PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL PADA MATERI HUKUM ARCHIMEDES
DOI:
https://doi.org/10.31851/luminous.v4i1.10515Keywords:
discovery learning, archimedes, laboratorium, perangkat pembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran fisika model discovery learning berbasis Rumah Belajar (Laboratorium Virtual) pada materi Hukum Archimedes yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika. Metode penelitian ini menggunakan pengembangan R&D jenis 4D yang meliputi define, design, develop, dissaminate. Instrumen yang digunakan adalah angket uji validasi perangkat pembelajaran. Validatornya adalah validator ahli dan validator praktisi. Validator ahli yaitu salah satu dosen Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Yogyakarta. Kemudian validator praktisi yaitu salah satu guru Fisika SMA. Hasil validasi dari penelitian ini menunjukkan (1) RPP memperoleh rata-rata validasi 89,15% kategori sangat layak; (2) LKPD memperoleh rata-rata validasi 89,12% kategori sangat layak; dan (3) Instrumen Penilaian Pengetahuan memperoleh rata-rata validasi 82,00% kategori sangat layak. Dari hasil penilaian validator diperoleh bahwa perangkat pembelajaran fisika model discovery learning berbasis Rumah Belajar (Laboratorium Virtual) pada materi Hukum Archimedes sangat layak digunakan dalam pembelajaran fisika bagi peserta didik SMA.
References
Ali, M., & Setiani, D. D. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Konsep Jamur. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2):59-63. https://doi.org/10.34289/277895
Dewi, S.M., Harjono, A., & Gunawan. (2016). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan simulasi virtual terhadap penguasaan konsep dan kreativitas fisika siswa SMAN 2 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(3), 123-128.
Gunawan, G., Harjono, A., Sahidu, H., & Herayanti, L. (2017). Virtual Laboratory to Improve Students’ Problem-Solving Skills on Electricity Concept. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 6(2): 257-264.
Glourlay, H. (2017). Learning About A Level Physics Student’s Understanding of Particle Physics Using Concept Mapping. IOP Science, 52, 1-9.
Juniantari, M. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Pendidikan Karakter dengan Model Treffinger Bagi Siswa SMA. Journal of Education Technology. 1(2): 71-76. https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11742
Lisma, dkk. (2017). Penerapan Model Learning Cycle (LC) 7E Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Aspek Menafsirkan dan Menyimpulkan Pada Materi Kalor Kelas X SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 2(2):35-37. https://dx.doi.org/10.26737/jipf.v2i2.228
Muryani, A. D., & Rochmawati. (2015). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning yang Berbantuan dan Tanpa Berbantuan Lembar Kerja Siswa. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 3(2).
Purwanto, N. (2010). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sholikhan. (2017). Understanding Concepts through Inquiry Learning Strategy. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME). 7(1): 97-102.
Tawil, M., & Dahlan, A. (2017). Developing Students’ Creativity through Computer Simulation Based Learning in Quantum Physics L earning. International Journal of Environmental and Science Education. 12(8): 1829-1845.
Widodo, L., Yulianti, L., & Parno. (2018). Penguasaan Konsep pada Hukum Archimedes Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 3(6):745-750.
Yusrizal. (2016). Analysis of Difficulty Level of Physics National. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(1), 140–149. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i1.5803.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.