IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL PENGETAHUAN KOGNITIF SISWA

Authors

  • Nuayi A.W Jurusan fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universistas Negeri Gorontalo
  • Very Very Jurusan fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universistas Negeri Gorontalo Kota Gorontalo,Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31851/luminous.v1i2.4556

Keywords:

hasil belajar, inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains, pembelajaran fisika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran fisika melalui penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari 4 fase yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi pada setiap siklusnya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Kabila tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 36 orang, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Data dalam penelitian diperoleh melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil data yang diperoleh menunjukkan bahwa persentasi skor rerata semua aspek keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan dari 36,43 dan 33, 42 di siklus pertama menjadi 90,86 dan 92,06 pada siklus kedua. Sedangkan untuk pengamatan aktivitas guru, pada siklus pertama telah terlaksana dengan presentase 87,5 % atau dalam kategori baik, meningkat menjadi 95,83% atau dengan kategori sangat baik pada siklus kedua. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa, hasil belajar kognitif siswa, serta aktivitas guru

References

Ambarsari, Santosa, dan Maridi. (2013). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta. J. Pendidikan Biologi, Vol. 5 (01): 81-95.

Pelita, P. D. (2011). Efektivitas Penggunaan Video Based Laboratory Pada Pembelajaran Konseptual Interaktif Dalam Meningkatkan Pemahaman Grafik dan Keterampilan Berpikir Logis. Jurnal penelitian-pendidikan, Vol. 2 (1): 364-374.

Mutisya, S.M., Rotich, S. & Rotich, P.K. (2013). Conceptual Understanding Of Science Process Skills and Gender Stereotyping: A Critical Component For Inquiry Teaching Of Science In Kenya’s Primary Schools. Journal of Social Science & Humanities, 2(3): 359-369.

Aristianti E, Susanto H & Marwoto P. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Siswa SMA. Unnes Phyasics Journal Vol. 7 (1): (68-72)

Setiasih, S. P. (2016). Penggunaan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-sifat Magnet di Kelas V SDN Sukajaya Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang. Pena Ilmiah , 1 (1), 421-430.

Sukmawati, A. & M. Sari. (20150. Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Pemecahan Masalah Matematika di Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1): 75-83.

Bell, T., Urhahne, D., Schanza, S., & Ploetzner, R. (2013). Collaborative Inquiry Learning: Models, Tools, and Challenges. International Journal of Science Education. 32(3): 349-377.

Jack, G.U. (2013). The Influence of Identified Student and School Variables on Student Science Process Skill Acquisition. Journal of Education and Practice. 4(5): 16-22.

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E., (2000.) Models of Teaching – Sixth Edition. Al¬lyn and Bacon

Azizah N, Indrawati & Harijanto A. 2014. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika Kelas X.C di MAN 2 Jember Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Fisika Vol. 3 No. 3: 235-239.

Nurhudayah M, Lesmono D.A & Subiki. 2016. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiri) dalam Pembelajaran Fisika SMA di Jember. Jurnal pembelajaran fisika Vol.5 (1): 82-88

Rustaman, N.Y. (2005). Perkembangan Penelitian Pembelajaran Berbasis Inkuiri dalam Pendidikan Sains. Makalah seminar Nasional II. Bandung.

Iswatun, I., Mosaik, M. & Subali B. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan KPS dan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Ivovasi Pendidikan IPA, Vol 3 (2):151-160

Kemmis, S & M Spektor-Levy, O., B.S. Eylon, & Z. Scherz. (2009). Teaching scientific communication skills in science studies: does it make a difference?. International Journal of Science and Mathematics Education, Vol.7(5) : 875-903. ctaggart, R. (2005). Participatory Action Research: Handbook of Qualitative Research.

Spektor-Levy, O., Eylon, B.S., & Scherz, Z., (2009). Teaching scientific communication skills in science studies: does it make a difference?. International Journal of Science and Mathematics Education, 7(5) : 875-903.

Juhji. 2016. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA Vol. 2 (1): 60-67.

Riyadi I.P, Prayitno B.A & Marjono. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guide Inquiry) pada Materi Sistem Koordinasi untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Batik 2 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Biologi Vol.2 (2): 81-86

Putra, R.S. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains.Yogyakarta: Diva Press

Brown, B.L. (2002). Improving Teaching Practices Action Research. Dissertation. Blacksburg Virginia.

Nuayi, A.W., Supartin & Buhungo, T.J. (2018). Stimulation Of Pressure On Liquid Concept In STAD Learning Model To Improve Rational Thinking Skills And Learning Outcomes Of Students. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia Vo. 14 (2): 83-91.

Downloads

Published

31-07-2020

How to Cite

A.W, N., & Very, V. (2020). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL PENGETAHUAN KOGNITIF SISWA. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(2). https://doi.org/10.31851/luminous.v1i2.4556

Issue

Section

Articles