Optimalisasi Aplikasi Google Form dan Google Classroom untuk Proses Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Ramanata Disurya FKIP, Universitas PGRI Palembang
  • Suryati Suryati FKIP, Universitas PGRI Palembang
  • Ermini Ermini FKIP, Universitas PGRI Palembang
  • Layang Sardana FKIP, Universitas PGRI Palembang
  • Sri Husnulwati FKIP, Universitas PGRI Palembang
  • Sri Wahyuningsih FKIP, Universitas PGRI Palembang
  • Muhammad Najib Najib FKIP, Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v4i2.6398

Keywords:

Optimalisasi, Google Form, Google Classroom, Pembelajaran

Abstract

Tujuan dari pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) di SMA Negeri 11 Muaraenim adalah (1) guru dapat memahami aplikasi Google Form dan Google Classroom dalam pembelajaran, (2) guru dapat mengidentifikasi bentuk penggunaan aplikasi Google Form dan Google Classroom dalam pembelajaran. Kegiatan PKM ini dilaksanakan selama 1 (satu) hari dengan jumlah peserta 20 orang guru. Metode yang digunakan dalam melaksanakan kegiatan PkM ini adalah dengan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab. Hasil yang diperoleh selama kegiatan PkM yaitu adanya peningkatan pemahaman guru terkait penggunaan aplikasi Google Form dan Google Classroom dalam pembelajaran sebesar 51,7 % jika ditinjau dari perbandingan hasil pre test dan post test. Jika melihat rata-rata (mean) secara keseluruhan sebenarnya cukup mengembirakan, hal ini dikarenakan guru yang menyatakan kegiatan berjalan sangat baik dan baik adalah sekitar 90% (18 orang), cukup baik sekitar 10 % (2 orang).

References

Cayeni, W., & Utari, A. S. (2019). Penggunaan Teknologi Dalam Pendidikan: Tantangan Guru Pada Era Revolusi Industri 4 . 0. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana.

Disurya, R., Suryati, S., Ermini, E., Husnulwati, S., Sardana, L., & Wahyuningsih, S. (2018). Optimalisasi Nilai-Nilai Kebangsaan Melalui Program Bela Negara di SMK PGRI Pagar Alam. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat). https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v2i1.190

Mohid, S. Z., Ramli, R., Abdul Rahman, K., & Shahabudin, N. N. (2018). Teknologi Multimedia dalam Pendidikan Abad 21. 5th International Research Management & Innovation Conference (5th IRMIC 2018), (August).

Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 3(1). https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432

Salkiah, B. (2020). Perubahan Paradigma Pendidikan dan Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19. Media Bina Ilmiah, 15(1).

Suryati, S., Disurya, R., Ermini, E., Sardana, L., Husnulwati, S., Wahyuningsih, S., & Jumroh, J. (2019). Sosialisasi Praktik dan Perlindungan Pengguna Internet di SMA Negeri 1 Sungai Liat. Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v2i02.3466

Widiyono, A., & Millati, I. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Perspektif Merdeka Belajar di Era 4.0. Journal of Education and Teaching (JET), 2(1). https://doi.org/10.51454/jet.v2i1.63

Downloads

Published

2021-11-30