Pengembangan Physics SSP Model Discovery Learning Berbantuan Edmodo untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa: Uji Kelayakan
DOI:
https://doi.org/10.31851/luminous.v3i2.8173Keywords:
Subject Specific Pedagogy, edmodo, discovery learning, minat belajarAbstract
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui kelayakan pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) berupa konten dalam Edmodo berbasis discovery learning yang dirancang dapat meningkatkan minat belajar siswa pada materi interferensi. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D terdiri dari tahap define, tahap design, dan tahap develop terbatas yaitu pengujian kelayakan produk. Instrumen yang digunakan dalam tahap develop terbatas berupa instrumen angket kelayakan produk. Hasil pengisian angket tersebut dianalisis menggunakan metode suksesif interval lalu dikategorikan dalam rentang skor kumulatif kelayakan produk. Hasil penelitian yang diperoleh melalui uji kelayakan isi, penyajian, dan kebahasaan dalam tahap develop terbatas menunjukkan bahwa pengembangan SSP berupa konten dalam Edmodo berbasis discovery learning sangat layak digunakan sebagai alternatif pembelajaran pasca covid-19 dengan penyajian yang dapat membangkitkan minat belajar siswa.
References
R. Miraza, J. Jufrida, and H. Pathoni, “Pengembangan Media E-Learning Berbasis Edmodo dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Gelombang Bunyi,†Jurnal Pendidikan Fisika, vol. 6, no. 3, pp. 259–268, Sep. 2018, doi: 10.26618/jpf.v6i3.1397.
M. R. Angraini, R. Muharini, and I. Lestari, “Penerapan Blended Learning Berbasis Edmodo Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 9 Pontianak,†Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 7, no. 2, pp. 1–12, 2018.
L. Riani, Misdalina, and Sugiarti, “Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Menggunakan Inkuiri Terbimbing Berbantuan Edmodo,†Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, vol. 2, no. 1, pp. 17–21, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/luminousJurnalLuminous02
Monalisa and H. Ardi, “Using Edmodo Educational Social Network in Teaching English for High School Students,†Journal of English Language Teaching, vol. 2, no. 1, pp. 220–225, 2013, [Online]. Available: www.edmodo.com
B. K. Gushiken, “Integrating Edmodo Into A High School Service Club: to Promote Interactive Online Communication,†in TCC Worldwide Online Conference, 2013, pp. 1–6.
N. E. Sumianingrum, H. Wibawanto, and Haryono, “Efektivitas Metode Discovery Learning Berbantuan E-Learning di SMA Negeri 1 Jepara,†Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology IJCET, vol. 6, no. 1, pp. 27–35, 2017, doi: 10.15294/ijcet.v6i1.15573.
C. Chotimah, A. Putro Utomo, and S. Wahyuni, “Analisis Pengaruh Edmodo Terhadap Minat Belajar Siswa SMP Pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi,†OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, vol. 5, no. 1, pp. 45–51, 2021.
N. H. Anwar, “Efektivitas media pembelajaran edmodo terhadap minat belajar dan hasil belajar siswa pada materi fisika kelas XI IPA SMAN 1 Tanete Rilau,†2017. Accessed: May 08, 2022. [Online]. Available: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/9766/1/Nurul%20Hikmah.pdf
D. R. A. Istiqomah and A. Trilaksana, “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Platform Learning Edmodo Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas X MIA 1 SMA Labschool UNESA, Surabaya,†AVATARA e-Journal Pendidikan Sejarah, vol. 12, no. 1, 2022, [Online]. Available: https://www.phoenixpub.org/journals/index.php/jaar
Hidayatullah, Penelitian Tindakan Kelas. Banten: LKP Setia Budi, 2018.
A. Ardiansyah, “Pengaruh Minat Belajar Terhadap Kepuasaan Belajar Peserta Didik dengan Media Pembelajaran Online Sebagai Variabel Moderating,†Jurnal Basicedu, vol. 6, no. 1, pp. 1201–1210, Jan. 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i1.2080.
Hamdi and C. K. Rahim, “Analisis Minat Belajar Siswa terhadap Mata Pelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Sakti,†Jurnal Sains Riset (JSR), vol. 9, no. 3, pp. 68–79, 2019.
