Pengaruh Citra Merek Dan Loyalitas Terhadap Kepuasan Pembelian Di PT. Kopi Emass Kabupaten Empat Lawang

Authors

  • Defran Fathuda
  • Edduar Hendri
  • Santi Puspita

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmanivestasi.v6i1.16593

Abstract

ABSTRACT

 

This study aims to determine the effect of brand image and loyalty on purchase satisfaction at PT. Kopi Emass, Empat Lawang Regency. The variables in this study are the independent variable, namely Brand Image (X1), and Loyalty (X2) and the dependent variable (Y) is Share Purchase Satisfaction. The population in this study are consumers who buy coffee at PT. Kopi Emass Empat Lawang Regency in 2020, totaling 500 people. The sampling technique used is simple random sampling with the Slovin formula as many as 83 people, the data collection technique is using a questionnaire. The data analysis technique used multiple linear regression with the help of Statistical Program and Service Solution (SPSS) Version 21 For Windows software. The results ofs research conducted by researchers, it can be concluded that the independent variable brand image (X1) has a positive and significant effect on the dependent variable, namely Purchase Satisfaction (Y) at PT. Kopi Emass Empat Lawang Regency. Loyalty variable (X2) has a positive and significant influence on the dependent variable, namely Purchase Satisfaction (Y) at PT. Kopi Emass Empat Lawang Regency. The independent variables consisting of Brand Image (X1) and loyalty (X2) together have a positive and significant effect on the dependent variable, namely purchase satisfaction (Y) at PT. Kopi Emass Empat Lawang Regency.

 

Keywords : Brand Image, Loyalty, Purchase Satisfaction.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan loyalitas terhadap kepuasan pembelian di PT. Kopi Emass Kabupaten Empat Lawang.Variabel dalam penelitian ini yaitu variabel independent  ialah Citra Merek (X1), dan Loyalitas (X2) dan variabel dependent (Y) ialah Kepuasan Pembelian Saham. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli kopi di PT. Kopi Emass Kabupaten Empat Lawang tahun 2020 yang berjumlah 500 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan rumus Slovin sebanyak 83 orang, Teknik pengumpulan data dengan angket. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan software Statistical Program and Service Solution (SPSS) Version 21 For Windows. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti, dapat ditarik kesimpulan bahwa Variabel bebas yang citra Merek (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat yaitu Kepuasan Pembelian (Y) di PT. Kopi Emass Kabupaten Empat Lawang. Variabel Loyalitas (X2) memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel terikat yaitu Kepuasan Pembelian (Y) di PT. Kopi Emass Kabupaten Empat Lawang. Variabel bebas yang terdiri dari Citra Merek (X1) dan loyalitas (X2) secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat yaitu kepuasan pembelian  (Y) di PT. Kopi Emass Kabupaten Empat Lawang.

 

Keywords : Citra Merek, Loyalitas, Kepuasan Pembelian.

References

Alma, B. (2011). Pengantar Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Buchari, A. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta, Bandung.

Evawati. (2013). Kualitas Produk Dan Citra Merek (Brand Image) Mc Donald: Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial. Jilid 1 Nomor 2,

Kesumawati, Aridanu. (2018).Pengantar Statistik Penelitian. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Kesumawati, dkk. (2018). Pengantar Statistika Penelitian. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Kotler, P, Armstrong G. (2013). Prinsip-prinsip Pemasaran 2. Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P, Armstrong G. (2017). Prinsip-prinsip Pemasaran 2. Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.

Lasander, C. (2013). Citra Merek, Kualitas Produk, dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Makanan Tradisional. Jurnal EMBA. Vol. 1 Nomor 3.

Miftah, T. (2013). Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Nasution, M. N. (2014). Manajemen Jasa Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Pesoth, M.C (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Packaging, Dan Brand Image Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan Rokok Dunhill Di Kota Manado. Jurnal EMBA. Vol. 3 Nomor 3.

Rangkuti, F. (2012). Riset Pemasaran. Cet: v. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Riduwan. (2011). Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Statistika untuk Penelitian. Jakarta: CV. Alfabeta.

Sunarto. (2016). Pengantar Manajemen Pemasaran. Jogjakarta: Press.

Utomo, H. (2016). Menggapai Loyalitas Nasabah. Tesis Manajemen Pemasaran. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Downloads

Published

2024-08-26