PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KONSEP SUHU DAN KALOR

Authors

  • Noviwati Noviwati Universitas Gorontotalo
  • Mursalin Mursalin
  • Abdul Haris Odja

DOI:

https://doi.org/10.31851/luminous.v4i1.9193

Keywords:

Model Inquiry Learning, Hasil Belajar Siswa, Suhu dan Kalor.

Abstract

Hasil penelitian ini memaparkan tentang hasil belajar siswa pada topik suhu dan kalor melalui penerapan model pembelajaran inquiry learning. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen dengan rangcangan one group pretest-posttest design. Penentuan subyek menggunakan teknik random sampling dengan intact group sehingga terpilih siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Telaga Biru yang berada di Kabupaten Gorontalo. Analisis data dilakukan menggunakan gain-score yang termasuk pada kategori sedang. Hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan adanya penerapan model inquiry learning pada konsep suhu dan kalor.

Author Biography

Noviwati Noviwati, Universitas Gorontotalo

Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Gorontola

References

al-Tabany, T.I.B. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Erdani, Y., Hakim, L., & Lia, L. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa di SMP Negeri 35 Palembang. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 45–52. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1549

Giancoli, D. C. (2014). Physics, Principles with Applications. Boston : Pearson Prentice Hall.

Hake, R.R. 1999. Analyzing Change/Gain Scores. (https://journal.unnes.ac.id, diakses pada 27 Agustus 2022).

Halliday, D., Resnick, R. & Walker, J. (2014). Fundamentals of Physics, Tenth Edition, Extended. New York : John Wiley & Sons.

Hendrawati, R., Koeswanti, H. D., Radia, E. H. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Tema 7 Melalui Model Pembelajaran Inquiry pada Siswa Kelas 5 SDN Cebongan 01 Salatiga Semester II Tahun 2018/2019. Jurnal Basicedu, 3(1) 112-117.

Imas, K & Sani, B. (2015). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep & Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Jelita, Nover Tiara Abdul Haris Odja, Dewa Gede Eka Setiawan. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video Dengan Implementasi Blended Learning Terhadap Hasil Belajar. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika

Kunandar. (2010). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Lestari, Wiwin. Odja, Abdul Haris. Payu, Citron Supu. 2022. The Effect of Discovery-Based Blended Learning towards Learning Performance of High School Students in Linear Motion. Jurnal Pendidikan MIPA

Ngalimun. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta : Aswaja Pressindo.

Nugroho, R. Arifin. 2018. Kemapuan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep, Pembelajaran, Penilaian, dan Soal-soal. Jakarta: PT Gramedia.

Riani, L., Misdalina, M., & Sugiarti, S. (2021). Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Menggunakan Inkuiri Terbimbing Berbantuan Edmodo. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(1), 17. https://doi.org/10.31851/luminous.v2i1.5237

Septiani, Y. D., Lubis, P., & Ratnaningdyah, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry. 1(1), 45–50.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Surya, Y. F. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa IPS Menggunaan Model Inkuiri Sekolah Dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan, 46(1) 12-15.

Taufik, T. & Muhammadi. (2011). Mozaik Pembelajaran Inovatif. Padang: Sukabina Press.

Triantno. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif berorientasi konstruktivistik “konsep, landasan teoritis-praktis dan implementasinyaâ€. Jakarta. Prestasi Pustaka

Downloads

Published

31-01-2023

How to Cite

Noviwati, N., Mursalin, M., & Odja, A. H. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KONSEP SUHU DAN KALOR. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.31851/luminous.v4i1.9193