PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA SMA

Authors

  • Dea Tirsa Yolanda
  • Patricia Lubis
  • Sugiarti Sugiarti

DOI:

https://doi.org/10.31851/luminous.v1i1.3444

Keywords:

Contextual Teaching And Learning, Alat Peraga, Pemahaman Konsep Fisika

Abstract

Masalah dalam penelitian adalah rendahnya pemahaman konsep Fisika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning berbantuan alat peraga terhadap pemahaman konsep Fisika siswa SMA Negeri 11 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan menggunakan desain nonrandomized control group pretest-postest design. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive sehingga diperoleh kelas XI.IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI.IPA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data tes menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data tes diperoleh nilai rata-rata pos-test kelas eksperimen sebesar 86,24 sedangkan kelas kontrol 70,48. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5% diperoleh thitung > ttabel yakni 12,21 > 1,67 maka diartikan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning berbantuan alat peraga terhadap pemahaman konsep Fisika siswa.

References

Achmad Vandian Nur, W. S. (2017). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Guided Note Taking Berbantuan Media Kimmy-Games Terhadap Pemahaman Konsep Kimia Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia , XI, 1910-1920.

Asra, S. &. (2012). Metode Pembelajaran . Bandung: CV Wacana Prima.

Bunyamin Cokera, H. C. (2010). Conceptions of Students about renewable energy sorces: a need to teach based on contextual approaches. Procedia Social Behavioral Sciences , 2, 1488-1492.

Halim, E. S. (2016). Pembelajaran CTL Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia , IV, 89-95.

Krathwohl, L. W. (2017). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lefudin. (2016). Fisika Modern. Palembang: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Fisika Universitas PGRI Palembang.

M.Hosnan. (2016). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Suastra, M. M. (2013). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran IPA-Fisika di MTS Negeri Negara. e-Journal Program Pascasarjanah Universitas Pendidikan Ganesha , III.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Siswanto, S. (2009). Kompetensi Fisika Kelas XI untuk SMA/MA. Yogyakarta: PT Citra Aji Parama.

Sudjana, N. (2014). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sukardi. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

16-01-2020

How to Cite

Yolanda, D. T., Lubis, P., & Sugiarti, S. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA SMA. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 27–36. https://doi.org/10.31851/luminous.v1i1.3444