HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN FISIKA : SEBUAH REVIEW
DOI:
https://doi.org/10.31851/luminous.v1i2.4416Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperative Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Pembelajaran Fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah adalah meta-analisis dengan sampel 15 artikel di jurnal terakreditasi. Hasil penelitian artikel review membuktikan adanya pengaruh model  pembelajaran kooperative terhadap dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa.
References
Alam. (2016). Model Kooperatif Teams Games Tournament Disertai Media Kartu Soal Berbentuk Puzzle Dalam Pembelajaran Ipa Fisika Di Smp Negeri 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 141–148.
Ariani. (2017). Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization ( TAI ): Dampak Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 06(2), 169–177. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1802
Darmawati. (2019). "Penerapan Kemampuan Metode Ekspositori Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika". Journal of Elemantary School (JOES), 2(1), 5–9.https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Dede Trie Kurniawan. (2012). "Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Website Interaktif Pada Konsep Fluida Statis Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI". Jurnal Pengajaran MIPA, 19(2), 206–213.
Dinda Tsaniyyah. (2019). "Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Pembelajaran Materi Sel Dengan Model Problem Base Learning Berbantuan Tutor Sebaya". Jurnal Phenomenon, 09(1), 21–35
Fatimah. (2017). "Analisis Pemahaman Konsep IPA Berdasarkan Motivasi Belajar, Keterampilan Proses Sains, Kemampuan Multirepresentasi, Jenis Kelamin, Dan Latar Belakang Sekolah Mahasiswa Calon Guru SD". Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 57–70.
Hakim. (2018). "Pengaruh Metode Demonstrasi Dan Metode Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik (MSPEM) Di Smk Negeri 1 Lubuk Pakam". Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 20(1), 14–23.
Hidayah. (2019). "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Peta Konsep Terhadap Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 2 Siak Hulu Pada Materi Genetika". Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 216–228.
Hardiyanto. (2015). "Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Ekspositori Dengan Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII". Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(4), 249–256.
Komikesari. (2016). "Peningkatan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division". Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 01(1), 15–22.
Lamba. (2006). "Model Stad Dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Sma". Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2), 122–128.
Nova Irwan. (2015). "Efek Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dan Teamwork Skills Terhadap Hasil Belajar Fisika Nova". Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 41–48.
Rasyid. (2015). "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht ( Numbered Heads Together ) Dan Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Di SMPNegeri 2 Poso". E-Jurnal Mitra Sains, 3(1), 61–68.
Rizal. (2016). "Efektivitas Penerapan Metode Ekspositori Berbasis Kuis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Ma’rang Kabupaten Pangkep". Mapan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 4(2), 171–184. https://doi.org/10.24252/mapan.2016v4n2a2
Riskiyah. (2015). "Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share ( TPS ) Disertai Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA 3 Sma Muhammadiyah 3". Jurnal Pendidikan Fisika, 3(4), 355–361.
Sari. (2016). "Penerapan Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Dalam Materi Usaha Dan Energi Ditinjau Dari Gender Siswa Kelas XI IPA Sma Negeri 1 Sungai Ambawang". Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 1(2), 52–58.
Sultan. (2014). Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Inquiry Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas, 4(2), 145–151.
Taufik. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Team Achievement Division ) dengan Metode Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika pada Siswa SMA Negeri 1 Labuapi Tahun Pelajaran 2015 / 2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, II(2), 80–85.
Rasydah. (2017). "Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Dengan Teknik Guided teaching Terhadap Keterampilan Proses Sains". Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(2), 128–136.
Urwati. (2019). "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Hukum Newton Kelas X MA Darul Muhajirin Praya" . Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 203–215.
Wati. (2016). "Effect Size Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together ( NHT) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Fisika". Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 05(2), 213–222. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i2.121
Verawati. (2017). "Pengaruh Model Pembelajaran Ekspositori Berbantuan Scaffolding Dan Advance Organizer Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X". Jurnal Pendidikan Fisika
Yolanda, D. T., Lubis, P., Sugiarti. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 27-36.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.