Pelatihan Recycle System Sebagai Sarana Edukasi Pengelolaan Sampah Sekolah Bagi Guru PAUD
DOI:
https://doi.org/10.31851/dedikasi.v4i2.6449Keywords:
Recycle System, Sampah Sekolah, PAUDAbstract
Lingkungan sekolah bagi anak usia dini sebagai rumah kedua bagi anak, tempat beraktivitas baik bermain maupun belajar bersama-sama dengan guru serta teman sebaya. Pendidik memegang peran penting sebagai motor dalam pengelolaan sampah sekolah di lembaga PAUD. Namun kenyataan di lapangan masih banyak sekolah yang sulit/belum dapat melakukannya. Sehingga sampah masih berserakan dan menumpuk, tanpa pengelolaan yang baik. Berdasarkan pertimbangan, tim pengabdian menawarkan solusi terhadap permasalahan-permasalahan tersebut melalui kegiatan Pelatihan Recycle System Sebagai Sarana Edukasi Pengelolaan Sampah Sekolah Bagi Guru PAUD Di Kecamatan Tenayan Raya. Adapun kegiatan berjalan lancar dan sesuai dengan susunan kegiatan yang direncanakan sebelumnya. Tim Pengabdian telah mampu memberikan materi dan praktik sederhana kepada peserta. Guru PAUD juga dapat mengikuti kegiatan dengan baik dari awal hingga selesai. Berdasarkan angket yang disebarkan kepada peserta, hasil dari respon angket menggambarkan bahwa kegiatan sangat berguna dan bermanfaat bagi peserta. Hal itu tergambar dari peningkatan persentase pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan guru setelah mengikuti kegiatan pengabdian ini.
References
Hurlock, Elizabeth. 2003. Perkembangan Anak Jilid 2. Terjemahan. Jakarta: Erlangga
Kasriyati, D., Wahyuni, S., & Reswita, R. (2021). PELATIHAN PERENCANAAN DAN PENERAPAN MEDIA LOOSE PARTS DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BAGI GURU PAUD SE KECAMATAN RUMBAI PESISIR. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 4(2).
Kemendikbud, Dirjen PAUD, Non-Formal dan Informal. Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD, Non-Formal dan Informal 2013. Komunikasi Dalam Pengasuhan. Jakarta
Larsen Diane and Freeman. 2000. Techniques and Principles in Language Teaching. Oxford
Mei , Yin Yong & Yu-jing, J., (2000). From using games in an EFL class for children. Daejin University ELT Research Paper. Fall, 2000. http://english.daejin.ac.kr/~rtyson/fall2000/elt/games.html retrieved 20 February 2010 retrieved 20 February 2010.
Rimm, Sivia. 2003. Mendidik dan Menerapkan Disiplin Pada Anak Prasekolah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Sujiono, Nurani Yuliani. 2011. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following conditions:The author has the copyright and entitles the journal to the first publication with works that are licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution CC BY License which allows others to share their work with the recognition of the authorship of the work and initial publications in this journal.
Â
The author can make separate additional contract agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to the institutional repository or publishing them in a book), with recognition of the initial publication in this journal.
Â
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the delivery process because it can lead to productive exchanges, as well as quotes that are earlier and larger than published works