INSTRUMEN TES HIGHER ORDER THINKING SKILLS MATERI KESETIMBANGAN BENDA TEGAR

Authors

  • Maya Puspita Sari Jurusan Fisika Universitas Negeri Semarang
  • Masturi Jurusan Fisika Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31851/luminous.v4i1.11211

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills, HOTS) siswa SMA di Indonesia dan juga jarangnya ketersediaan instrumen tes HOTS yang dapat digunakan oleh guru dalam melatihkan ke siswa sehingga menyelesaikan soal bertipe HOTS akan menjadi kebiasaan bagi siswa. Penelitian research and development (R&D) ini dilakukan untuk mendapatkan instrumen tes HOTS materi kesetimbangan benda tegar yang valid dan reliabel. Hasil pengujian konten oleh ahli dan responden didapatkan instrumen tes dengan jumlah soal pilihan ganda 23 soal yang memiliki validitas dan relibilitas yang sangat baik, dengan distribusi tingkat kesukaran soal yang normal dan distribusi soal aspke C4, C5 dan C6 masing-masing 47,8%, 30,4% dan 21,7%. Dari hasil uji skala kecil dan uji skala besar diperoleh rerata kemampuan responden untuk menjawab benar instrumen tes yang dikembangkan ini berturut-turut 64,2% dan 63,5%. Dengan demikian, instrumen tes HOTS materi kesetimbangan benda tegar ini dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA.

Downloads

Published

29-01-2023

How to Cite

Sari, M. P., & Masturi. (2023). INSTRUMEN TES HIGHER ORDER THINKING SKILLS MATERI KESETIMBANGAN BENDA TEGAR. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 39–46. https://doi.org/10.31851/luminous.v4i1.11211