Pelatihan Canva untuk Menunjang Media Belajar di SDN 027 Tanjung Selor
DOI:
https://doi.org/10.31851/dedikasi.v7i1.15088Abstract
Kualitas negara bisa dilihat dari kualitas pendidikan yang ada di dalam negara tersebut. Tuntutan global menuntut dunia Pendidikan untuk selalu dan senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi terhadap usaha dalam peningkatan mutu pendidikan. Berdasarkan PP RI No.19/2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 28, seorang pendidik merupakan agen pembelajaran yang harus memiliki empat jenis kompetensi pedagogic, dan kepribadian Kemampuan sama halnya dengan kompetensi yang merupakan segala jenis pengetahuan, dan perilaku yang wajib dimiliki serta dikuasai oleh guru dalam menjalankan tugasnya. kompetensi sosial, kompetensi profesional dan kompetensi kepribadian. Oleh sebab itu Pembuatan media pembelajaran berbasis multimedia bukanlah perkara yang mudah,Canva adalahprogram desain online yang tersedia berbagai desain grafis seperti presentasi, kartu undangan,editing foto dan facebook cover. Kelebihan dari Canva ini diantaranya memiliki berbagai desain yang menarik, meningkatkan kreatifitas guru dengan berbagai fitur yang digunakan, dapat dikerjakan dengan gawai, memiliki resolusi yang baik, serta menghemat waktu dalam mendesain. Metode yang digunakan adalah metode pelatihan, Berdasarkan hasil wawancara dengan salah seorang guru SDN 027 Tanjung Selor Tidak semua orang familiar dengan teknologi terutama generasi terdahulu Untuk mengatasi permasalahan di atas, solusi diberikan dengan memberikan pelatihan aplikasi Canva kepada guru di SDN 027 Tanjung Selor Kabupaten Bulungan Pelatihan difokuskan pada peningkatan keterampilan guru dalam mengintegrasikan Ilmu Teknologi dalam pembelajaran di era digital dengan memanfaatkan media Canva
References
Nopriyanti, N., Kurniawan, E. D., Darlius, D., & Harlin, H. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Elektronik untuk Guru SMK Lingua Prima. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 459. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i2.4867
Pagi, S. D. N. P., Mulyawati, I., Arini, N. W., & Polina, L. (2022). Pelatihan Media Pembelajaran Canva Dan Padlet Bagi Guru Sd Di. 6, 170–174. file:///C:/Users/User/Downloads/7670-25468-1-PB.pdf
Sri Wiyanah, Koryna Aviory, & Christina Eva Nuryani. (2022). Pelatihan Aplikasi Canva Bagi Guru Dalam Mengembangkan Materi Pembelajaran Di Smpn 1 Kasihan Yogyakarta. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 3703–3712. https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i1.2266
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 David Ifanly, Marliana Oktaria Lifan, Silva Septriana, Yuliana Ritna Bara, Candra Mecca Sufyana, Tiris Sudrartono, Wiwi Warsiati, Dian Candra Fatihah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following conditions:The author has the copyright and entitles the journal to the first publication with works that are licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution CC BY License which allows others to share their work with the recognition of the authorship of the work and initial publications in this journal.
Â
The author can make separate additional contract agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to the institutional repository or publishing them in a book), with recognition of the initial publication in this journal.
Â
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the delivery process because it can lead to productive exchanges, as well as quotes that are earlier and larger than published works