of the Mendeley Utilization Training for Academic Writing through Usability Approach. Pengabdian Masyarakat Cendekia (PMC), 1(1). https://doi.org/10.55426/pmc.v1i1.175

Downloads

Published

2024-01-22