Sosialisasi Penilaian Portofolio Seni untuk SNPMB Bagi SMA Sederajat di Kabupaten Kubu Raya
DOI:
https://doi.org/10.31851/wdk.v7i2.18158Abstract
Penilaian portofolio seni untuk Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) kurang begitu dipahami oleh peserta didik maupun guru pengampu mata pelajaran seni budaya terkait teknis pengumpulan borang keterampilan. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan oleh Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan bahwa lebih dari 40% calon mahasiswa memiliki kesalapahaman akan instruksi teknis pengambilan video. Selain itu, MGMP Seni Budaya SMA sederajat di Kubu Raya sebagai mitra juga membutuhkan penguatan terkait materi portofolio seni untuk SNPMB sehingga, menjadi tujuan dari kegiatan ini adalah tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan adalah memberikan fasilitasi dalam bentuk sosialisasi kepada MGMP Seni Budaya dan perwakilan peserta didik setiap sekolah. Metode kegiatan menggunakan jenis sosialisasi dengan cara kerja ceramah, diskusi, dan demonstrasi. Indikator ketercapaian kegiatan ini adalah peserta sosialisasi dapat mengisi post-test dengan ambang batas skor minimal 75. Hasil kegiatan adalah peserta kegiatan dapat memahami materi sosialisasi portofolio seni untuk SNPMB yang dibuktikan 80% peserta menjawab post-test melebihi ambang batas skor ketuntasan. Melalui kegiatan ini diharapkan kedepannya dapat menjadi jembatan bagi pihak mitra yang memiliki kebingungan dalam hal teknis SNPMB khususnya dalam portofolio seni.
References
Aksa, A. F., Nahak, K. B., & Lika, E. (2024). Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 di SMK Negeri Perbatasan Lamaknen Selatan. JUPEMAS: Jurnal Umum Pengabdian Masyarakat, 3(3), 18–25. https://doi.org/https://doi.org/10.58290/jupemas.v3i3.308
Alfari, S. (2023). Ketentuan Portofolio SNBP & SNBT 2024: Jenis, Isi, Cara Upload. Ruang Guru.
Elyas, A. H., Iskandar, E., & Suardi, S. (2020). Inovasi Model Sosialisasi Peran serta Masyarakat Kecamatan Hamparan Perak dalam Pemilu. Warta Dharmawangsa, 14, 137–149. http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/juwarta/article/view/548
Habib, M., Pardi, H., Manap, A., Fadliya, I., & Annissa, M. (2022). Model Kegiatan Sosialisasi Pencegahan Dan Penanganan Covid-19 Terhadap Masyarakat. 2(1), 13–25.
Herwani, & Herwani, S. (2022). Penilaian Keterampilan Portofolio Dalam Pembelajaran Di Sekolah. Cross-border, 5(1), 12–25.
Juwati, Satinem, & Nugroho, A. (2021). Sosialisasi Model Pembelajaran Inovatif Bagi Mahasiswa STKIP PGRI Lubuklinggau. JURNAL CEMERLANG : Pengabdian pada Masyarakat, 4(1), 88–97. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/jpm.v4i1.1424
Kemendikburistek, I. J. (2023). Simak Informasi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru 2024 di Sini! Insepektorat Jenderal Kemendikburistek. https://itjen.kemdikbud.go.id/web/simak-informasi-seleksi-nasional-penerimaan-mahasiswa-baru-2024-di-sini/
Magdalena, I., Eka Saputri, A., & Dia Dara, S. (2020). Penilaian Berbasis Kelas dan Portofolio Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa SDN Karang Tengah 2. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 327–341. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Miles, M., Huberman, M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd editio). SAGE Publication, Inc.
