Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemi Bagi Guru SD Kecamatan Babat Supat (Kajian Respon Pelatihan)

Authors

  • Marhamah Marhamah Universitas PGRI Palembang
  • Anggria septiani Mulbasari Universitas PGRI Palembang
  • Ety Septiati Universitas PGRI Palembang
  • Lusiana Lusiana Universitas PGRI Palembang
  • Jumroh Jumroh Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v4i2.5702

Keywords:

Matematika, Pelatihan, Respon

Abstract

Pembelajaran matematika yang menyenangkan di masa pandemi bagi guru SD Kecamatan Babat Supat merupakan salah satu kegiatan tri dharma perguruan tinggi yaitu suatu pelatihan yang merupakan kegiatan  pengabdian kepada masyarakat . Adapun Tujuan  Kajian Respon Pelatihan ini bertujuan untuk mengetahui Respon Guru-guru sebagai peserta pelatihan yang telah dilakukan oleh Dosen-Dosen Prodi Matematika FKIP UPGRI Palembang di Kecamatan Babat Supat dalam pelaksanaan pembelajaran yang menyenangkan di masa pandemi. Manfaat kajian Respon pelatihan ini dapat dipergunakan sebagai acuan peningkatan kualitas penyelenggaraan pelatihan pada kegiatan pengabdian kedepannya. Metode yang digunakan untuk memperoleh respon peserta pelatihan adalah metode kuesioner, dengan memberikan angket kepada peserta setelah mengikuti pelatihan. Berdasarkan analisis angket respon yang disebarkan kepada 30 peserta pelatihan, diperoleh hasil 83,86 % memberikan respon sangat baik terhadap materi pelatihan,  84,26 % memberikan respon sangat baik terhadap nara sumber dan 86,53 % memberikan respon sangat baik terhadap fasilitas penyelenggaraan pelatihan. Jadi dapat disimpulkan bahwa  dari kajian respon pelatihan yang  dilakukan  telah memberikan kontribusi kepada guru-guru di SD Kecamatan Babat Supat, yakni guru memperoleh wawasan tentang pembelajaran matematika yang menyenangkan di masa pandemi.

Kata kunci :

  Matematika, Pelatihan, Respon

References

Al-Qahtani, A. A., & Higgins, S. E. 2013. Effects of traditional, blended and elearning on students' achievement in higher education. Journal of Computer Assisted Learning, 29(3), 220-234. Tersedia pada Tersedia pada https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/j.1365-729.2012.00490.x (diakses tanggal 4 Mei 2020).

Andriansyah, I. (2013). Eksplorasi pola komunikasi dalam diskusi menggunakan moodle pada perkuliahan simulasi pembelajaran kimia. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Gogot Suharwoto. 2020.Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19, Tantangan yang Mendewasakan.https://www.timesindonesia.co.id/read/news/261667/pembelajaran-online-di-tengah-pandemi-covid19-tantangan-yang-mendewasakan di akses Juli 2020

Kemendikbud. (2020a). Pedoman Pelaksanaan Belajar Dari Rumah Selama Darurat Bencana Di Indonesia Surat Edaran Sekretaris Jenderal No.15 Tahun 2020.

Kemendikbud. (2020b). Surat Edaran Mendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan COVID-19 pada Satuan Pendidikan, dan Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 tentang Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah. Biro Kerjasama Dan Hubungan Masyarakat Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Mastuti, Rini, dkk. 2020. Teaching From Home: dari Belajar Merdeka menuju Merdeka Belajar. Jakarta:Yayasan Kita Menulis.

Means, B. M., dkk. 2013. The Effectiveness of Online and Blended Learning: A Meta-Analysis of the Empirical Literature. Teachers Collage Record, 115(3). Tersedia pada https://eric.ed.gov/?id=EJ1018090 (diakses tanggal 4 Mei 2020).

Putri, L. A., & Dewi, P. S. (2020). Media Pembelajaran Menggunakan Video Atraktif pada Materi Garis Singgung Lingkaran. Mathema Journal, 2(1), 32–39.

Peni Septi, Wulandari .2014. Jarimatika perkalian. PT Kawasan Pustaka: Jakarta Selatan.

Radita, Nira, dkk. 2018. Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Diskrit Moda Daring pada Program Studi Teknik Informatika. Tersedia pada https://www.researchgate.net/publication/329705188_Eksperimentasi_pe mbelajaran_Matematika_Diskrit_Moda_Daring_pada_Program_Studi_T eknik_Informatika (Diakses tanggal 27 April 2020).

Rohmah, L. (2016). Konsep E-Learning dan Aplikasinya Pada Lembaga Pendidikan Islam. AnNur: Jurnal Studi Islam, 3(2), 255–270.

Downloads

Published

2021-06-24