IDENTIFIKASI PENGETAHUAN STANDARISASI ALAT PRAKTIKUM DAN KETERAMPILAN ASISTEN LABORATORIUM FISIKA DASAR DI UIN WALISONGO SEMARANG

Authors

  • Fenaldi Afik Saputro Pendidikan Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Susilawati Susilawati Pendidikan Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31851/luminous.v1i2.4555

Keywords:

standarisasi alat praktikum, keterampilan kinerja laboratorium, fisika dasar

Abstract

Kualitas pelaksanaan laboratorium akan sangat ditentukan oleh asisten laboratorium yang melakukan pendampingan praktikum. Asisten laboratorium yang melaksanakan tugasnya dengan baik sesuai dengan standar kinerja laboratorium akan meningkatkan kualitas dari suatu laboratoium. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengetahuan asisten laboratorium tentang standarisasi alat praktikum fisika dasar I dan keterampilan kinerja awal pada laboratorium fisika UIN Walisongo Semarang untuk mengetahui kesiapan dari asisten laboratorium dalam melaksanakan pendampingan praktikum. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan data melalui kuisioner dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dinyatakan bahwa pengetahuan asisten laboratorium terkait standar spesifikasi alat diperoleh nilai persentase rata-rata 72,7% dan pengetahuan asisten laboratorium terkait standar penggunaan alat diperoleh nilai persentase rata-rata 91%. Pengetahuan asisten laboratorium terkait standarisasi alat praktikum dipengaruhi oleh pelatihan asisten laboratorium yang merupakan bekal yang mendasar sebelum terjun sebagai pendamping praktikum dan ditambah dengan latihan mandiri dan kelompok asisten fisika dasar dengan arahan dosen pengampu praktikum

References

Berliani, S. (2019). Analisis Standardisasi Laboratorium Dalam Proses Pembelajaran Fisika (Studi Kasus di MAN 4 Aceh Besar). UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Khasanah, N. (2013). Studi Kelengkapan dan Pemanfaatan Alat Praktikum Fisika Kelas X SMA Sebagai Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di Kota Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Mastika, I. N., Adnyana, I. B. P., & Setiawan, I. G. N. A. (2014). Analisis Standarisasi Laboratorium Biologi Dalam Proses Pembelajaran di SMA Negeri Kota Denpasar. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4, 1–10.

Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 24 Tahun 2007 Tentang Standar Sarana dan Prasarana Untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Ali. In Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Menteri Pendidikan Republik Indonesia. (2008). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2008 Tentang Standar Tenaga Laboratorium Sekolah/Madrasah. Jakarta.

Nikmah, S., Hartono, & Sujarwata. (2017). Kesiapan dan Pemanfaatan Laboratorium Dalam Mendukung Pembelajaran Fisika SMA di Kabupaten Brebes. Unnes Physics Education Jurnal, 6(1), 1–8.

Pujani, N. M. (2014). Pengembangan Perangkat Praktikum Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa Berbasis Kemampuan Generik Sains untuk Meningkatkan Keterampilan Laboratorium Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3 (2): 471-484

Putri, D. H., Risdianto, E. & Sutarno. (2017). Identifikasi Keterlaksanaan Praktikum Fisika SMA dan PembekalanKeterampilan Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Enterpreneurship IV, 114-122

Sakti, I. (2011). Korelasi Pengetahuan Alat Praktikum Fisika dengan Kemampuan Psikomotorik Siswa di SMA Q Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, IX(1), 67–76.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sunardiyo, S. (2014). Kinerja Tenaga Laboran dan Teknisi Laboratorium Rekayasa di Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang dan Faktor Faktor Dominan yang Mempempengaruhinya. Invotec, X(2), 121–130.

Susilawati, Khoiri, N., Wijayanto, Masturi & Xaphakdy, S. 2018. Learning Experience of Pre-service Physics Teachers in Developing Simple Project Loaded by Life Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7 (1): 122-129

Susilawati. (2020). Eksplorasi Konten, Keterampilan Argumentasi, Diskusi Ilmiah dan Interaksi Keterampilannya dengan Pengetahuan Konseptual Induksi Magnetik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 11 (1): 69-74

Suwardi. (2016). Efektivitas Pelatihan Asisten Praktikum Dalam Meningkatkan Kompetensi Asisten di Laboratorium Fisika FMIPA Universitas Bengkulu. Integeated Lab Journal, 4(1), 1–10.

Downloads

Published

31-07-2020

How to Cite

Saputro, F. A., & Susilawati, S. (2020). IDENTIFIKASI PENGETAHUAN STANDARISASI ALAT PRAKTIKUM DAN KETERAMPILAN ASISTEN LABORATORIUM FISIKA DASAR DI UIN WALISONGO SEMARANG. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(2). https://doi.org/10.31851/luminous.v1i2.4555

Issue

Section

Articles