Publikasi Artikel Ilmiah dan Jurnal Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Wilayah Kecamatan Betung

Authors

  • Bukman Lian Universitas PGRI Palembang
  • Muhammad Juliansyah Putra Universitas PGRI Palembang
  • Alhadiyan Putra Universitas PGRI Palembang
  • Dian Eka Amrina Universitas PGRI Palembang
  • Henni Riyanti Universitas PGRI Palembang
  • Amiruddin Amiruddin Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v5i2.9301

Keywords:

Artikel Ilmiah, Publikasi Jurnal

Abstract

Artikel ilmiah memiliki kontribusi yang penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan kualitas individu. Bagi seorang pendidik, artikel ilmiah merupakan hal yang dibutuhkan dalam peningkatan kualifikasi jenjang jabatan yang diajukan. Namun masih banyak pendidik dan tenaga kependidikan yang masih asing dan mengalami kesulitan dalam menulis dan mempublikasikan artikel ilmiah. Berdasarkan hal tersebut maka penting untuk mengenalkan teknik publikasi artikel ilmiah dan jurnal bagi pendidik melalui kegiatan sosialisasi. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu untuk meningkatkan pemahaman pendidik mengenai publikasi artikel ilmiah dan jurnal. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu metode ceramah untuk menjelaskan materi mengenai artikel ilmiah dan publikasinya ke dalam jurnal, diskusi interaktif mengenai hal-hal yang kurang dimengerti saat kegiatan berlangsung, dan demonstrasi bagaimana mencari jurnal yang baik dan mengsubmit artikel ilmiah. Sasaran kegiatan pengabdian ini yaitu pendidik dan tenaga kependidikan di wilayah kecamatan Betung yaitu sebanyak 69 orang. Peningkatan pemahaman pendidik dan tenaga kependidikan mengenai publikasi artikel ilmiah dan jurnal diukur dengan menggunakan pretest dan posttest.

References

Farid, M. (2017). Menulis Artikel Ilmiah: Proses Menemukan Ide Hingga Publikasi.

Gunawan, I., Triwiyanto, T., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi para guru sekolah menengah pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 128-135.

Hidayat, D. Sumirat, dkk. (2019). Pemanfaatan sumber pustaka dan perangkat penunjang publikasi ilmiah (1 st ed). Jakarta: Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Kasiyan, K., Zuhdi, B. M., Hendri, Z., Handoko, A., & Sitompul, M. (2019). Pelatihan penulisan karya ilmiah untuk peningkatan profesionalisme guru. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 47-53.

Nurgiansah, T. H. (2020). Pelatihan penulisan artikel ilmiah bagi mahasiswa PPKn Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16-23.

Rizhardi, R., Ayu, I. R., Irawan, D. B., Ifnuari, M. R., & Jannah, U. R. (2022). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Untuk Menjadikan Guru Sekolah Dasar Profesional. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 5(1), 94-98.

Saputra, Andi. (2020). Pemanfaatan Science and Technology Index (SINTA) untuk Publikasi Karya Ilmiah dan Pencarian Jurnal Nasional Terakreditasi. Media Pustakawan, 27 (1), Hal. 56-68.

Widagdo, A., & Susilo, S. (2018). Pelatihan penulisan artikel ilmiah bagi guru-guru SD di kecamatan Kendal. Abdimas Unwahas, 3(1).

Downloads

Published

2022-10-03