PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING (DLPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI BENCANA ALAM

Authors

  • indriyani indriyani
  • Mochammad Ahied
  • Irsad Rosidi

DOI:

https://doi.org/10.31851/luminous.v1i1.3442

Keywords:

pemecahan masalah, DLPS, bencana alam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi bencana alam SMP kelas VII melalui penerapan model pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS). Data-data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data tentang kemampuan pemecahan masalah siswa melalui tes uraian dalam bentuk pretest dan postest, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran guru, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah siswa pada nilai pretest adalah 50,90 yang tergolong kategori rendah, sedangkan rata-rata nilai posttest siswa adalah 79,49 dengan kategori tinggi. Hasil persentase keterlaksanaan pembelajaran guru adalah 78,23% dengan kriteria sangat baik. Adapun hasil angket respon siswa terhadap proses pembelajaran mencapai 87,08% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi bencana alam.

References

Budiyanto, A. K. 2016. Sintaks 45 Metode Pembelajaran dalam Student centered Learning (SCL). Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Huda, M. 2013. Model – Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Manap, S. Dkk. 2014. Interpersonal Skill (tips membangun komunikasi dan Relasi) Bandung : Mujahid Press

Marnita. 2013. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Melalui Pembelajaran Kontekstual pada Mahasiswa Semester I Materi Dinamika. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Vol 3, No 1.

Nuraini, dkk.2016. Analisis Permasalahan Guru Terkait Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Inquiry dan Permasalahan Siswa Terkait Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Biologi di SMA. Jurnal Pengajaran MIPA Volume 18, No. 1.

Priansa, D. J. 2016. Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran. Bandung: Harmoni.

Rosidi, I. 2015. Pengembangan Perangkat pembelajaran IPA Terpadu Tipe Integrated untuk Mengetahui Ketuntasan Hasil Belajar IPA Siswa SMP pada Topik Pengelolaan Lingkungan. Jurnal Pena Sains Vol 2 No. 1.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Suyono dan Hariyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wisudawati, A. W. & Eka S. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

16-01-2020

How to Cite

indriyani, indriyani, Ahied, M., & Rosidi, I. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING (DLPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI BENCANA ALAM. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 8–19. https://doi.org/10.31851/luminous.v1i1.3442