PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA
DOI:
https://doi.org/10.31851/luminous.v1i1.3446Keywords:
Guided Inquiry, Kemampuan Pemecahan MasalahAbstract
Penelitian ini mempunyai tujuan ada atau tidak pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry berbantuan alat peraga terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika siswa SMA Negeri 10 Palembang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Quasi Experimental Design dengan Posttest Only Control Group Design. Variabel penelitian terdiri dari variabel terikat yaitu kemampuan pemecahan masalah dan variabel perlakuan adalah model pembelajaran Guided Inquiry berbantuan alat peraga.populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 10 Palembang yang berjumlah 256 siswa. Teknik yang digunakan sampling purposive untuk menentukan sampel dengan jumlah 74 siswa yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas XI MIA 2 yang berjumlah 37 siswa sebagai kelas eksperimen akan diberikan perlakuan model pembelajaran guided inquiry berbantuan alat peraga dan siswa kelas XI MIA 3 berjumlah 37 siswa sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes essay dengan jumlah 5 soal. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t pihak kanan dengan taraf signifikan α = 0,05 didapat ttabel sebesar 1,67 dan thitung sebesar 6,34. Berdasarkan hasil perhitungan data artinya ada pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran guided inquiry berbantuan alat peraga terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika siswa SMA Negeri 10 Palembang.References
Ali, M., & Asrori, M. (2014). Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Atrisna, & Lubis, P. (2017). Pengaruh Metode Demonstrasi dengan Menggunakan Alat Peraga Pipa Venturi Terhadap Pemahaman Konsep Fluida Dinamis Kelas XI di SMA Negeri 8 Palembang. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPA 2017 , 52-55.
Azmi, M., Rahayu, S., & Hikmawati. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen dan Diskusi terdapat Hasil Belajar Fisika ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa Kelas X MIPA SMA N 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 86-94.
Ratnaningdyah, D. (2017). Upaya Melatihkan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui Pembelajaran Fisika dengan Model Cooperative Problem Solving. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika , 2.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Syarifudin. (2018). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Yogyakarta: Deepublish.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.