Pengaruh Produk, Promosi, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Simpanan PT. Bank Muamalah Indonesia, Tbk. Cabang Pangkalpinang
DOI:
https://doi.org/10.31851/jmanivestasi.v3i1.6408Abstract
ABSTRACT
This study examines the extent to which a product , promotion and quality of service either partially or simultaneously affect customer satisfaction , which will effect on increasing customer loyalty at. Bank Muamalat Indonesia , Tbk Pangkalpiang branch .In this study, a large known correlation coefficient (R) is 0.229 , indicating a relationship / correlation of three independent variables (product, promotion and quality of service) together to lower customer satisfaction . While the coefficient of determination (R square) of 0.089 , it is clear that the variation of the three independent variables change product , promotion and motivation jointly influence the variation of changes in service satisfaction variable (Y) of 8.9 % , meaning the ability of the independent variables in influencing the dependent variable is very limited . While most of the 91.1 % is the influence of the variation changes the other independent variables that are not included in this study .In this study also note that the coefficient of correlation (R) with the independent variables adalh customer satisfaction and customer loyalty dependent variable is meendapatkan value of 0.413 , it indicates there is a relationship / correlation between variables is strong enough to variable customer satisfaction customer loyalty . The magnitude of the role of customer satisfaction variable (Y) in affecting customer loyalty (Z) is shown by the Rsquare coefficient 0.170 , mean of 17% . While 83 % of them are influenced by factors other variables or varoabel - that can not be explained in this study .
Â
Keywords : Product , Promotion , Service Quality , Customer Satisfaction, and Customer Loyality
Â
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan melihat sejauh mana produk, promosi dan kualitas layanan baik secara parsial maupun simultan mempengaruhi kepuasan nasabah, yang akan berpengaruh pada peningkatan loyalitas nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk cabang Pangkalpiang. Dalam penelitian ini, diketahui besar koefisien korelasi (R) adalah 0,229, hal ini menunjukkan hubungan / korelasi ketiga variabel bebas (produk, promosi dan kualitas layanan) secara bersama-sama terhadap kepuasan nasabah rendah. Sedangkan koefisien determinasi (Rsquare) sebesar 0,089, hal ini menjelaskan bahwa variasi perubahan dari ketiga variabel bebas produk, promosi dan motivasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap variasi perubahan variabel kepuasan layanan (Y) sebesar 8,9 %, berarti kemampuan variabel-variabel bebas dalam mempengaruhi variabel terikat amat terbatas. Sedangkan sebagian besar 91,1% merupakan pengaruh dari variasi perubahan variabel bebas lainnya yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini pula diketahui bahwa koefisien korelasi (R) dengan variabel bebasnya adalh kepuasan nasabah dan variabel terikatnya adalah loyalitas nasabah meendapatkan nilai 0,413, hal ini menunjukkan terdapat hubungan/korelasi yang cukup kuat antara variabel kepuasan nasabah terhadap variabel loyalitas nasabah. Besarnya peran variabel kepuasan nasabah (Y) dalam mempengaruhi loyalitas nasabah (Z) ditunjukkan oleh koefisien Rsquare  yang 0.170, berarti sebesar 17% . Sedangkan 83% nya dipengaruhi oleh faktor-faktor atau varoabel-variabel lain yang tidak dapat dijelaskan dalam penelitian ini.
Â
Kata kunci : Produk, Promosi, Kualitas Layanan, Kepuasan Nasabah dan Loyalitas Nasabah
References
A. Parasuraman, valarie A. Zeithaml, Leornard. Berry, 1986, “A Conceptual Model of Service Quality and Implication for Future Research†(Journal of Marketing).
A Parasuraman, valarie A. Zeithmal, Leornard L. Berry, 1990, “Delivering Quality Service : Balancing Customer Perception and Expectations†(The Free Press) MCGraw-Hill.
Al Rasyid, Harun. (1993). Teknik Penarikan Sampel dan Penyusunan Skala. Bandung: Diktat Kuliah Pasca Sarjana UNPAD
Atik Septi Winarsih. (2005).Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Alma, B. 2002. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Jakarta: Alfabeta
Aksi Agraris Kanisius. (1986). Hijauan Makanan Ternak Potong. Kerja, dan Perah. Cetakan ke-2. Penerbit Kanisius, Yogyakarta.
Fandy Tjiptono, 2009, Strategi Pemasaran, Edisi 1, Penerbit Andi, Yogyakarta
Gitosudarmo, Indriyo dan I Nyoman Sudita. (2008). Perilaku Keorganisasian. Yogyakarta : BPFE
Kotler, P. (2004). Manajamen Pemasaran. Jakarta, PT. Indeks. Kelompok Gramedia
Kennedy DW, Lee JT, (2001). Endoscopic Sinus Surgery, in Head and Neck surgery – Otolaryngology, Vol II, Third Edition, Byron J. Bailey Lippincott Williams and Wilkins, Philadelphia. p: 459 – 75.
Lupiyoadi dan Hamdani, (2006). Manajemen Pemasaran jasa Edisi kedua. Penerbit Salemba Empat: Jakarta
Riduwan, dan Engkos Achmad Kuncoro. 2012. Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung : Alfabeta
Sudaryono (2010), Sistem pendukung keputusan kelayakan pemberian kredit mengunakan metode AHP di BTM Kajen Kabupaen Pekalongan.Universitas Dian Nuswantoro semarang
Sugiyono. (2012). “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&Dâ€. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the publisher of the journal licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License in line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material only for non-commercial purposes. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.