ANALISIS PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN INSPIRATIF SECARA ONLINE MELALUI MEDIA PRESENTASI CANVA UNTUK GURU-GURU MGMP FISIKA KAB. MUSI RAWAS
DOI:
https://doi.org/10.31851/dedikasi.v3i2.4948Keywords:
Media Presentasi Canva, Guru, Fisika, MGMPAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis bagaimana pengetahuan serta wawasan guru-guru fisika Kabupaten Musi Rawas terhadap adanya teknologi baru untuk media pembelajaran yakni media presentasi dengan menggunakan Canva. Dimana guru-guru tersebut diberikan soal pretest sebelum mengikuti pelatihan dan dibeikan soal posttest mengenai Canva sesudah melakukan penelitian. Tes dilakukan kepada 30 orang guru fisika di Kabupaten Musi Rawas yang mengikuti pelatihan secara online mengenai media presentasi canva. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru fisika setelah mengikuti pelatihan media pembelajaran canva memliki tambahan wawasan mengenai canva dan juga bisa membuat produk untuk media pembelajaran dengan menggunakan canva.
References
Media Group. (2014). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana. 20
Rochayati, R., Heldani, S. H., Hera, T., Diah, N., Mainur, M., & Elvandari, E. (2018). Pelatihan dan Workshop Unsur-Unsur Pendukung Karya Seni Tari Tradisi Sumatera Selatan Pada Siswa-Siswi Se-Kota Palembang. Wahana Dedikasi, 1(2)
Sanjaya, Wina. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada
Triyono, T., Febriani, R. D., Hidayat, H., & Putri, B. N. D. (2019). Pelatihan Penggunaan Teknologi Informasi Kepada Guru Bimbingan dan Konseling. Wahana Dedikasi, 2(1)
Utami, T. S. D., Suandito, B., Triwidayati, K. R., & Sukarman, S. (2018). Pembelajaran Asyik Dan Menyenangkan Melalui Mendongeng Di SD IBA Palembang. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 1(2)
Zainal Muttaqien. (2011). Pemanfaatan Blog sebagai Media dan Sumber Belajar Alternatif Qur’an Hadits Tingkat Madrasah Aliyah. Artikel Ilmiah. Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following conditions:The author has the copyright and entitles the journal to the first publication with works that are licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution CC BY License which allows others to share their work with the recognition of the authorship of the work and initial publications in this journal.
Â
The author can make separate additional contract agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to the institutional repository or publishing them in a book), with recognition of the initial publication in this journal.
Â
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the delivery process because it can lead to productive exchanges, as well as quotes that are earlier and larger than published works