PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI SUHU DAN KALOR
DOI:
https://doi.org/10.31851/luminous.v3i2.8238Keywords:
Cooperative Learning, STAD, Hasil Belajar, Suhu dan KalorAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe STAD terhadap hasil belajar fisika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di salah satu MTs yang ada di Bone Bolango pada tahun ajaran 2021/2022. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control design. Tehnik sampling yang digunakan yaitu cluster ramdom sampling, dengan kelas VII.A sebagai sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar eksperimen 66,29 sedangkan kelas kontrol 44,81. Hasil analisis data menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homagen. Hasil uji-t diperoleh thitung = 3.05 > ttabel = 1.690 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD terhadap hasil belajar fisika pada materi suhu dan kalor.
References
Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Pontianak : ALFABETA (Hal 35:242)
Arikunto, Suharsimi. (2013). Manajemen Penelitian.Jakarta: PT Rineka Cipta
Arsyad, Azhar. 2002. Media pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada (hal : 3-23)
Deni Darmawan,2014. Pengembangan E-Learning Teori dan Desain. Bandung:PT Remaja Rosdakarya (hal:10-17).
Depdiknas RI. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka (hal:852).
Elvinaro, Ardianto. 2004. Komunikasi Massa : Suatu Pengantar. Bandung : Simbiosa Rekatama Media (hal 125).
Haenlein, Michael. 2010. Users of the world, unite The challenges and opportunities of social media. Business Horizons (hal:59-68).
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Malang: Pustaka Pelajar (201-203).
Ismail, Arif dan Isjoni. 2008. Model-model Pembelajaran Muktahir. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Isjoni. 2009. Cooperative Learning (Efektivitas Pembelajaran Kelompok). Bandung :Alfabeta
Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning : Mempraktikan Cooperative Learning di ruang-ruang kelas. Jakarta : PT. Grasindo
Narullah, Rulli. 2017. Media sosial : Perspektif Komunikasi Budaya dan Sosioteknologi. Bandung:Remaja Rosdakarya (hal:11)
Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual (Contextual teaching and learning/CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang : Um Press
Nufus, Nurhayati & Furqon. 2009. Fisika SMA/MA Kelas X. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Oemar Hamalik. 2001. Perencanaan pengajaran berdasarkan pendekatan sistem. Bandung : bumi aksara (hal :15-155)
Purwanto, N. 2002. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya
Rahmat, Abdul. 2014. Pengantar pendidikan Teori, Konsep, dan Aplikasi. Gorontalo:Ideas Publishing (hal:12)
Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Saifuddin, Anwar. 2008. Realibilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Belajar
Slavin, Robert E. 1995. Cooperative Learning Theory, Research and Practice Massachusset. USA : Allymand & Bacon
Suprijino, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Sudjana, Nana. 2005. Metode Statistika Edisi ke-6. Bandung : Tarsito
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B. Bandung:ALFABETA
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:ALFABETA
Thobroni. 2017. BELAJAR & PEMBELAJARAN : Teori dan Praktik, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media (hal:20-30)
Uno, Hamzah B.2007. Model pembelajaran menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif.Gorontalo:PT Bumi Aksara(34-39)
Jurnal
Asmedy. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal : STKIP Yapis Dompu. Vol.2 No.2
Mardalena. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS SMAN 5 Kota Bogor. Jurnal : Ibn Khaldun Bogor. e-ISSN 2721-1002, p-ISSN 2722-1504 Vol 1 No.2.
Suriyanto, Dandi. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Materi Asam Basah. Jurnal : Universitas Islam Negeri Mataram. p- ISSN 2580-2623, e- ISSN 2745-6854.
Yurisma, Intan Okta. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal : Universitas PGRI Palembang. ISSN 2580-3735. Vol 6 No.1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.