Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Atas Pelayanan Kantor Camat Rantau Bayur Banyuasin

Authors

  • Muhammad Kurniawan
  • Joni Iswan
  • Agus Mulyani

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmanivestasi.v2i2.5271

Abstract

ABSTRACT

 

The research design consisted of 2 variables, namely the service variable at the sub-district office (Y), the community satisfaction variable (X1). In this study the data collection techniques used were interviews, observations, questionnaires. For analysis techniques in testing hypotheses, namely qualitative descriptive analysis then quantitative, namely methods that focus on an existing problem starting with collecting data, classifying data, analyzing data and then drawing conclusions based on existing facts. Data analysis techniques using indicators- indicators such as reliability, responsiveness, assurance, empathy, and tangibility.

 

Keywords: Community Satisfaction, Lais District Office Services

 

ABSTRAK

 

Rancangan penelitian terdiri atas 2 variabel yaitu variabel Pelayanan pada kantor camat (Y), variabel Kepuasan Masyarakat (X1). Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Wawancara, Observasi, Quisioner. Untuk teknik analisis dalam pengujian hipotesis yaitu analisis deskriptif kualitatif kemudian di kuantitatifkan, yaitu metode yang memusatkan perhatian kepada suatu masalah yang ada dimulai dengan mengumpulkan data, mengklasifikasi data, menganalisis data dan kemudian mengambil kesimpulan berdasarkan kenyataan yang ada.Teknik analisis data dengan menggunakan indikator-indikator seperti keandalan,daya tanggap, jaminan, empati, dan berwujud.

 

Kata Kunci : Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Kantor Camat Lais

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta – RenikaCipta.

Alma, Buchari. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi, Bandung CV. Alfabeta.

Kotler, Philip. 2011. Manajemen Pemasaran. Edisi Kesebelas. Indeks. Jakarta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Bisnis. Bandung, Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2009. Strategi Pemasaran Jasa. Yogyakarta: CV. Andi.

Downloads

Published

2020-12-01