Nabella Dananier, & Suci Rahmadhani. (2024). Proses Sosialisasi Pada Program Matrikulasi Berdasarkan Tipe Kepribadian Introvert Mahasiswi I Nsititut Agama Islam Tazkia. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, 19(1), 1262–1275. https://doi.org/10.55558/alihda.v19i1.113
Ni Wayan Wardani, & Andika, I. G. (2021). Pelatihan Mengaktifkan Pembelajaran Daring dengan Memanfaatkan Aplikasi Mentimeter, Whatsapp dan Pembuatan Video Pembelajaran untuk Inovasi Mengajar dengan Keterbatasan Bandwidth Internet. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 128–138. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v2i2.607
Nita, D. (2024). Contoh Portofolio untuk Daftar SNBP 2024 dan Ketentuannya, Apakah Wajib Diisi? Kompas TV.
Olendo, Y. O., Ghozali, I., & Putra, Z. A. W. (2023). Pelatihan Asesmen Praktik Musik di MGMP SMP Seni Budaya Kabupaten Bengkayang. Madani : Indonesian Journal of Civil Society, 5(2), 104–111. https://doi.org/10.35970/madani.v5i2.1726
Putra, Z. A. W. (2023). Respon Mahasiswa Terhadap Video Interaktif Solffegio Pada Mata Kuliah Piano Dasar Lanjut. Magelaran: Jurnal Pendidikan Seni, 6(2), 384–391. https://doi.org/https://doi.org/10.35568/magelaran.v6i2.3938
Putra, Z. A. W., Ghozali, I., Sagala, M. D., Satrianingsih, A. R. O., & Aditya, M. C. P. (2023). Pelatihan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Website Bagi Dosen Program Studi Pendidi-. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 6(2), 305–320. https://doi.org/https://doi.org/10.31851/dedikasi.v6i2.13151
Putra, Z. A. W., Olendo, Y. O., & Ghozali, I. (2024). Pelatihan Musik Tebah Unop Pada Sanggar Di Desa Lingga Kabupaten Kubu Raya. Journal of Human and Education (JAHE), 4(3), 32–37. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jh.v4i3.806
Putra, Z. A. W., Sagala, M. D., Olendo, Y. O., Ghozali, I., Satriyaningsih, A. R. O., & Aditya, M. C. P. (2023). Pelatihan Teknik Vokal Pada Paduan Suara Campuran di SMA Negeri 1 Pontianak. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 73–83. https://doi.org/10.53860/losari.v5i2.155
Rizky, A. S. O., Ghozali, I., Putri, M. C., Putra, Z. A. W., & Sagala, M. D. (2023). Pemanfaatan Web Bagi Dosen Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan Pada Masa Covid 19. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 6(2), 364–378. https://doi.org/https://doi.org/10.31851/dedikasi.v6i2.13388
Sagala, M. D., Ghozali, I., Putra, Z. A. W., Satrianingsih, A. R. O., & Aditya, M. C. P. (2023). Pelatihan Evaluasi Pembelajaran Seni Berbasis Website Bagi Mahasiswa Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan Fkip Universitas Tanjungpura. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion, 5(JUNI), 207–212. https://doi.org/https://doi.org/10.37287/jpm.v5i3.2354
Sugiarti, R., Erwin Erlangga, Arumwardani N, & Ade Machnun S. (2022). Pelatihan Peningkatan Kompetensi Sosial Pada Mahasiswa & Civitas Akademika. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(9), 2303–2314. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i9.1033
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Zakarias Aria Widyatama Putra Aria, Nurmila Sari Djau, Imam Ghozali, Mastri Dihita Sagala, Egi Putri Grandena, Asfar Muniir, Chiristianly Yery Silaban, Ismunandar Ismunandar, Regaria Tindarika, Dwi Oktariani, Mega Cantik Putri Aditya, Aline Rizky Oktaviari Satrianingsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following conditions:The author has the copyright and entitles the journal to the first publication with works that are licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution CC BY License which allows others to share their work with the recognition of the authorship of the work and initial publications in this journal.
Â
The author can make separate additional contract agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to the institutional repository or publishing them in a book), with recognition of the initial publication in this journal.
Â
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the delivery process because it can lead to productive exchanges, as well as quotes that are earlier and larger than published works