Pendampingan Penulisan Artikel Jurnal Terindeks Dengan Zotero Untuk Guru SMP Negeri 15 Malang

Authors

  • Didin Widyartono Universitas Negeri Malang
  • Taufik Dermawan Universitas Negeri Malang
  • Dwi Sulistyorini Universitas Negeri Malang
  • Kusubakti Anjani Universitas Negeri Malang
  • Helmi Muzaki Universitas Negeri Malang

Keywords:

menulis, artikel jurnal, Zotero, guru SMPN

Abstract

Untuk membina karier kepangkatan dan profesionalisme, guru harus membuat artikel yang dimuat di jurnal ilmiah. Berdasarkan hasil wawancara, kesulitan guru SMPN 15 Malang dalam menulis artikel ilmiah adalah motivasi, waktu, teknik penulisan, kurang melek teknologi, hingga sumber referensi. Oleh karena itu, guru perlu didampingi dalam menulis artikel ilmiah di jurnal terindeks. Agar lebih mudah, kegiatan penulisan dilakukan dengan aplikasi reference manager, Zotero. Metode pelaksanaan kegiatan pendampingan penulisan artikel ilmiah berbasis manajer referensi dilaksanakan dengan tahapan berikut: (a) persiapan strategi kegiatan observasi di SMPN 15 Malang, (b) pendampingan penulisan artikel ilmiah berbasis manajer referensi untuk guru SMPN 15 Malang, dan (c) refleksi kegiatan dengan  rincian sebagai berikut. Kegiatan dilakukan melalui sinergi lima dosen dengan dua mahasiswa untuk 49 guru SMPN 15 Malang. Hasil kegiatan yakni berupa draf pendampingan penulisan artikel jurnal terindeks dengan aplikasi Zotero yang sengajar dipilih berdasarkan kebutuhan guru dan kesederhanaan fitur aplikasi. Kegiatan ini rencananya akan ditindaklanjuti secara luring dan daring untuk menyempurnakan draf artikel yang selanjutnya akan dikirim ke jurnal terindeks yang berbasis Online Journal System (OJS).

 

References

DAFTAR PUSTAKA

Gatten, R. (2010). A case study in reference list accuracy. New Library World, 111(1/2), 16–25.

Guo, J. (2019). The use of an extended flipped classroom model in improving students’ learning in an undergraduate course. Journal of Computing in Higher Education, 31(2), 362–390. https://doi.org/10.1007/s12528-019-09224-z

Hardiningrum, I. S. 2018. Variabel-Variabel yang Mempengaruhi Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Gugus 07 Kota Kediri. Jurnal Aplikasi Administrasi, 19(2), 121-129.

Hui, Y. K., Li, C., Qian, S., & Kwok, L. F. (2019). Learning engagement via promoting situational interest in a blended learning environment. Journal of Computing in Higher Education, 31(2), 408–425. https://doi.org/10.1007/s12528-019-09216-z

Ibrahim, M. M., & Nat, M. (2019). Blended learning motivation model for instructors in higher education institutions. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 16(1), 12. https://doi.org/10.1186/s41239-019-0145-2

Izzah, N., & Lubis, R. H. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Manajemen Referensi Zotero. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 4(3), 239–246. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v4i3.1042

Karimnia, A. 2013. Writing Research Articles in ENGLISH: Insights from Iranian University Teachers’ of TEFL. Akdeniz Language Studies Conference 2012. Procedia - Social and Behavioral Sciences, hlm. 901914.

Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 84 Tahun 1993 Tentang Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya.

Komara, A. 2017. Menulis Artikel dan Karya Ilmiah, (Online), (http://www.lpmpjateng. go.id/web/index.php/arsip/artikel/174- menulisartikel-dan-karya-ilmiah), diakses 12 Januari 2017.

Kundu, D. K. (2018). HOW TO WRITE RESEARCH ARTICLE FOR A JOURNAL: TECHNIQUES AND RULES. DAMPAK: Jurnal Penelitian Internasional, 11.

Kratochvíl, J. (2017). Comparison of the Accuracy of Bibliographical References Generated for Medical Citation Styles by EndNote, Mendeley, RefWorks and Zotero. Journal of Academic Librarianship, 43(1), 57–66. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2016.09.001

Ming, K. E. (2019). HOW TO WRITE A JOURNAL ARTICLE?.1(2), 3. University of Malaya. https://www.researchgate.net/publication/26498020

Monk, E. F., Guidry, K. R., Pusecker, K. L., & Ilvento, T. W. (2019). Blended learning in computing education: It’s here but does it work?

Education and Information Technologies. https://doi.org/10.1007/s10639- 019-09920-4

Nguyen, V. A. (2017). A peer assessment approach to project based blended learning course in a Vietnamese higher education. Education and Information Technologies, 22(5), 2141–2157. https://doi.org/10.1007/s10639-016-9539-0

Noorjannah, L. 2015. Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1).

Qudsi, J., Anas, A. S., Juliansyah, A., Maulachela, A. B., Ardi, R. F. P., Hidayat, S., Kumoro, D. T., Hasanah, U., & Putra, S. J. (2021). Peningkatan Kompetensi Penulisan Artikel Ilmiah Kepada Guru-Guru Di Wilayah Kabupaten Lombok Barat. Bakti Sekawan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 21–24.

Downloads

Published

2023-03-06