Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Mahasiswa Semester II PRODI PBSI FKIP Universitas Baturaja

Authors

  • Muhamad Doni Sanjaya Universitas Baturaja
  • Muhamad Rama Sanjaya Universitas Baturaja
  • Erwanto Universitas Baturaja

Abstract

Pelatihan penulisan artikel ilmiah ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Baturaja seperti kemampuan mereka dalam menulis artikel ilmiah belum maksimal. Bagian-bagian dalam artikel ilmiah membuat mereka mengalami kesulitan dalam memahami dan menuliskan artikel ilmiah. Adapun metode yang diterapkan selama pelatihan penulisan artikel ilmiah ini menggunakan metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode simulasi. Hasil temuan yang diperoleh dalam penulisan artikel ilmiah ini adalah memberikan wacana, pelatihan dalam meningkatkan pemahaman, memberikan pengetahuan, meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis artikel ilmiah pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Disamping itu memberikan wacana dan penjelasan kepada mahasiswa Prodi PBSI FKIP Unbara selaku mitra dalam pengabdian ini bagaimana meningkatkan penyusunan, strategi, dalam menulis artikel ilmiah. Sisi lain dari hasil temuan dalam pelatihan ini adalah membantu mitra dalam mengenalkan cara menulis artikel ilmiah yang baik dan benar  dengan memberikan contoh dan aplikasinya di perguruan tinggi. Kami memberikan bantuan berupa penyuluhan. Penyuluhan ini digunakan untuk merekatkan pemahaman mahasiswa tentang pentingnya menulis artikel yang baik. Dengan bantuan ini diharapkan bisa membuat pemahaman mereka lebih maksimal. Sebelumnya pemahaman mitra masih bersifat sederhana. Untuk itulah kami mencoba untuk menawarkan dan membuatkan cara terbaru mengatasi cara menuliskan artikel ilmiah dengan berbagai strategi agar setidak-tidaknya mereka bisa submit di publikasi jurnal sinta.

References

Febrilia, Baiq Rika Ayu. 2023. “Pelatihan Dalam Membuat Artikel Ilmiah Mahasiswa” Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4(2): 135–143.

Karomah, Binti. 2022. “Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Untuk Meningkatkan Profesionalisme Mahasiswa dalam Menyusun Artikel Ilmiah dan Publikasi di Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta” Journal of Social Outreach Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(2): 1-9.

Abdillah. 2012. Bahan dan Metode Artikel Ilmiah. Palembang: Universitas Binadarma.

Amaliyah, A. 2019. Peningkatan Kemampuan Penulisan Karya Ilmiah dan Teknik Publikasi di Jurnal Internasional. Intervensi Komunitas, vol 1(1), pp : 49-56.

Annisa, M., Hamid, H. 2016. Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Wilayah Pedalaman. Jurnal Widya Laksana, 5(2), pp: 81-84

Arsyad, S. 2014. Menulis Artikel Jurnal Internasional dengan Gaya Retorika Bahasa Inggris. Bengkulu: Halaman Moeka Publishing.

Downloads

Published

2024-05-29