INSTRUMEN TES HIGHER ORDER THINKING SKILLS MATERI KESETIMBANGAN BENDA TEGAR
DOI:
https://doi.org/10.31851/luminous.v4i1.11211Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills, HOTS) siswa SMA di Indonesia dan juga jarangnya ketersediaan instrumen tes HOTS yang dapat digunakan oleh guru dalam melatihkan ke siswa sehingga menyelesaikan soal bertipe HOTS akan menjadi kebiasaan bagi siswa. Penelitian research and development (R&D) ini dilakukan untuk mendapatkan instrumen tes HOTS materi kesetimbangan benda tegar yang valid dan reliabel. Hasil pengujian konten oleh ahli dan responden didapatkan instrumen tes dengan jumlah soal pilihan ganda 23 soal yang memiliki validitas dan relibilitas yang sangat baik, dengan distribusi tingkat kesukaran soal yang normal dan distribusi soal aspke C4, C5 dan C6 masing-masing 47,8%, 30,4% dan 21,7%. Dari hasil uji skala kecil dan uji skala besar diperoleh rerata kemampuan responden untuk menjawab benar instrumen tes yang dikembangkan ini berturut-turut 64,2% dan 63,5%. Dengan demikian, instrumen tes HOTS materi kesetimbangan benda tegar ini dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.