Optimalisasi Aplikasi Google Form dan Google Classroom untuk Proses Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31851/dedikasi.v4i2.6398Keywords:
Optimalisasi, Google Form, Google Classroom, PembelajaranAbstract
Tujuan dari pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) di SMA Negeri 11 Muaraenim adalah (1) guru dapat memahami aplikasi Google Form dan Google Classroom dalam pembelajaran, (2) guru dapat mengidentifikasi bentuk penggunaan aplikasi Google Form dan Google Classroom dalam pembelajaran. Kegiatan PKM ini dilaksanakan selama 1 (satu) hari dengan jumlah peserta 20 orang guru. Metode yang digunakan dalam melaksanakan kegiatan PkM ini adalah dengan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab. Hasil yang diperoleh selama kegiatan PkM yaitu adanya peningkatan pemahaman guru terkait penggunaan aplikasi Google Form dan Google Classroom dalam pembelajaran sebesar 51,7 % jika ditinjau dari perbandingan hasil pre test dan post test. Jika melihat rata-rata (mean) secara keseluruhan sebenarnya cukup mengembirakan, hal ini dikarenakan guru yang menyatakan kegiatan berjalan sangat baik dan baik adalah sekitar 90% (18 orang), cukup baik sekitar 10 % (2 orang).References
Cayeni, W., & Utari, A. S. (2019). Penggunaan Teknologi Dalam Pendidikan: Tantangan Guru Pada Era Revolusi Industri 4 . 0. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana.
Disurya, R., Suryati, S., Ermini, E., Husnulwati, S., Sardana, L., & Wahyuningsih, S. (2018). Optimalisasi Nilai-Nilai Kebangsaan Melalui Program Bela Negara di SMK PGRI Pagar Alam. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat). https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v2i1.190
Mohid, S. Z., Ramli, R., Abdul Rahman, K., & Shahabudin, N. N. (2018). Teknologi Multimedia dalam Pendidikan Abad 21. 5th International Research Management & Innovation Conference (5th IRMIC 2018), (August).
Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 3(1). https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432
Salkiah, B. (2020). Perubahan Paradigma Pendidikan dan Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19. Media Bina Ilmiah, 15(1).
Suryati, S., Disurya, R., Ermini, E., Sardana, L., Husnulwati, S., Wahyuningsih, S., & Jumroh, J. (2019). Sosialisasi Praktik dan Perlindungan Pengguna Internet di SMA Negeri 1 Sungai Liat. Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v2i02.3466
Widiyono, A., & Millati, I. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Perspektif Merdeka Belajar di Era 4.0. Journal of Education and Teaching (JET), 2(1). https://doi.org/10.51454/jet.v2i1.63
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following conditions:The author has the copyright and entitles the journal to the first publication with works that are licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution CC BY License which allows others to share their work with the recognition of the authorship of the work and initial publications in this journal.
Â
The author can make separate additional contract agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to the institutional repository or publishing them in a book), with recognition of the initial publication in this journal.
Â
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the delivery process because it can lead to productive exchanges, as well as quotes that are earlier and larger than published works