E-Modul Interaktif Materi Kalor untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Rosalita Wahab Universitas Khairun
  • Saprudin Universitas Khairun
  • Rahim Achmad Universitas Khairun

DOI:

https://doi.org/10.31851/luminous.v4i1.10967

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan produk e-modul interaktif materi kalor serta menyelidiki dampak penggunaannya pada hasil belajar peserta didik sekolah menengah pertama (SMP). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mngikuti tahapan ADDIE yang melibatkan 3 validator ahli media, 3 validator ahli materi, 3 validator ahli bahasa, 4 guru fisika dan 15 orang siswa pada salah satu SMP. Data penelitian meliputi data hasil validasi produk, data hasil belajar siswa dan data tanggapan siswa yang dikumpulkan melalui instrumen lembar validasi, tes tertulis dengan soal-soal pilihan ganda dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul interaktif materi kalor dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu, siswa memberikan tanggapan yang baik terhadap penggunaan e-modul interaktif dalam pembelajaran.

Author Biographies

Rosalita Wahab, Universitas Khairun

Program Studi Pendidikan Fisika

Saprudin, Universitas Khairun

Pendidikan Fisika, Universitas Khairun

Rahim Achmad, Universitas Khairun

Pendidikan Fisika, Universitas Khairun

Downloads

Published

31-01-2023

How to Cite

Wahab, R., Saprudin, S., & Achmad, R. (2023). E-Modul Interaktif Materi Kalor untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 33–38. https://doi.org/10.31851/luminous.v4i1.10967