E-Modul Interaktif Materi Kalor untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama
DOI:
https://doi.org/10.31851/luminous.v4i1.10967Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan produk e-modul interaktif materi kalor serta menyelidiki dampak penggunaannya pada hasil belajar peserta didik sekolah menengah pertama (SMP). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mngikuti tahapan ADDIE yang melibatkan 3 validator ahli media, 3 validator ahli materi, 3 validator ahli bahasa, 4 guru fisika dan 15 orang siswa pada salah satu SMP. Data penelitian meliputi data hasil validasi produk, data hasil belajar siswa dan data tanggapan siswa yang dikumpulkan melalui instrumen lembar validasi, tes tertulis dengan soal-soal pilihan ganda dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul interaktif materi kalor dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu, siswa memberikan tanggapan yang baik terhadap penggunaan e-modul interaktif dalam pembelajaran.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.