Pelatihan Recycle System Sebagai Sarana Edukasi Pengelolaan Sampah Sekolah Bagi Guru PAUD

Authors

  • Yesi Novitasari Universitas Lancang Kuning
  • Siti Fadillah
  • Destina Kasriati

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v4i2.6449

Keywords:

Recycle System, Sampah Sekolah, PAUD

Abstract

Lingkungan sekolah bagi anak usia dini sebagai rumah kedua bagi anak, tempat beraktivitas baik bermain maupun belajar bersama-sama dengan guru serta teman sebaya. Pendidik memegang peran penting sebagai motor dalam pengelolaan sampah sekolah di lembaga PAUD. Namun kenyataan di lapangan masih banyak sekolah yang sulit/belum dapat melakukannya. Sehingga sampah masih berserakan dan menumpuk, tanpa pengelolaan yang baik. Berdasarkan pertimbangan, tim pengabdian menawarkan solusi terhadap permasalahan-permasalahan tersebut melalui kegiatan Pelatihan Recycle System Sebagai Sarana Edukasi Pengelolaan Sampah Sekolah Bagi Guru PAUD Di Kecamatan Tenayan Raya. Adapun kegiatan berjalan lancar dan sesuai dengan susunan kegiatan yang direncanakan sebelumnya. Tim Pengabdian telah mampu memberikan materi dan praktik sederhana kepada peserta. Guru PAUD juga dapat mengikuti kegiatan dengan baik dari awal hingga selesai. Berdasarkan angket yang disebarkan kepada peserta, hasil dari respon angket menggambarkan bahwa kegiatan sangat berguna dan bermanfaat bagi peserta. Hal itu tergambar dari peningkatan persentase pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan guru setelah mengikuti kegiatan pengabdian ini.

Author Biography

Yesi Novitasari, Universitas Lancang Kuning

Pendidikan Anak Usia Dini

References

Hurlock, Elizabeth. 2003. Perkembangan Anak Jilid 2. Terjemahan. Jakarta: Erlangga

Kasriyati, D., Wahyuni, S., & Reswita, R. (2021). PELATIHAN PERENCANAAN DAN PENERAPAN MEDIA LOOSE PARTS DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BAGI GURU PAUD SE KECAMATAN RUMBAI PESISIR. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 4(2).

Kemendikbud, Dirjen PAUD, Non-Formal dan Informal. Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD, Non-Formal dan Informal 2013. Komunikasi Dalam Pengasuhan. Jakarta

Larsen Diane and Freeman. 2000. Techniques and Principles in Language Teaching. Oxford

Mei , Yin Yong & Yu-jing, J., (2000). From using games in an EFL class for children. Daejin University ELT Research Paper. Fall, 2000. http://english.daejin.ac.kr/~rtyson/fall2000/elt/games.html retrieved 20 February 2010 retrieved 20 February 2010.

Rimm, Sivia. 2003. Mendidik dan Menerapkan Disiplin Pada Anak Prasekolah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Sujiono, Nurani Yuliani. 2011. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka

Downloads

Published

2021-11-30