Pengembangan Media Pembelajaran Physics Animation (Phytion) Pada Materi Fisika Kuantum

Authors

  • Mohamad Ibnu
  • Andri Suherman
  • Asep Saefullah

DOI:

https://doi.org/10.31851/luminous.v1i2.4806

Keywords:

Penelitian dan pengembangan, physics animation, video animasi, fisika kuantum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media physics animation (phytion) pada materi fisika kuantum. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Reserch and Development) dengan model 4-D yaitu define, design, development dan disseminate. Hasil penelitian untuk mengetahui kelayakan physics animation dilakukan uji validasi oleh ahli materi dan ahli media serta uji coba terbatas pada peserta didik kelas XII. Hasil validasi pada media physics animation (phytion) oleh ahli materi sebesar 97,2% yang dikategorikan sangat layak. dan ahli media sebesar 98.9% yang dikategorikan sangat layak. Serta mendapat respon dari peserta didik dengan kategori sangat layak sebesar 95,1%. Berdasarkan hasil penelitian bahwa media physics animation layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika.

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Paraktek. Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad,A. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Aswara, Sandi, Skripsi, Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Video Untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Konsep Siswa SMA. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2018

Abdul Majid. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru (Bandung: PT.Remaja Rosdakarya,2007), hlm.181

Cheppy Riyana.2007. Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI

Ika Rahma Julianingrum, Binti Muchsini dan wahyu Adi, Model Pembelajaran Artikulasi dengan Media Animasi Powtoon untuk Meningkatakan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntasi Keuangan, Jurnal Pendidikan Akuntasi Vol.2 Nomor 2, (2016), h. 2

Kanginan, M. 2018. Fisika untuk SMA/MA Kelas XII. Jakarta: Erlangga

Liong, H.1982. Konsep Fisika Modern. Jakarta: Erlangga

Maryana,Okky Fajar Tri., dan Yuant Tiandho.2019. Fisika Kuantum. Bandung: Yrama Widya

Maesyarah, Ima Ayu, Skripsi.Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Powton Pada Materi Dinamika Untuk SMA Kelas X. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2018

Prakosa, Gatot. 2010. Pengetahuan Dasar Animasi Indonesia. Jakarta: Fakutas Film dan Kesenian Jakarta

Rusman. 2013. Belajar dari Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung : Alfabeta

Salma. P, Diana Ariani dan Hilman Handoko,Mozaik Teknologi Pendidikan E-Learning(Jakarta:Kencana,2013),h 15.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-ruzz.

Sudarwan, Danim. 1994. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kunatitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kunatitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta

Tipler, A.P. 2004. Fisika untuk Sains dan Teknik. Jakarta: Erlangga

Wibowo. 2012. Evaluasi Pembelajaran Kelas Penggunaan Media Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

31-07-2020

How to Cite

Ibnu, M., Suherman, A., & Saefullah, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Physics Animation (Phytion) Pada Materi Fisika Kuantum. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(2). https://doi.org/10.31851/luminous.v1i2.4806

Issue

Section

Articles