PENGARUH MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS GOOGLE SITES PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31851/luminous.v3i2.8860Keywords:
Multimedia Interaktif, google sites, hasil belajarAbstract
Penggunaan multimedia interaktif sangat penting untuk dikembangkan, seiring dengan kemajuan teknologi yang ada khususnya dalam pembelajaran fisika. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui  pengaruh multimedia interaktif berbasis google sites pada pokok bahasan usaha dan energi. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan model kuasi eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan yaitu pretest –posttest one group design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dengan sampel penelitian ini berjumlah 26 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes hasil belajar siswa terdiri dari 10 soal pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perbandingan rata-rata nilai pretest 51,11 dan posttest 75,55. Analisis data untuk melihat perbedaan antara data pretest dan posttest menggunakan uji hipotesis, uji statistic non paramatrik jika syaratnya terpenuhi. Berdasarkan hasil uji hipotesis test summary yang menunjukkan signifikan sebesar 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara skor posttest dengan skor hasil belajar usaha dan energi. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan multimedia interkatif berbasis google sites berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar usaha dan energy siswa.
References
Ainyn, Q., Dwiningsih, K., & Ketintang, J. K. (2022). Interactive Multimedia by Stimulating Visual-Spatial Intelligence Trial Qurrota. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 5(1), 34–44.
Elwi, L. C., Festiyed, & Djamas, D. (2017). Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Multimedia Interaktif Menggunakan Course Lab Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Fisika Kelas X SMA/MA. Pillar of Physics Education, 9(April), 97–104.
Husein, S., Herayanti, L., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(3), 221–225. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i3.262
Japrizal, J., & Irfan, D. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Masa Covid-19Di Smk Negeri 6 Bungo. JAVIT : Jurnal Vokasi Informatika, 1(3), 38–44. https://doi.org/10.24036/javit.v1i3.33
Lia, L. (2015). Multimedia Interaktif Sebagai Salah Satu Alternatif Pembelajaran Dalam Bidang Pendidikan Sains. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 132–140.
Ma’ruf, M., Setiawan, A., & Suhandi, A. (2019). Identification of Android-based interactive multimedia needs for basic physics content. AIP Conference Proceedings, 2194(December). https://doi.org/10.1063/1.5139792
Melianti, E., Risdianto, E., & Swistoro, E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Director Pada Materi Usaha Dan Energi Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.33369/jkf.3.1.1-10
Munir. (2012). Multimedia: Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Alfabeta.
Musdalifa, N., Syuhendri, S., & Pasaribu, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Stem Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 8(1), 73–84.
Oktarinah, Wiyono, K., & Zulherman. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model Pembelajaran Proyek Materi Alat-Alat Optik Untuk Kelas X Sma. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 3(1), 1–7.
Prasetyo, U., Astuti, I. A. D., Dasmo, D., & Noor, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Blog Pada Konsep Momentum Dan Impuls. Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 1(2), 155–161. https://doi.org/10.30998/sch.v1i2.3150
Pratama, N. K. P., Adi, E. P., & Ulfa, S. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Geografi. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(2), 119–128. https://doi.org/10.17977/um038v4i22021p119
Pubian, Y. M., & Herpratiwi. (2022). Penggunaan Media Google Site Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Efektifitas Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. AKADEMIKA JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN, 11(1), 163–172.
Rahmawati, A. S. (2019). Penggunaan Multimedia Interaktif (MMI) sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika The Use of Multimedia Interactive (MMI) as a Learning Media in Improving Physical Learning Achievement. Pancasakti Science Education Journal PSEJ, 4(1), 7–17.
Sadikin, A., Johari, A., & Suryani, L. (2020). Pengembangan multimedia interaktif biologi berbasis website dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 5(01), 18–28. https://doi.org/10.33503/ebio.v5i01.644
Santhalia, P. W., & Sampebatu, E. C. (2020). Pengembangan multimedia interaktif dalam membantu pembelajaran fisika di era Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(2), 165–175. https://doi.org/10.21831/jipi.v6i2.31985
Sevtia, A. F., Taufik, M., & Doyan, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Google Sites untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(September), 1167–1173.
Tri, D., & Yanto, P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif Pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi Volume, 19(1), 75–82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19vi1.409
Vidia Sari H, & Suswanto H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Webuntuk Mengukur Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer Jaringandasar Program Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2, 1008–1016.
Widya Mutiara Mukti, N, Y. B. P., & Anggraeni, Z. D. (2020). Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Menggunakan Google Sites Pada Materi Listrik Statis. WEBINAR PENDIDIKAN FISIKA 2020 “Optimalisasi Pendidikan Dalam Rekontruksi Pembelajaran Berbasis Sains Dan Teknologi Di Era New Normal,†51–59.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.