PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MENGGUNAKAN LABORATORIUM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DI SMP NEGERI 1 RAMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31851/luminous.v1i2.5108Abstract
Pendekatan contextual teaching and learning (CTL) adalah pendekatan pembelajaran yang mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata, dipadukan dengan kegiatan laboratorium yang menghubungkan antara teori/konsep dan praktek sehingga membuat pemahaman mendalam dan bermakna. Pengumpulan data dilaksanakan pada tanggal 6 Agustus 2018 sampai dengan tanggal 14 Agustus 2018 di SMP Negeri 1 Rambang tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan contextual teaching and learning (CTL) menggunakan laboratorium terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa di SMP Negeri 1 Rambang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rambang yang terdiri dari 4 kelas dan berjumlah 108 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling klaster (sampel berkelompok) dan mengambil 2 kelas dari 4 kelas dari populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dengan pengujian hipotesis menggunakan uji statistik uji-t (uji pihak kanan), dari perhitungan tersebut didapat thitung > ttabel, yaitu 2,51 > 1,67 maka H0 ditolak dan Ha diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendekatan contextual teaching and learning (CTL) menggunakan laboratorium terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa di SMP Negeri 1 Rambang tahun pelajaran 2018/2019.
References
Adiaty, F., Masril, & Hadayati. (2014). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Laboratorium Berbantukan Kit Fisika dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMAN 8 Padang. Pillar of Physics Education. vol. 2, 81-88.
Antika, D., & Arief, A. (2016). Penerapan Pembelajaran Berbasis Laboratorium Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Muhammadiyah 1 Gresik. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), ISSN 2302-4496, 5(3), 230-236.
Ernayeti. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teacing and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Inuman. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Prodi PGSD FKIP Universitas Riau, PISSN 2580-8435, EISSN 2614-1337, 1(1), 129-135.
Hafizah, E., Hidayat, A., & Muhardjito. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Anchored Instruction Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Kelas X. Jurnal Fisika Indonesia, ISSN 1410-2994, vol. 18, 8-12.
Limbong, P. F. (2014). Pengelolaan Laboratorium sekolah (Kasus Laboratorium SMA Unggul Del Tapanuli Utara). Jurnal Pendidikan dan Kepengawasan, ISSN 2442-9422, 2(2), 50-54.
Nurcahyo, A. W., Wartono, & Yuliati, L. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Hukum Gerak Newon Mahasiswa Melalui Pembelajaran Cooperative Problem Solving. Jurnal Pendidikan, EISSN 2502-471X, 2(7) , 963-970.
Prihartanti, D., Yuliati, L., & Wisodo, H. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Konsep Impuls, Momentum, dan Teorema Impuls Momentum. Jurnal Pendidikan, EISSN 2502-471X, 2(8), 1149-1159.
Rohmatin, A., & Budiningarti, H. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Laboratorium untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Alat-alat Optik Kelas X MIA di SMA Negeri 2 Lamongan. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), ISSN 2302-4496, (3), 209-213.
Sabroni, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terdapat Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Semnas Matematika dan pendidikan Matematika (pp. 55-68). Lampung: UIN Raden Intan Lampung.
Sanjaya, W. (2011). Pemblajaran dalam Implementasi kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.
Sari, I. P., Yenni, & Raditya, A. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, PISSN 2579-9827, EISSN 2580-2216, 1(1), 19-32.
Sari, N. T., Ikhsan, M., & Hajidin. (2014). Implementasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Bernuanssa Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTsN. Jurnal Didaktik Matematika, ISSN 2355-4185, 2(1), 46-60.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Taqiyyah, S. A., Subali, B., & Handayani, L. (2017). Implementasi Bahan Ajar Sains Berbahasa Inggris berbasis Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, ISSN 2477-4820, 3(2), 224-234.
Venisari, R., Gunawan, & Sutrio. (2015). Penerapan Metode Mind Mipping pada Model Direct Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika SIswa SMPN 16 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 193-198.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.