PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS VIRTUAL PHET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR
DOI:
https://doi.org/10.31851/luminous.v3i2.8415Keywords:
Discovery Learning, Simulasi Virtual PhET dan Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar pada pembelajaran fisika. Strategi pembelajaran yang bersifat ekspositori masih dilakukan sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Selain itu, kurangnya pemanfaatan media pembelajaran membuat kondisi kelas menjadi kurang aktif. Kegiatan eksperimen pun jarang dilakukan baik di dalam kelas maupun di laboratorium. Maka dalam penelitian ini dilakukan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning berbasis Virtual PhET untuk mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar fisika. Metode yang digunakan adalah pre-eksperimental yang berbentuk One-Group Pretest-Postest Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI- IPS-H di MA Miftahul Ulum Bettet Pamekasan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, buku siswa, LKS, dan soal Pretest-Posttest. Dari perolehan nilai Pretest-Postest dilakukan uji prasyarat analisis dan uji-t yang perhitungannya menggunakan SPSS versi 25 dari hasil uji hipotesis hasil belajar fisika siswa diketahui signifikansi 0,001. Karena signifikansi < 0,05 maka hipotesis dalam penelitian ini diterima. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning Berbasis Virtual PhET berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI MA Miftahul Ulum Bettet Pamekasan.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.