Pengaruh Citra Merek Dan Loyalitas Terhadap Kepuasan Pembelian Di PT. Kopi Emass Kabupaten Empat Lawang
DOI:
https://doi.org/10.31851/jmanivestasi.v6i1.16593Abstract
ABSTRACT
This study aims to determine the effect of brand image and loyalty on purchase satisfaction at PT. Kopi Emass, Empat Lawang Regency. The variables in this study are the independent variable, namely Brand Image (X1), and Loyalty (X2) and the dependent variable (Y) is Share Purchase Satisfaction. The population in this study are consumers who buy coffee at PT. Kopi Emass Empat Lawang Regency in 2020, totaling 500 people. The sampling technique used is simple random sampling with the Slovin formula as many as 83 people, the data collection technique is using a questionnaire. The data analysis technique used multiple linear regression with the help of Statistical Program and Service Solution (SPSS) Version 21 For Windows software. The results ofs research conducted by researchers, it can be concluded that the independent variable brand image (X1) has a positive and significant effect on the dependent variable, namely Purchase Satisfaction (Y) at PT. Kopi Emass Empat Lawang Regency. Loyalty variable (X2) has a positive and significant influence on the dependent variable, namely Purchase Satisfaction (Y) at PT. Kopi Emass Empat Lawang Regency. The independent variables consisting of Brand Image (X1) and loyalty (X2) together have a positive and significant effect on the dependent variable, namely purchase satisfaction (Y) at PT. Kopi Emass Empat Lawang Regency.
Keywords : Brand Image, Loyalty, Purchase Satisfaction.
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan loyalitas terhadap kepuasan pembelian di PT. Kopi Emass Kabupaten Empat Lawang.Variabel dalam penelitian ini yaitu variabel independent ialah Citra Merek (X1), dan Loyalitas (X2) dan variabel dependent (Y) ialah Kepuasan Pembelian Saham. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli kopi di PT. Kopi Emass Kabupaten Empat Lawang tahun 2020 yang berjumlah 500 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan rumus Slovin sebanyak 83 orang, Teknik pengumpulan data dengan angket. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan software Statistical Program and Service Solution (SPSS) Version 21 For Windows. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti, dapat ditarik kesimpulan bahwa Variabel bebas yang citra Merek (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat yaitu Kepuasan Pembelian (Y) di PT. Kopi Emass Kabupaten Empat Lawang. Variabel Loyalitas (X2) memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel terikat yaitu Kepuasan Pembelian (Y) di PT. Kopi Emass Kabupaten Empat Lawang. Variabel bebas yang terdiri dari Citra Merek (X1) dan loyalitas (X2) secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat yaitu kepuasan pembelian (Y) di PT. Kopi Emass Kabupaten Empat Lawang.
Keywords : Citra Merek, Loyalitas, Kepuasan Pembelian.
References
Alma, B. (2011). Pengantar Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Buchari, A. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta, Bandung.
Evawati. (2013). Kualitas Produk Dan Citra Merek (Brand Image) Mc Donald: Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial. Jilid 1 Nomor 2,
Kesumawati, Aridanu. (2018).Pengantar Statistik Penelitian. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Kesumawati, dkk. (2018). Pengantar Statistika Penelitian. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Kotler, P, Armstrong G. (2013). Prinsip-prinsip Pemasaran 2. Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P, Armstrong G. (2017). Prinsip-prinsip Pemasaran 2. Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.
Lasander, C. (2013). Citra Merek, Kualitas Produk, dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Makanan Tradisional. Jurnal EMBA. Vol. 1 Nomor 3.
Miftah, T. (2013). Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Nasution, M. N. (2014). Manajemen Jasa Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.
Pesoth, M.C (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Packaging, Dan Brand Image Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan Rokok Dunhill Di Kota Manado. Jurnal EMBA. Vol. 3 Nomor 3.
Rangkuti, F. (2012). Riset Pemasaran. Cet: v. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Riduwan. (2011). Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Statistika untuk Penelitian. Jakarta: CV. Alfabeta.
Sunarto. (2016). Pengantar Manajemen Pemasaran. Jogjakarta: Press.
Utomo, H. (2016). Menggapai Loyalitas Nasabah. Tesis Manajemen Pemasaran. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen dan Investasi (MANIVESTASI)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the publisher of the journal licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License in line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material only for non-commercial purposes. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.