Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Pada Sistem Pengajuan dan Persetujuan Kredit Pada PT. Bank BRI (Persero) Cabang Muara Enim Unit Rambang Dangku

Authors

  • Pupel Olengga
  • Andri Eko Putra

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmediasi.v1i1.2367

Abstract

This study aims to determine the application of accounting information systems to the credit submission and approval system at PT BANK BRI (PERSERO) Branch Muara Enim Rambang Dangku Unit, where management needs to control and develop (SIA) that has been implemented using relevant theories and applied in the Accounting Information System (SIA) which also applies the 5C and 7P Principles to fit the current market and developmental needs of Science and technology. The data used is a flowchart of the credit submission and granting system in 2017. Analysis of data and discussion carried out using qualitative descriptive analysis method that is collecting data in accordance with the actual conditions of the credit submission and approval system implemented by PT BANK BRI (PERSERO) Muara Enim Branch, Dangku Rambang Unit. The results of the discussion can be seen that the lending system implemented by PT BANK BRI (PERSERO) Branch Muara Enim Rambang Dangku Unit has applied the characteristics and elements of the accounting information system (SIA) and applied the precautionary principle, 5C and 7P in granting credit .

Keywords: Accounting Information System.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sistem informasi akuntansi terhadap sistem pengajuan dan persetujuan kredit pada PT BANK BRI (PERSERO) Cabang Muara Enim Unit Rambang Dangku, dimana pihak manajemen perlu untuk mengontrol dan mengembangkan (SIA) yang telah dijalankan dengan menggunakan teori-teori yang relevan dan  diterapkan di dalam Sistem Informasi Akuntansi (SIA)  yang  juga menerapkan Prinsip  5C dan 7P agar sesuai dengan kebutuhan pasar dan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan teknologi yang berlaku saat ini. Data yang digunakan merupakan bagan alir (flowchart) sistem pengajuan dan pemberian kredit  pada tahun 2017. Analisis data dan pembahasan yang dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif  kualitatif yaitu mengumpulkan data sesuai dengan keadaan yang sebenarnya atas sistem pengajuan dan persetujuan kredit yang telah dilaksanakan  oleh PT BANK  BRI (PERSERO) Cabang Muara Enim Unit Rambang Dangku. Hasil pembahasan dapat diketahui bahwa sistem pemberian kredit   yang sudah dilaksanakan oleh  PT BANK  BRI (PERSERO) Cabang Muara Enim Unit Rambang Dangku sudah menerapkan   karakteristik dan unsur-unsur sistem informasi akuntansi (SIA) dan menerapkan prinsip kehati-hatian yaitu 5C dan 7P dalam pemberian kredit.

 

Kata Kunci : Sistem Informasi Akuntansi.

References

Diana, anastasia& setiawati, lilis. 2010. sistem informasi akuntansi. yogyakarta: penerbit CV ANDI OFFSET.

Febrianty. 2009. Evaluasi penerapan sistem informasi akuntansi terhadap sistem pengajuan dan persetujuan kredit pada PT BPR, jurnal akuntansi. Universitas Gunadarma.

Guraso, Avian. 2012. Analisis sistem informasi akuntansi dan pengendalian internal pada PT BTN MUR( Mitra Usaha Rakyat) TBK. Jurnal Akuntansi : Jakarta.

Hall, james A.2011. sistem informasi akuntansi edisi. Jakarta : Penerbit Salemba Empat

Jogiyanto.2009.sistem teknologiinformasi.yogyakarta:CV ANDI OFFSET.

Kasmir. 2014. Dasar-dasar perbankan edisi revisi 2014. Jakarta: penerbit PT Raja Grafindo Persada

Krismaji. 2010. Sistem Informasi Akuntansi Edisi Ketiga. Yogyakarta : penerbit UNIT PENERBIT DAN PERCETEKAN SEKOLAH TINGGI ILMU MANAJEMEN.

Mardi, 2011. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta : penerbit salemba empat

Pasolang, ronald. 2013. evaluasi sistem pemberian kredit (Studi Kasus Pada Bank BPR Hidup Arthagraha, Muntilan). skripsi akuntansi. UNIVERSITAS SANATA DHARMA YOGYAKARTA.

Pedoman Penulisan Skripsi Tahun Akademik 2017/2018. Fakultas Ekonomi

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Palembang.

Romney, M.B.& Steimbart, P.J. 2015. Sistem Informasi Akuntansi edisi 13. jakarta selatan : penerbit salemba empat.

Sadeli, Lili M. 2011. DASAR-DASAR AKUNTANSI. PT BUMI AKSARA.

Sasongko, Catur, dkk. 2016. AKUNTANSI SUATU PENGANTAR (BERBASIS PSAK). Jakarta Selatan: SALEMBA EMPAT

Sedarmayati & Hidayat, syarifudin. 2011. metodologi penelitian. Bandung : penerbit CV. Mandar Maju.

Sugiarto. 2013. Credit Management Handbook (Manajemen Perkreditan Cara Mudah Menganalisis Kredit). Jakarta: PT Raja Grafindo Parsada.

Sugiyono. 2017. metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA

Sujarweni, V.Wirana. 2015. Metodeologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Barupres

Susanto, A. (2008) , Sistem Informasi Akuntansi. Bandung : Penerbit Lingga Jaya

Downloads

Published

2019-01-10