PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN PENDEKATAN PROJEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31851/luminous.v1i2.4746Keywords:
physics educationAbstract
Hasil studi pendahuluan di salah satu SMA Negeri di Bandung menunjukkan bahwa pembelajaran fisika masih bersifat informatif. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Proses pembelajaran model NHT dengan pendekatan projek memberikan kesempatan pada siswa untuk saling membagikan ide-ide dan mempertimbangkan jawaban yang paling tepat dalam suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa SMA. Metode penlitian yang digunakan adalah jenis pre-experiment dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Sampel penelitian yaitu kelas X-1. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes berupa pilihan ganda. Dari hasil penelitian menunjukan rata-rata gain ternormalisasi <g> antara pretes dan postes, menghasilkan gain <g> sebesar 0,41, hal ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan kognitif siswa pada kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model numbered head together (NHT) dengan pendekatan projek dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.