Analisis Penerapan Audit Internal Dalam Perencanaan dan Pengendalian Penjualan Pada PT. Indomarco Prismatama di Kelurahan 10 Ulu Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31851/jmediasi.v7i1.16748Abstract
ABSTRACT
This research aims to find out how internal audit is implemented in sales planning and control at PT. Indomarco Prismatama in Subdistrict 10 Ulu Palembang. This research uses a qualitative method based on the philosophy of postpositivism, used to examine the condition of natural objects.The research results show that the planning and management of controls at PT Indomarco Prismatama in Subdistrict 10 Ulu Palembang was greatly helped by the success of the internal audit carried out at PT Indomarco Prismatama in Subdistrict 10 Ulu Palembang. The internal audit of PT Indomarco Prismatama in District 10 Ulu Palembang has been effective. This is clearly seen from the internal audit objectives, scope of work, implementation, reporting and follow-up, all of which support the company's efforts to optimize the way it sets sales plans and monitors activities related to implementation of sales to ensure progress. in line with the initial business plan.
Keywords: Planning, Control, Internal Audit.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan audit internal dalam perencanaan dan pengendalian pejualan pada PT. Indomarco Prismatama di Kelurahan 10 Ulu Palembang. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berlandaskan pada filsafat pospositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah.
Hasil penelitian menunjukan perencanaan dan pengelolaan pengendalian di PT Indomarco Prismatama di Kelurahan 10 Ulu palembang sangat terbantu dengan keberhasilan audit internal yang dilakukan di PT Indomarco Prismatama di Kecamatan 10 Ulu Palembang. Audit internal PT Indomarco Prismatama di Kecamatan 10 Ulu Palembang sudah efektif Hal ini terlihat jelas dari tujuan audit internal, ruang lingkup pekerjaan, pelaksanaan, pelaporan, dan tindak lanjutnya, yang semuanya mendukung upaya perusahaan untuk mengoptimalkan cara menetapkan rencana penjualan dan memantau aktivitas yang berkaitan dengan pelaksanaan penjualan untuk menjamin kemajuannya. sejalan dengan rencana bisnis awal.
Kata kunci: Perencanaan, Pengendalian, Audit Internal.
References
Darwin, J. (2015). Analisa Perencanaan dan Pengendalian Penjualan Pada Toyota Auto 2000 . Palembang: Jurnal Media Wahana Ekonomika.
Murhaban, S. M. (2020). sistem pengendalian manajemen. Aceh Utara: PT. Bumi Aksara.
Kusumawati, N. A. (2016). Peran audit internal dalam mewujudkan good corporate. Malang.
Lumba'a, A. E. (2018). Peranan Internal Audit Dalam Perencanaan dan Pengendalian Penjualan Pada PT. Indomarco Adi Prima di Makassar. Makassar.
Mario Wowor, F. S. (2019). Pengelolaan badan usaha milik desa (BUMDes) dalam peningkatan pendapatan asli desa kamanga kecamatan tompaso. Manado: Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan.
Pratiwi, D. G. (2021). Pengaruh Independensi dan Profesionalisme Auditor Internal Terhadap Kualitas Audit Internal(Studi Kasus pada PT. Fronte Classic Indonesia). Malang.
Sugiyono, P. D. (2022). metode penelitian kuantitatif kualitatif. Bandung: ALFABETA.
Sumarlin, S. M. (2022). Kualitas Hasil Audit : Audit Internal. Makassar: Salemba Empat.
Sawyer (2016). metode riset kuantitatif: Teori dan aplikasi pada penelitian bidang manajemen dan ekonomi islam. Jakarta: Prenada Media Group.
Tuannakotta, T. M. (2019). Audit Internal Berbasis Risiko. Jakarta: Salemba Empat.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Media Akuntansi (Mediasi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the publisher of the journal licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License in line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material only for non-commercial purposes. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.