PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP

Authors

  • Yulisa Yulisa
  • Lukman Hakim
  • Linda Lia

DOI:

https://doi.org/10.31851/luminous.v1i1.3445

Abstract

Kurangnya pemahaman konsep Fisika siswa berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan video pembelajaran Fisika terhadap pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain the matching-only posttest-only control group design. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 64 siswa yang  terbagi  menjadi  dua  kelas  yaitu  kelas VII3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan berupa tes pemahaman konsep dalam bentuk uraian. Berdasarkan hasil analisa data tes yaitu post-test menunjukkan thitung > ttabel (8,112 > 1,671) dimana terima ho jika thitung < ttabel dan terima ha jika thitung>ttabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran Fisika berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa kelas VII SMP Negeri 43 Palembang.

References

Adnyana, Gede Putra.(2013). Video Eksperimen dan Animasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kimia.Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 46, Nomor 3.hlm.266-277.

Aunnurrahman.(2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Aqib, Zainal. (2016). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Fathurrohman, Muhammad. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fraenkel, Jack, R., Wallen, Norman, E., &Hyun, Helen, H. (2012).How To Design And Evaluate Research In Education. Amerika: McGraw Hill.

Istiqomah., dkk. (n.d). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Suhu dan Kalor Pada Siswa Kelas X Man 1 Palu.Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT). Vol. 5 No. 3.p-ISSN 2338 3240. e-ISSN 2580 5924.

Lia, Linda (2018). Kemampuan Mahasiswa Dalam Membuat Alat Peraga Fisika Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Wahana Didaktika. Vol.16 No.2.222-234.

Lisma dkk .(2017). Penerapan Model Learning Cycle (LC) 7E Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Aspek Menafsirkan dan Menyimpulkan Pada Materi Kalor Kelas X SMA.JIPF.Vol.2 .No.2. Hal 35-37. p-ISSN: 2477-5959. e-ISSN: 2477-8451.

Pujianto., dkk. (2013). Fisika Untuk SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013. Klaten: PT Intan Pariwara.

Puspawati., dkk. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Konkret Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus V Kecamatan Buleleng. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Indonesia.

Rahmatul., dkk. (2015). Video Terjadinya Petir Sebagai Media Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Listrik Statis.Prosiding Seminar Nasional Fisika.Vol IV. p-ISSN: 2339-0654. e-ISSN: 2476-9398.

Sutarto., dkk. (2014). Media Video Kejadian Fisika Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA.Jurnal Pembelajaran Fisika. ISSN: 2301-9794.

Utami, Isti. (2014). Efektivitas Pemanfaatan Media Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Madrasah Aliyah Negeri Wonosobo.Prosiding Pertemuan Ilmiah XXVIII HFI Jateng & DIY, Yogyakarta. ISSN: 0853-0823.

Warsita, Bambang. (2008). Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Wartono., dkk. (2018). Penguasaan Konsep Fisika Disertai Video Dengan Menunggunakan Model Interactive Demonstration (Levels Of Inquiry). JFI.Vo.6 No.2. ISSN: p-ISSN: 2355-5785. e-ISSN: 2550-0325.

Yunita.,& Wijayanti. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. Jurnal LP3M Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta.Vol.3 No.2.

Downloads

Published

16-01-2020

How to Cite

Yulisa, Y., Hakim, L., & Lia, L. (2020). PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 37–44. https://doi.org/10.31851/luminous.v1i1.3445