PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE TRACKER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.31851/luminous.v3i1.7079Keywords:
Discovery Learning, Software Tracker, Pemahaman KonsepAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan pemahaman konsep peserta didik melalui penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan software tracker. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan yaitu pretest –posttest one group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 26 peserta didik yang terdiri dari satu kelompok yaitu kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pemahaman konsep berupa esai 5 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan rata-rata nilai pretest 54,3 dan posttest 85. Kemudian berdasarkan hasil uji t thitung ≥ ttabel 14.924 ≥ 2.0595. maka ð»0 ditolak dan ð»ð‘Ž diterima.sehingga dapat dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman konsep peserta didik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.