PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE TRACKER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK

Authors

  • Arinanda Amelia Irwan Universitas PGRI Palembang
  • Patricia Hotma Minar Lubis Universitas PGRI Palembang
  • Lefudin Lefudin Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/luminous.v3i1.7079

Keywords:

Discovery Learning, Software Tracker, Pemahaman Konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan pemahaman konsep peserta didik melalui penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan software tracker.  Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan yaitu pretest –posttest one group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 26 peserta didik yang terdiri dari satu kelompok yaitu kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pemahaman konsep berupa esai 5 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan rata-rata nilai pretest 54,3 dan posttest 85. Kemudian berdasarkan hasil uji t thitung ≥ ttabel 14.924 ≥ 2.0595. maka ð»0 ditolak dan ð»ð‘Ž diterima.sehingga dapat dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning  berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman konsep peserta didik.

Downloads

Published

24-01-2022

How to Cite

Irwan, A. A., Lubis, P. H. M., & Lefudin, L. (2022). PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE TRACKER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(1), 27–36. https://doi.org/10.31851/luminous.v3i1.7079