PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTERACTIVE LECTURE EXPERIMENT (ILE) BERBANTUAN MEDIA SIMULASI VIRTUAL TERHADAP PENURUNAN KUANTITAS SISWA YANG MISKONSEPSI PADA MATERI LISTRIK DINAMIS

Authors

  • Minarni Minarni
  • Yudi Kurniawan
  • Riski Muliyani

DOI:

https://doi.org/10.31851/luminous.v1i1.3441

Keywords:

Interactive Lecture Experiment, Media Simulasi Virtual, Miskonsepsi Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Interactive Lecture Experiment (ILE) berbantuan media simulasi virtual terhadap penurunan kuantitas siswa yang miskonsepsi pada materi Listrik Dinamis. Dalam penelitian ini terdapat tujuh miskonsepsi pada sub materi Listrik Dinamis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah satu kelas dari keseluruhan siswa kelas X yang terdapat di SMA Negeri Kota Singkawang yaitu sebanyak 30 orang, dengan tes diagnostik berbentuk pilihan ganda menggunakan format three tier-test (TTT). Hasil uji statistik yaitu dengan menggunakan rumus Descreasing Quantity Students Misconception (DQM) yang menunjukan konsep listrik dinamis yang mengalami penurunan kuantitas siswa yang miskonsepsi dengan persentase terbesar (76%) yaitu “arus listrik adalah muatan positif yang mengalir dalam konduktor dari kutub positif baterai menuju kutub negatif bateraiâ€, dan model pembelajaran ILE berbantuan media simulasi virtual ini dapat menurunkan kuantitas siswa yang miskonsepsi dengan rata-rata 46,3% berkategori sedang. Diharapkan untuk peneliti selanjutnya menggunakan model ILE dalam melaksanakan eksperimen menggunakan kelompok belajar kecil supaya dalam pembelajaran selanjutnya peneliti akan lebih mudah mengawasi siswa dalam bereksperimen dan akan lebih mudah dalam pengambilan data.

References

Hikmat; Tayubi, Yuyu. R; Purwana, Unang; dan Suhandi, Andi. 2014. Strategi Konflik Kognitif Berbantuan Media Simulasi Virtual Dalam Pembelajaran Fisika Berorientasi Pengubahan Konseptual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Menurunkan Kuantitas Siswa Yang Miskonsepsi. Prosiding Pertemuan Ilmiah XXVIII HFI Jateng & DIY, Yogyakarta, 342-347.

Kurniawan, Yudi. 2016. Pengaruh Penerapan Interactive Lecture Demonstration (ILD) Berorientasi Connceptual Change Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Penelitian Pendidikan, ejournal.upi.edu, 61-68.

Kurniawan, Yudi., Andi Suhandi., and Lilik Hasanah. 2016. The influence of implementation of interactive lecture demonstrations (ILD) conceptual change oriented toward the decreasing of the quantity students that misconception on the Newton’s first law. AIP Conference Proceedings. Eds. Topik Hidayat, et al. Vol. 1708. No. 1. AIP Publishing. 1-5. doi.org/10.1063/1.4941180.

Milner-Bolotin, Marina; Kotlicki, Andrzej and Rieger, Georg. 2007. Can Students Learn From Lecture Demonstrations?. The Role and Place of Interactive Lecture Experiments in Large Introductory Science Courses. Journal of College Science Teaching, 45-49.

Moll, Rachel F and Milner-Bolotin, Marina. 2009. The Effect of Interactive Lecture Experiments on Student Academic Achievement and Attitudes Towards Physics. NRC Research Press Journal Physics 87, 197-198. doi:10.1139/P09-048.

Muna, I. Auliyatul. 2015. Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa PGMI Pada Konsep Hukum Newton Menggunakan Certainty of Response Index (CRI). Administrasi Pendidikan. Cendikia 13 (2), 312-322.

Pebriyanti, Dwi; Sahidu, Hairunnisyah dan Sutrio. 2015.

Efektifitas Model Pembelajaran Perubahan Konseptual Untuk Mengatasi Miskonsepsi Fisika Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Praya Barat Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 1 (1), 92-96.

Suniati, N. M. Sari; Sadia, Wayan; dan Suhandana, A. 2013. Pengaruh Implementasi Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Multimedia Interakif Terhadap Penurunan Miskonsepsi. e-Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Program Studi Administrasi Pendidikan 4 (1), 1-13.

Suparno, P. 2005. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep Dalam Pendidikan Fisika. Yogyakarta.

Downloads

Published

16-01-2020

How to Cite

Minarni, M., Kurniawan, Y., & Muliyani, R. (2020). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTERACTIVE LECTURE EXPERIMENT (ILE) BERBANTUAN MEDIA SIMULASI VIRTUAL TERHADAP PENURUNAN KUANTITAS SISWA YANG MISKONSEPSI PADA MATERI LISTRIK DINAMIS. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.31851/luminous.v1i1.3441