Mencegah Covid-19 Dengan Pembelajaran Aktifitas Fisik Yang Menarik Bagi Siswa Pada Masa Transisi Tatanan Hidup Baru

Authors

  • Farizal Imansyah Universitas PGRI Palembang
  • Ilham Arvan Junaidi Universitas PGRI Palembang
  • Widya Handayani Universitas PGRI Palembang
  • Rury Rizhardi Universitas PGRI Palembang
  • Endie Riyoko Universitas PGRI Palembang
  • Puput Sekar Sari Universitas PGRI Palembang
  • Jujur Gunawan Manullang Universitas PGRI Palembang
  • Erfan Ramadhani Universitas PGRI Palembang
  • M. Nur Arriyanto Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v4i2.5842

Keywords:

Aktifitas fisik, Covid-19, Siswa

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dalam bentuk pemaparan “Mencegah Covid-19 dengan pembelajaran aktifitas fisik yang menarik bagi siswa pada masa transisi tatanan hidup baruâ€. SMA/SMK sederajat se-Kecamatan Kelapa dan Parit Tiga Kabupaten Bangka Barat merupakan mitra dari kegiatan PKM ini. Mitra ini mempunyai satu permasalahan yang sama yaitu masalah belum mampunyai program pembelajaran aktifitas fisik yang dapat digunakan pada masa pandemi COVID-19 peralihan pada tatanan hidup baru. Hal ini beranjak dari kurangnya pemahaman dan pengetahuan guru dalam membuat pembelajaran aktifitas fisk yang menarik bagi siswa dalam upaya pencegahan covid-19. Padahal sudah sewajibnya guru mampu memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang bagaimana memberikan materi aktifitas fisik yang menarik bagi siswa. salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memberikan pemahaman guru penjas disana tentang pentinya pembelajaran aktifitas fisik adalah dengan memberikan pelatihan dan penyuluhan pembelajaran aktifitas fisik. Metode pelaksanaan kegiatan dalam bentuk pelatihan, workshop, pendampingan, praktikum dan evaluasi serta follow up. Sedangkan kegiatannya direncanakan dilaksanakan di Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat dengan menyesuaikan protokol kesehatan. Adapun yang menjadi ketua tim pelaksana dalam pengusulan program ini adalah, Farizal Imansyah, M.Pd dan anggota tim Ilham  Arvan Junaidi, M.Pd. Rury Rizhardi, M.Pd. Endie Royoko, M.Pd. Widya Handayani, S.Pd., M.Si., Puput Sekar Sari, S.Pd,M.M., Jujur Gunawan Manullang, M. Pd, Erfan Ramadhani, M. Pd,.Kons. Pelaksana kegiatan PKM adalah dosen tetap yayasan FKIP Universitas PGRI Palembang. Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini akan melibatkan 2 orang mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Olahraga FKIP Universitas PGRI Palembang yang masih aktif dalam perkuliahan, khususnya yang akan atau sedang menempuh mata kuliah dasar-dasar kepelatihan

References

Apriyanto, M., Oklianda, A., Putra, D. D., & Warmi, A. (2021, February). Student Responses During Online Learning in the Covid-19 Pandemic Period. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1764, No. 1, p. 012125). IOP Publishing.

Bompa, T., & Buzzichelli, C. (2015). Periodization Training for Sports-3rd Edition. https://books.google.com/books?id=Zb7GoAEACAAJ&pgis=1

Dwyer, M. J., Pasini, M., De Dominicis, S., & Righi, E. (2020). Physical activity: Benefits and challenges during the COVID-19 pandemic. Scandinavian Journal of Medicine and Science in Sports, 30(7), 1291–1294. https://doi.org/10.1111/sms.13710

Maugeri, G., Castrogiovanni, P., Battaglia, G., Pippi, R., D’Agata, V., Palma, A., Di Rosa, M., & Musumeci, G. (2020). The impact of physical activity on psychological health during Covid-19 pandemic in Italy. Heliyon, 6(6), e04315. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e04315

Okilanda, A., Iswana, B., & Wanto, S. (2021). Pelatihan Pelatih Fisik Level I Nasional Oku. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 3(2), 13-19.

Woods, J. A., Hutchinson, N. T., Powers, S. K., Roberts, W. O., Gomez-Cabrera, M. C., Radak, Z., Berkes, I., Boros, A., Boldogh, I., Leeuwenburgh, C., Coelho-Júnior, H. J., Marzetti, E., Cheng, Y., Liu, J., Durstine, J. L., Sun, J., & Ji, L. L. (2020). The COVID-19 pandemic and physical activity. Sports Medicine and Health Science, 2(2), 55–64. https://doi.org/10.1016/j.smhs.2020.05.006

Downloads

Published

2021-06-27