Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Volume Penjualan Lipstik Trend 2016 Sariayu Pada Martha Tilaar Shop Palembang Icon Mall dan Martha Tilaar Shop Palembang Indah Mall
DOI:
https://doi.org/10.31851/jmanivestasi.v1i2.4216Abstract
Â
ABSTRACT
Â
The formulation of the problem in this study is whether the factors of the product (product), price (price), promotion (place), place (place) simultaneously and partially affect the sales volume at Martha Tilaar Shop Palembang Icon Mall and Martha Tilaar Shop Palembang Beautiful Mall. The analytical tool used in this study is Qualitative Analysis and Quantitative Analysis. Qualitative Method is a method of analyzing data measured by providing explanations in the form of words or in sentences. This research is intended to determine the effect of Marketing Mix on sales volume at Martha Tilaar Shop Palembang Icon Mall and Martha Tilaar Shop Palembang Indah Mall. To find out how much influence the Marketing Mix on sales volume is to use quantitative analysis techniques with multiple regression equations (regression). The adjusted R2 value of 0.528 (52.8%) shows that the independent variable consisting of products (X1), Price (X2), Promotion (X3), and Place (X4), is able to explain that 52.8% has an effect on The dependent variable is the sales volume of the 2016 Sariayu Lipstick trend product at Martha Tilaar Shop Palembang Icon Mall and Martha Tilaar Shop Palembang Indah Mall (Y). The remaining 47.2% (100% - 52.8%) might be influenced by other variables not included in this research model.
Â
Keywords: Product, Price, Promotion, Place and Sales Volume.
ABSTRAK
Â
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah faktor-faktor produk (product), harga (price), promosi (promotion), tempat (place) berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap terhadap volume penjualan pada Martha Tilaar Shop Palembang Icon Mall dan Martha Tilaar Shop Palembang Indah Mall. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Kualitatif dan Analisis Kuantitatif. Metode Kualitatif adalah metode analisis data yang diukur dengan cara memberikan penjelasan dalam bentuk kata-kata atau dalam kalimat. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh Bauran Pemasaran terhadap volume penjualan pada Martha Tilaar Shop Palembang Icon Mall dan Martha Tilaar Shop Palembang Indah Mall. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Bauran Pemasaran terhadap volume penjualan adalah dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif dengan persamaan regresi berganda (regression). Hasil nilai adjusted R2 sebesar 0,528 (52,8%) menunjukkan bahwa variabel independen yang terdiri dari produk (X1), Harga (X2), Promosi (X3), dan Tempat (X4), mampu menjelaskan bahwa sebesar 52,8% berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu Volume penjualan produk lipstick sariayu trend 2016 pada Martha Tilaar Shop Palembang Icon Mall dan Martha Tilaar Shop Palembang Indah Mall (Y). Sisanya sebesar 47,2% (100% - 52,8%) kemungkinan dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.
Â
Kata kunci : Produk, Harga, Promosi, Tempat dan Volume Penjualan.
References
Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta.
Irawan, Basu Swastha. 2000. Manajemen Pemasaran Modern. Jilid Dua, Edisi Ketiga. Yogyakarta: Liberty.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid Satu, Edisi Kedua Belas. Jakarta: Macanan Jaya Cemerlang.
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid Dua. Edisi Ke Tiga Belas. Jakarta: Erlanga.
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Jilid Satu, Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.
Maruli. 2017. Pegertian Volume Penjualan. http://xerma.blogspot.co.id/2013/08/ pengertian-volume-penjualan.html. diakses pada tanggal 11/05/2017 jam 17:00 WIB.
Muliana, Parida. 2012. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Volume Penjualan Produk Pada Mini Market Colours Mart Pekan Baru. Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau Pekan Baru. Pekan baru. http://repository.uinsuska.ac.id/1584/1/2012_2012214M EN.pdf. diakses pada tanggal 02/05/2017 jam 23:00 WIB.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the publisher of the journal licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License in line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material only for non-commercial purposes. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.