PENGARUH MEDIA LECTORA INSPIRE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI DIFRAKSI DAN INTERFERENSI GELOMBANG MEKANIK KELAS XI SMA

Authors

  • Lutfiana Dewi
  • Susilawati Susilawati
  • Wawan Kurniawan

DOI:

https://doi.org/10.31851/luminous.v1i1.3443

Keywords:

media lectora inspire, berpikir kritis, difraksi dan interferensi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Lectora Inspire untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran Difraksi dan Interferensi Gelombang Mekanik kelas XI program MIPA di SMA N 1 Kayen. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen pre-test post-test control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA N 1 Kayen. Sampel penelitian dipilih secara acak. Didapatkan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data berupa teknik dokumentasi data, metode tes dan angket. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media Lectora Inspire terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Difraksi dan Interfrensi Gelombang Mekanik Kelas XI SMA N 1 Kayen Tahun Pelajaran 2018/2019.

References

Arsyad, Azhar . 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persad.

Ennis, R. H. 2011.The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositionsand Abilitiesi.Emeritus Professor, University of IllinoisLast Revised.

Fisher, Alec. 2009. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Surabaya: Erlangga.

Gok, T.& Silay, I. 2008. Effect problem Solving Strategy Teaching on the Problem- Solving Atitude of CooperatingLearning groupin Physics educatiuon. Juornal of Theory and practice in Education, 4(2):253-266.

Heong, Y.M., Othman, W.D., Md Yunos, J., Kiong, T.T., Hassan, R., & Mohamad, M.M. 2011. The Level of Marzano Higher Order Thinking Skills Among Technical Education Students. International Journal of Social and Humanity, Vol. 1, No. 2: 121-125.

Kurniawan, A.2016. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Software Lectora Inspire Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar FisikaSiswa . Universitas Muhammadiyah Purworejo. 99.

Mas’ud, Muhamad. 2012. Tutorial Lectora 1 Membuat Multimedia Pembelajaran dengan Lectora. Yogyakarta: Pustaka Shonif.

Perdani, W., Santoso, S & Ramli, M. 2014. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Model Inkuiri pada Materi Sistem Indera Kelas XI MIA 6 SMA N 4 Surakata Tahun Pelajaran 2014/2015.SP-005-5.

Renjani, MKD., Susilawati & Khoiri, N. 2018. Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA melalui Model Pembelajaran CLIS (Children Learning in Science) Berbantuan LKS pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9 (1): 21-27

Riyanti, da Wawan Kurniawan. 2009. Peningkatan Hasil Belajar Ipa-Fisika Melalui Permainan Monopoli Bagi Siswa Kelas Viii A Smp Negeri 2 Gajah Demak Semester Genap Tahun Pelajaran 2008/2009. JP2F, Volume 1 Nomor 1 April 2010.

Rusman, 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kenacana.

Sanjaya, W. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan . Jakarta: Prenadamedia Group.

Sadiman, arif S. Dkk. 2011. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali pers.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilawati, Wijayanto, Khoiri, N., Masturi & Xaphakdy. 2018. Learning Experience of Pre-service Physics Teachers in Developing Simple Project Loaded by Life Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7 (1): 122-129

Susilawati, dan Nyoman Sridana. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Tadris IPA Biologi FITK IAIN Mataram. Volume VIII, Nomor 1.

Downloads

Published

16-01-2020

How to Cite

Dewi, L., Susilawati, S., & Kurniawan, W. (2020). PENGARUH MEDIA LECTORA INSPIRE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI DIFRAKSI DAN INTERFERENSI GELOMBANG MEKANIK KELAS XI SMA. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.31851/luminous.v1i1.3443