ANALISIS PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI PEMBELAJARAN DARING DENGAN MENGGUNAKAN PERMODELAN RASCH PADA PEMBELAJARAN FISIKA
DOI:
https://doi.org/10.31851/luminous.v4i1.9510Keywords:
persepsi, pembelajaran daring, model raschAbstract
SMAN 1 Tapa awalnya menggunakan aplikasi Zoom dan Google Meet, tetapi masih banyak peserta didik terlambat mengikuti pembelajaran dikarenakan keadaan mereka yang sulit mendapatkan jangkauan internet, sehingga guru-guru memutuskan untuk mengganti aplikasi dengan menggunakan Classroom dan WhatsApp untuk meminimalisir keterlambatan peserta didik dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi peserta didik terhadap penggunaan aplikasi pembelajaran daring dengan menggunakan permodelan rasch pada pembelajaran fisika. Metode penelitian ini yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Peserta didik yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak delapan orang dari 30 orang peserta didik kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 1 Tapa. Teknik penyampelan yang diguanakn adalah purposive sampling. Â Instrumen yang digunakan adalah angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan tenknik analisis data kualitatif menggunakan Rasch model. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi peserta didik berdasarkan indikator penyerapan terhadap rangsangan objek dari luar individu, peserta didik lebih menyukai pembelajaran daring menggunakan aplikasi Classroom dan WhatsApp. Berdasarkan indikator pengertian atau pemahaman terhadap objek, peserta didik mengerti serta memahami pembelajaran fisika. Berdasarkan indikator penilaian evaluasi individu terhadap objek, peserta didik semangat dan termotivasi pada pembelajaran fisika. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa persepsi peserta didik pada pembelajaran daring menggunakan aplikasi classroom dan WhatsApp dapat membantu dan mempermudah peserta didik dalam proses pembelajaran selama pandemi dikelas XI IPA 1.
References
Alimuddin, Rahamma, T.,& Nadjib, M. 2015. Intensitas Penggunaan E-Learning dalam Menunjang Pembelajaran Mahapeserta didik Program Sarjana (S1) di Universitas Hasanuddin Jurnal Komunikasi KAREBAi, 4(4), 388.
Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. 2015. Esensi Penyusunan Materi Daring Untuk Pendidikan dan Pelatihan. Yogyakarta; DeePublish.
Fatah Syukur. (2006). Persepsi Mahapeserta didik Tadris terhadap Pembelajaran Dosen dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar Mahapeserta didik di Jurusan Tadris Fakultas Tarbiyah IAIN Walisango Semarang.
Irwanto. 2014. Psikologi Umum. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Linacre, J.M. (2011). A User’s guide to WINSTEPS Ministeps; Rasch-model Computer Program. Program Manual 3.73.
Rakhmat, J. 2011. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Slameto. 2013, Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rieneka Cipta.
Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2014). Aplikasi model Rasch untuk penelitian ilmu-ilmu sosial (edisi revisi). Bandung: Trim Komunikata Publishing House.
Thoha, M. 2011. Perilaku Organisasi, Konsep Dasar, dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Walgito, B. 2010. Pegantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.