Pengaruh Manajemen Konflik Terhadap Kepuasan Anggota ORMAWA FEB Universitas PGRI Palembang

Authors

  • Amir Hamzah
  • Oktariansyah Oktariansyah
  • Redo Pujaya Putra

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmanivestasi.v6i1.16607

Abstract

ABSTRACT

 

This research aims to determine the effect of conflict management on the satisfaction of members of Ormawa FEB Universitas PGRI Palembang. The population in this study were all members of the Ormawa FEB Universitas PGRI Palembang. The sampling technique used proportionate stratified random sampling technique, with a total sample of 53 people. The data analysis technique uses simple linear regression with the help of the SPSS v program. 22. The results of the research show that there is a partial influence of conflict management on the satisfaction of Ormawa FEB Universitas PGRI Palembang members. The results of the determination test with an R Square value of 0.692 or 69.2%, which means that the influence of conflict management on the member satisfaction variable is 69.2%, and the remainder is influenced by other factors not mentioned in this research model.

 

Keywords : Conflict management, member satisfaction.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen konflik terhadap kepuasaan anggota Ormawa FEB Universitas PGRI Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh anggota Ormawa FEB Universitas PGRI Palembang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 53 orang. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana dengan bantu program spss v. 22. Hasil dari penelitian menunjukan terdapat pengaruh secara parsial manajemen konflik terhadap kepuasan anggota Ormawa FEB Universitas PGRI Palembang. Hasil dari uji determinasi dengan nilai R Square 0,692 atau sebesar 69,2% yang berarti pengaruh manajemen konflik terhadap variabel kepuasan anggota sebesar 69,2%, dan sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak disebutkan dalam model penelitian ini.

 

Keywords : Manajemen Konflik, Kepuasan Anggota.

References

Fernando, M., Mihardjo, A. I., & Widjaja, D. C. (2018). Analisis pengaruh gaya manajemen konflik terhadap kinerja karyawan di hotel sheraton surabaya.

Kasinem. (2020). Pengaruh kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada hotel bukit serelo lahat. Jurnal Media Wahana Ekonomika,17(4),329- 339. DOI: http://dx.doi.org/10.31851/j mwe.v17i4.5096

Kotler , & Phillip. (2012). Manajemen pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Lovelock, C., & Wirtz. (2011). Service marketing. Pearson: New Jersey USA.

Peterson, S. R. (2003). The dynamic relationship between performance feedback, trust and conflict in groups: a longitudinal study. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 92, 102-112.

Pinatih, G. A., & Vembriati, N. (2019). Persepsi penggunaan gaya manajemen konflik oleh pemimpin terhadap kepuasan anggota di organisasi kemahasiswaan universitas udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 6(2), 270-279.

Priyatno, D. (2013). Analisis korelasi, regresi, dan multivariate dengan SPSS. Yogyakarta: Gaya Media.

Rusdiana, A. (2015). Manajemen konflik. Bandung: Pustaka Setia.

Sudaryono. (2016). Manajemen pemasaran teori dan implementasi. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Sugiyono. (2016 & 2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A.(2010). Manajemen pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.

Sukaesih, D., Mulyani, A., & Usman, B. (2020). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. TIKI JNE sub agen kayuagung. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 17(1), 18-36. DOI: http://dx.doi.org/10.31851/j mwe.v17i1.4288

Tjiptono, F. (2019). Kepuasan pelanggan konsep, pengukuran & strategi. Yogyakarta: Penerbit andi.

Wahyudi, & Hidayat, W. (2019). Manajemen konflik dan stres dalam organisasi. Bandung: Alfabeta.

Wartini, S. (2015). Strategi manajemen konflik sebagai upaya meningkatkan kinerja teamwork tenaga kependidikan. Jurnal Manajemen dan Organisasi, 6(1), 64-73.https://doi.org/10.29244/jmo. v6i1.12194

Downloads

Published

2024-08-27