Pengembangan Media Pembelajaran Physics Animation (Phytion) Pada Materi Fisika Kuantum
DOI:
https://doi.org/10.31851/luminous.v1i2.4806Keywords:
Penelitian dan pengembangan, physics animation, video animasi, fisika kuantumAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media physics animation (phytion) pada materi fisika kuantum. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Reserch and Development) dengan model 4-D yaitu define, design, development dan disseminate. Hasil penelitian untuk mengetahui kelayakan physics animation dilakukan uji validasi oleh ahli materi dan ahli media serta uji coba terbatas pada peserta didik kelas XII. Hasil validasi pada media physics animation (phytion) oleh ahli materi sebesar 97,2% yang dikategorikan sangat layak. dan ahli media sebesar 98.9% yang dikategorikan sangat layak. Serta mendapat respon dari peserta didik dengan kategori sangat layak sebesar 95,1%. Berdasarkan hasil penelitian bahwa media physics animation layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika.
References
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Paraktek. Jakarta: Rineka Cipta
Arsyad,A. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Aswara, Sandi, Skripsi, Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Video Untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Konsep Siswa SMA. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2018
Abdul Majid. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru (Bandung: PT.Remaja Rosdakarya,2007), hlm.181
Cheppy Riyana.2007. Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI
Ika Rahma Julianingrum, Binti Muchsini dan wahyu Adi, Model Pembelajaran Artikulasi dengan Media Animasi Powtoon untuk Meningkatakan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntasi Keuangan, Jurnal Pendidikan Akuntasi Vol.2 Nomor 2, (2016), h. 2
Kanginan, M. 2018. Fisika untuk SMA/MA Kelas XII. Jakarta: Erlangga
Liong, H.1982. Konsep Fisika Modern. Jakarta: Erlangga
Maryana,Okky Fajar Tri., dan Yuant Tiandho.2019. Fisika Kuantum. Bandung: Yrama Widya
Maesyarah, Ima Ayu, Skripsi.Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Powton Pada Materi Dinamika Untuk SMA Kelas X. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2018
Prakosa, Gatot. 2010. Pengetahuan Dasar Animasi Indonesia. Jakarta: Fakutas Film dan Kesenian Jakarta
Rusman. 2013. Belajar dari Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung : Alfabeta
Salma. P, Diana Ariani dan Hilman Handoko,Mozaik Teknologi Pendidikan E-Learning(Jakarta:Kencana,2013),h 15.
Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-ruzz.
Sudarwan, Danim. 1994. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kunatitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kunatitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta
Tipler, A.P. 2004. Fisika untuk Sains dan Teknik. Jakarta: Erlangga
Wibowo. 2012. Evaluasi Pembelajaran Kelas Penggunaan Media Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.