PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI SUHU DAN KALOR

Authors

  • Stenly Tampi Universitas Gorontotalo
  • Abdul Haris Odja
  • Dewa Gede eka Setiawan

DOI:

https://doi.org/10.31851/luminous.v3i2.8238

Keywords:

Cooperative Learning, STAD, Hasil Belajar, Suhu dan Kalor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe STAD terhadap hasil belajar fisika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di salah satu MTs yang ada di Bone Bolango pada tahun ajaran 2021/2022. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control design. Tehnik sampling yang digunakan yaitu cluster ramdom sampling, dengan kelas VII.A sebagai sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar eksperimen 66,29 sedangkan kelas kontrol 44,81. Hasil analisis data menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homagen. Hasil uji-t diperoleh thitung = 3.05 > ttabel = 1.690 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD terhadap hasil belajar fisika pada materi suhu dan kalor.

Author Biography

Stenly Tampi, Universitas Gorontotalo

Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Gorontola

References

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Pontianak : ALFABETA (Hal 35:242)

Arikunto, Suharsimi. (2013). Manajemen Penelitian.Jakarta: PT Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. 2002. Media pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada (hal : 3-23)

Deni Darmawan,2014. Pengembangan E-Learning Teori dan Desain. Bandung:PT Remaja Rosdakarya (hal:10-17).

Depdiknas RI. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka (hal:852).

Elvinaro, Ardianto. 2004. Komunikasi Massa : Suatu Pengantar. Bandung : Simbiosa Rekatama Media (hal 125).

Haenlein, Michael. 2010. Users of the world, unite The challenges and opportunities of social media. Business Horizons (hal:59-68).

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Malang: Pustaka Pelajar (201-203).

Ismail, Arif dan Isjoni. 2008. Model-model Pembelajaran Muktahir. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Isjoni. 2009. Cooperative Learning (Efektivitas Pembelajaran Kelompok). Bandung :Alfabeta

Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning : Mempraktikan Cooperative Learning di ruang-ruang kelas. Jakarta : PT. Grasindo

Narullah, Rulli. 2017. Media sosial : Perspektif Komunikasi Budaya dan Sosioteknologi. Bandung:Remaja Rosdakarya (hal:11)

Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual (Contextual teaching and learning/CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang : Um Press

Nufus, Nurhayati & Furqon. 2009. Fisika SMA/MA Kelas X. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

Oemar Hamalik. 2001. Perencanaan pengajaran berdasarkan pendekatan sistem. Bandung : bumi aksara (hal :15-155)

Purwanto, N. 2002. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya

Rahmat, Abdul. 2014. Pengantar pendidikan Teori, Konsep, dan Aplikasi. Gorontalo:Ideas Publishing (hal:12)

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Saifuddin, Anwar. 2008. Realibilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Belajar

Slavin, Robert E. 1995. Cooperative Learning Theory, Research and Practice Massachusset. USA : Allymand & Bacon

Suprijino, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Sudjana, Nana. 2005. Metode Statistika Edisi ke-6. Bandung : Tarsito

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B. Bandung:ALFABETA

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:ALFABETA

Thobroni. 2017. BELAJAR & PEMBELAJARAN : Teori dan Praktik, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media (hal:20-30)

Uno, Hamzah B.2007. Model pembelajaran menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif.Gorontalo:PT Bumi Aksara(34-39)

Jurnal

Asmedy. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal : STKIP Yapis Dompu. Vol.2 No.2

Mardalena. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS SMAN 5 Kota Bogor. Jurnal : Ibn Khaldun Bogor. e-ISSN 2721-1002, p-ISSN 2722-1504 Vol 1 No.2.

Suriyanto, Dandi. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Materi Asam Basah. Jurnal : Universitas Islam Negeri Mataram. p- ISSN 2580-2623, e- ISSN 2745-6854.

Yurisma, Intan Okta. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal : Universitas PGRI Palembang. ISSN 2580-3735. Vol 6 No.1.

Downloads

Published

17-07-2022

How to Cite

Tampi, S., Odja, A. H., & Setiawan, D. G. eka. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI SUHU DAN KALOR. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(2), 51–57. https://doi.org/10.31851/luminous.v3i2.8238

Issue

Section

Articles