I. P. Y. Setia Permana and E. Purwaningsih, “Penerapan Simulasi Virtual Pembelajaran Fisika Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Materi Suhu dan Kalor di Masa Pandemi Covid-19,†Jurnal Pendidikan Fisika, vol. 10, no. 1, p. 17, Mar. 2022, doi: 10.24127/jpf.v10i1.4292.
H. Mansur and R. Rafiudin, “Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa,†Jurnal Komunikasi Pendidikan, vol. 4, no. 1, p. 37, Jan. 2020, doi: 10.32585/jkp.v4i1.443.
A. N. Fauziah and H. Kuswanto, “The Use of Android Comics Based on Local Potentials of Embung Tambakboyo to Improve Students’ Critical Thinking Ability,†in Journal of Physics: Conference Series, 2021, pp. 641–646.
E. J. Wicaksana, P. Atmadja, and G. A. Muthia, “E-Learning Edmodo dengan Model Pbl untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19,†Jurnal Pendidikan Biologi, vol. 12, no. 1, p. 22, Jan. 2021, doi: 10.17977/um052v12i1p22-29.
B. Rahayu and Suparwoto, “The Effectiveness of Subject Specific Pedagogy based on Guided Discovery with E-learning to Improve Students’ Problem Solving Skills,†in Journal of Physics: Conference Series, Jun. 2019, vol. 1233, no. 1, pp. 1–8. doi: 10.1088/1742-6596/1233/1/012065.
R. E. A. Panca Candra, P. Karyanto, and B. A. Prayitno, “Pengembangan Subject Specific Pedagogy Berbasis Problem Based Learning untuk Penguatan Sikap Peduli Lingkungan pada Siswa SMP,†BIO-PEDAGOGI, vol. 8, no. 1, p. 6, Nov. 2019, doi: 10.20961/bio-pedagogi.v8i1.35545.
S. N. Zannah, L. Subagiyo, and P. Damayanti, “Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Edmodo Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik,†Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, vol. 2, no. 2, pp. 183–192, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/JLPFx
F. Fitriyah, A. Murtadlo, and R. Warti, “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MAN Model Kota Jambi,†Jurnal Pelangi, vol. 9, no. 2, pp. 108–112, Jun. 2017, doi: 10.22202/jp.2017.v9i2.1898.
N. Großmann and M. Wilde, “Experimentation in Biology Lessons: Guided Discovery through Incremental Scaffolds,†International Journal of Science Education, vol. 41, no. 6, pp. 759–781, Apr. 2019, doi: 10.1080/09500693.2019.1579392.
W. Alben, M. Yusuf, and R. Uloli, “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa.,†Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, vol. 3, no. 1, pp. 1–10, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/luminous
A. Sa’diyah and Y. Dwikurnaningsih, “Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Discovery Learning,†Edukasi: Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan, vol. 11, no. 1, pp. 55–66, Jun. 2019, doi: 10.31603/edukasi.v11i1.2677.
Eko Putro Widoyoko, Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.
R. Junita, “Analisis Minat Belajar dan Aktivitas Belajar Melalui Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Geografi,†Jurnal Penelitian Geografi, vol. 7, no. 2, pp. 1–12, 2019.
Y. Yerimadesi, B. Bayharti, and R. Oktavirayanti, “Validitas Dan Praktikalitas Modul Reaksi Redoks dan Sel Elektrokimia Berbasis Guided Discovery Learning untuk SMA,†JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP), vol. 2, no. 1, p. 17, May 2018, doi: 10.24036/jep/vol2-iss1/143.
E. P. S. Bayu and Yurnalis, “Validitas Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Discovery Learning Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar,†LEMMA: Letters of Mathematics Education, vol. 5, no. 1, pp. 1–5, 2018, Accessed: May 20, 2022. [Online]. Available: https://ejournal.upgrisba.ac.id/index.php/jurnal-lemma/article/view/2887
F. R. Hadi and V. Rulviana, “Analisis Proses Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo pada Mata Kuliah Geometri,†Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, vol. 2, no. 1, p. 63, Jan. 2018, doi: 10.21067/jbpd.v2i1.2200.
N. P. Putri, “Media Luar Ruang di Pacitan (Analisis Kesalahan Berbahasa),†in Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitain dan Abdimas Tahun 2019, Dec. 2019, pp. 120–129.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.