Workshop Permainan Tradisional Sebagai Bahan Ajar Guru Pendidikan Jasmani Di MGMP Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31851/dedikasi.v5i1.7158Abstract
Seiring berkembangnya zaman, berkembang pula metode pembelajaran didunia pendidikan. Namun, bukan berarti metode pembelajaran yang lama harus ditinggalkan begitu saja, guru diharapkan dapat berinovasi dan kreatif dalam mengembangkan pembelajaran khususnya bahan ajar yang dapat guru gunakan pada setiap pertemuan pada setiap pembelajaran pendidikan jasmani, pada zaman era Globalisasi seperti sekarang dunia pendidikan pun ikut bersaing untuk dapat menghasilkan siswa-siswa yang kompeten. Untuk Menghasilkan Siswa-siswa yang berkompeten, guru pun harus dapat kreatif dan inovatif dalam mengembangkan pembelajarannya khususnya bahan ajar agar siswa dapat tertarik dan juga bersemangat dalam mengikuti pelajaran yaitu pembelajaan pendidikan jasmani yang tidak mempunyai ruang dan dinding, pada masa pandemic seperti ini juga guru dituntuk dapat berinovatif dan kreatif dalam memberikan materi pembelajaran yang dikemas secara menarik dan dapat diterima siswa, salah satunya memalui permainan tradisional mengingat banyak anak-anak yang sudah melupakan permainan dilapangan dan beralih pada permainan digital, oleh karena itu dalam workshop ini akan mengembangkan dan menggabungkan antara pembelajaran melalui bahan ajar permainan tradisional melalui pembelajaran offline dan online.
Â
Â
References
Anggraeni, N. M., & Abdulgani, N. (2013). Pengaruh Pemberian Pakan Alami dan Pakan Buatan Terhadap Pertumbuhan Ikan Betutu (Oxyeleotris marmorata) pada Skala Laboratorium. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 2(2), 197–201.
Aryatama, B. (2021). KONDISI FISIK KLUB OLAHRAGA PRESTASI CABOR ATLETIK PURBOLINGGO. SPORT SCIENCE AND EDUCATION JOURNAL, 2(2).
Efendi, A. (2018). Indonesian Journal of Primary Education Pembelajaran Stem Berbasis Outbound Permainan Tradisional. 2(2), 40–47.
Lapisa, R., Basri, I. Y., Arif, A., & Saputra, H. D. (2017). Peningkatan Kompetensi Siswa Melalui Pelatihan Auto Cad. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(2), 119–126. https://doi.org/10.24036/invotek.v17i2.82
Lubis, M. R., & Permadi, A. G. (2020). Perbedaan Pengaruh Latihan Imagery Dan Tanpa Latihan Imagery Terhadap Peningkatan Kemampuan Shooting Game Atlet Petanque Undikma. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 101–106. https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1114
Nasrulloh, A., Prasetyo, Y., & Apriyanto, K. D. (2018). Dasar-dasar Latihan Beban. UNY Press, 1–140.
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.
Periansyah, P., Kristina, P. C., & Kurnia, M. (2022). Penerapan Latihan Wall Pass Terhadap Peningkatan Passing Jarak Pendek Menggunakan Kaki Bagian Dalam Pada Permainan Sepakbola Siswa Ekstrakurikuler SMP Negeri 10 Palembang. JOLMA, 2(1), 18–27.
Priyono, R. E., & Yudi, A. A. (2018). Pengaruh Latihan Plyometric Terhadap Jauhnya Tendangan Long Pass. Jurnal Patriot, 554–564.
Sari, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli. Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 2(1), 231–235.
Shalikhah, N. D. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire sebagai Inovasi Pembelajaran. Warta LPM, 20(1), 9–16. https://doi.org/10.23917/warta.v19i3.2842
Sufriyanto, A., & Putra, Y. Y. (2019). Pengaruh Latihan Imagery Mental Terhadap Kepercayaan Diri Atlet Sepakbola Kabupaten Kerinci. Universitas Negeri Padang, 0, 1–12.
Sukar, N., Priambodo, A., & Nurkholis, N. (2019). Pengaruh Latihan Imagery dan Self Talk Terhadap Percaya Diri dan Konsentrasi Pada Siswa Ekstrakurikuler Bola Voli SMP N 51 Surabaya. Jendela Olahraga, 4(1), 49–54. https://doi.org/10.26877/jo.v4i1.2991
Ulfah, A. A., Dimyati, D., & Putra, A. J. A. (2021). Analisis Penerapan Senam Irama dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1844–1852. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.993
Wijaya Kuswanto, C., & Dinda Pratiwi, D. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Jasmani untuk Anak Usia Dini Berbasis Tematik (Development of Thematic-Based Physical Education Teaching Materials for Early Childhood). Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 55–68.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following conditions:The author has the copyright and entitles the journal to the first publication with works that are licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution CC BY License which allows others to share their work with the recognition of the authorship of the work and initial publications in this journal.
Â
The author can make separate additional contract agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to the institutional repository or publishing them in a book), with recognition of the initial publication in this journal.
Â
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the delivery process because it can lead to productive exchanges, as well as quotes that are earlier and larger than published works